Sejarah Hari Suez 17 November Yang Sebaiknya Diketahui!

Sejarah Hari Suez 17 November Yang Sebaiknya Diketahui!

Fakta Menarik Dan Sejarah 17 November, Hari Suez Yang Sebaiknya Diketahui!

Beberapa waktu belakangan ini, jagat media sosial tengah dihebohkan dengan adanya penemuan sebuah kapal raksasa memuat kontainer yang terjebak di Terusan Suez.

Lalu, apa sebenarnya Terusan Suez itu?  Penasaran bagaimana? Berikut fakta menarik dan sejarah 17 November, Hari Suez yang sebaiknya anda ketahui!

Berikut Fakta Menarik Dan Sejarah Terusan Suez 17 November

Terusan Suez merupakan sebuah jalur yang menghubungkan antara Laut Merah dan Laut Tengah. Jalur ini menjadi salah satu jalan alternatif dari Eropa ke Asia ataupun sebaliknya sehingga jika anda ingin ke sisi selatan Afrika, anda tidak perlu memutar.

Sebagai salah satu jalur laut tersibuk di dunia, Terusan Suez memiliki sejarah dan fakta menariknya. Nah, sejarah inilah yang menjadi salah satu hal yang membuat Terusan Suez memiliki peringatan penting yaitu pada tanggal 17 November.

Sejarah Terusan Suez

Terusan Suez terletak di Mesir. Pembangunan dari terusan ini di gagas oleh Linant de Bellefonds sekitar tahun 1830.

Linant de Bellefonds merupakan seorang penjelajah sekaligus merupakan seorang insinyur dari negara Perancis.

Linant de Bellefonds menemukan bahwa Laut Merah dan Laut Tengah memiliki ketinggian sama setelah melakukan survei di Isthmus of Suez.


Nah, Isthmus of Suez sendiri merupakan sebidang tanah yang berada di antara Laut Merah dan Laut Mediterania yang menjadi batas Benua Asia dan Benua Afrika.

Di akhir abad ke 18 Masehi, Napoleon Bonaparte telah mencoba untuk mengkaji sisa-sisa kanal dari peradaban kuno.

Lalu pada tahun 1854, proses pembangunan terusan antara Laut Merah dan Laut Tengah dilakukan oleh Ferdinand de Lesseps.

Ferdinand de Lesseps mengumpulkan para insinyur dari berbagai negara untuk proses pembangunan terusan ini dimana proyeknya dimulai pada tahun 1859.

Setelah memakan waktu yang sangat panjang untuk membangun terusan Suez, akhirnya pada tanggal 17 November 1869 Terusan Suez resmi dibuka.

Untuk mengenang proses panjang pembuatan Terusan Suez, maka setiap tanggal 17 November diperingati sebagai Hari Suez.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Terusan Suez

Setelah anda mengetahui bagaimana sejarah dari pembangunan Terusan Suez, tentu saja terdapat fakta menarik tentang terusan yang satu ini. Berikut ini beberapa fakta menariknya:

1. Terusan Suez Dapat Memangkas Jarak Eropa dan Asia

Terusan Suez memiliki panjang sekitar 193 Km yang merupakan jalur tercepat untuk menghubungkan antara Asia dan Eropa.

Terusan ini menjadi penghubung antara Benua Asia dengan Benua Afrika. Terusan Suez menjadi jalur terpendek antara Eropa dengan daratan sekitar Samudera Hindia dan Pasifik Barat.

Karena hal tersebut tidak heran jika Terusan Suez menjadi salah satu jalur pelayaran yang sibuk dan terpadat di dunia.

2. Dibangun Dengan Sistem Kerja Paksa dan Mesin

Beberapa sumber mengatakan bahwa Terusan Suez dibangun dengan menggunakan sistem kerja paksa para masyarakat miskin dengan gaji yang sangat kecil dengan ancaman kekerasan.

Proses pengerjaannya juga menggunakan alat seadanya dan puluhan ribu petani meninggal karenanya.

Tidak bisa dipungkiri jika pembangunan terusan tersebut mengorbankan banyak sekali korban jiwa.

Melihat kondisi tersebut akhirnya Ferdinand de Lesseps dan perusahaanya memutar otak. Sampai pada akhirnya mereka memutuskan untuk memanfaatkan sejumlah kapal keruk bertenaga batubara serta bertenaga uap untuk proses pembangunan.

3. Terjadinya Perang di Terusan Suez

Di tahun 1967, Mesir dan Arab bersatu untuk berperang melawan Israel. Perang tersebut dikenal dengan sebutan Perang Enam Hari.

Sebelum gencatan senjata disepakati, tentara Israel sempat maju dan hampir mencapai tepi timur Terusan Suez.

Akibat dari perang tersebut, Terusan Suez rusak parah dimana dalam perbaikannya terusan tersebut ditutup dari tahun 1973 sampai 1975.

4. Terusan Suez Macet

Pada bulan Maret kemarin, jagat media sosial dihebohkan dengan adanya sebuah kapal raksasa yang terjebak di Terusan Suez sehingga membuat jalan menjadi macet.

Kapal raksasa Evergreen tersebut keluar jalur dari lintasannya karena terdampak dari badai pasir dahsyat yang melanda Gurun.

Nah itulah sejarah 17 November, Hari Suez dan fakta-fakta menariknya. Dari ulasan diatas sedikit banyaknya tentu anda sudah tahu apa itu Terusan Suez dan mengapa terdapat hari peringatannya.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Suez di atas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah terusan suez
  • sejarah singkat terusan suez
  • biaya pembangunan terusan suez
  • panjang terusan suez
  • terusan suez berada di negara mesir
  • keuntungan terusan suez bagi negara mesir
  • mengenang korban pembangunan kanal suez

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional