Sejarah Hari Gerakan Satu Juta Pohon 10 Januari

Sejarah Hari Gerakan Satu Juta Pohon 10 Januari

Sejarah 10 Januari, Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Tahukah anda? Hari Gerakan Satu Juta Pohon diperingati setiap tanggal 10 Januari setiap tahunnya.

Walaupun banyak sekali kegiatan yang digelar untuk memperingatinya, namun tidak banyak yang tahu bagaimana sejarah penetapan hari tersebut.

Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana sejarahnya, simak berikut ini sejarah 10 Januari, Hari Gerakan Satu Juta Pohon yang sebaiknya diketahui!

Berikut Sejarah Hari Gerakan Satu Juta Pohon 10 Januari!

Seperti telah disebutkan diatas bahwa Hari Gerakan Satu Juta Pohon diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Peringatan tanggal tersebut menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan peran penting pohon untuk kehidupan makhluk hidup di dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini.

Dikutip dari laman Geographic, Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan mengenai kelestarian pohon melalui gerakan Satu Miliar Pohon.

Pada bulan November 2012, Menteri Kehutanan yang saat itu dijabat oleh Zulkifli Hasan menyebutkan bahwa penanaman pohon dari bulan Januari sampai Oktober 2021, telah mencapai 732 juta pohon.

Dengan kata lain sudah ada 70% dari target satu miliar pohon. Walaupun demikian tentu bukan hanya penanaman saja yang penting diperhatikan melainkan juga perawatannya.

Sebenarnya tidak ada informasi lengkap tentang sejarah Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini. Namun melihat kenyataan kini tentu kita tahu bahwa dari dulu sampai dengan sekarang penebangan pohon liar kerap dilakukan.

Hal ini membuat hutan-hutan di berbagai negara menjadi gundul. Nah dikarenakan hal tersebut maka akhirnya pemerintah-pemerintah negara sepakat untuk menetapkan tanggal 10 Januari sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon.

Peran Pohon Bagi Makhluk Hidup Di Dunia

Berbicara tentang sejarah 10 Januari, Hari Gerakan Satu Juta Pohon tentu tidak akan lepas dari peran pohon untuk semua mahluk hidup di dunia.

Seperti yang kita ketahui bahwa hutan hampir menutupi sepertiga dari seluruh daratan di muka bumi ini.

Hutan menyediakan infrastruktur organik yang sangat penting untuk beberapa koleksi kehidupan.

Selain itu, hutan yang ditumbuhi dengan pohon juga telah mendukung spesies yang tidak terhitung jumlahnya termasuk manusia.

Namun sayang, walaupun perannya sangatlah penting, beberapa oknum tidak bertanggungjawab menebang pohon dengan semena-mena setiap tahunnya terutama untuk daerah tropis.

Ketidakpedulian ini pada gilirannya seringkali bergantung pada ketidaktahuan. Karena hal tersebut akhirnya pemerintah di berbagai negara sepakat untuk menetapkan Hari Gerakan Satu Juta Pohon pada tanggal 10 Januari.


Penetapan hari penting ini tentu sebagai upaya untuk mengkampanyekan betapa pentingnya peran hutan dan pohon untuk kehidupan.

Hutan berperan tak hanya sebagai sumber kehidupan tanaman dan satwa saja, lebih jauh dari hal tersebut hutan juga berperan sebagai sumber makanan, bahan bakar hingga obat-obatan.

Untuk lebih jelasnya simak berikut peran hutan dan pohon bagi makhluk hidup di dunia:

1. Membantu Memelihara Tanah Serta Menjaga Bumi Agar Tetap Dingin

Pohon memiliki cara lain untuk mengalahkan panas yaitu dengan menyerap CO2 yang bisa menjadi pemicu pemanasan global.

Tumbuhan membutuhkan CO2 untuk fotosintesis namun udara kini begitu pekat dengan emisi ekstra sehingga hutan hanya melawan pemanasan global dengan bernapas.

CO2 dapat disimpan dalam kayu, daun serta tanah selama berabad-abad. Selain bisa menahan tanah pada tempatnya, pohon juga bisa membuat udara menjadi lebih sejuk.

2. Menyediakan Makanan Sehat Untuk Ratusan Juta Manusia Dan Spesies Lainnya

Pohon juga tidak hanya bisa menghasilkan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian saja, melainkan bisa memungkinkan terjadinya tumpah ruah berbagai makanan di lantai hutan.

Misalnya seperti jamur yang bisa dimakan dan lainnya.

3. Saluran Air Alami

Hutan diibaratkan seperti spons raksasa yang bisa menyerap limpahan air dibandingkan dengan membiarkannya jatuh ke permukaan.

Air yang melewati akar akan menetes ke akuifer lalu mengisi kembali persediaan air tanah yang sangat penting untuk minum, sanitasi hingga irigasi di seluruh dunia.

4. Menampung Sekitar 80% Keanekaragaman Hayati Di Bumi

Hampir setengah dari spesies di muka bumi ini hidup di hutan termasuk sekitar 80% keanekaragam hayati di darat.

Itulah peran penting hutan dan pohon untuk makhluk hidup di seluruh dunia. Keanekaragaman hayati merupakan masalah besar baik itu untuk ekosistem maupun ekonomi manusia.

Namun sayang, hal ini semakin terancam oleh deforestasi. Melalui Gerakan Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat menjadi solusi tentang permasalahan yang dihadapi seluruh negara di dunia ini.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Gerakan Satu Juta Pohon 10 Januari diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari gerakan satu juta pohon 2022
  • pidato hari gerakan satu juta pohon terbaru
  • selamat hari gerakan satu juta pohon
  • quotes ucapan caption hari 1 juta pohon
  • sejarah hari satu juta pohon
  • tema gerakan hari satu juta pohon 2022
  • logo hari satu juta pohon 2022
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting