Sejarah Hari Pohon Sedunia 21 November

Sejarah 21 November, Hari Pohon Sedunia Dan Peran Pentingnya Dalam Kehidupan! 

Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day jatuh pada tanggal 21 November setiap tahunnya. 
Salah satu tujuan diperingatinya Hari Pohon Sedunia ini yaitu untuk mengingatkan masyarakat dunia akan pentingnya pohon.
Selain itu demi menghormati jasa dari J Sterling Morton yang merupakan seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika Serikat. 
J Sterling Morton sangat gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Sikapnya ini tentu saja memiliki alasan karena semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini membutuhkan kontribusi pohon untuk bisa hidup. 

Sejarah Hari Pohon Sedunia “World Tree Day” 21 November

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas jika Hari Pohon Sedunia diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya. 
Selain diperingati untuk memberitahukan kepada masyarakat akan pentingnya pohon, peringatan ini juga diperingati untuk menghormati jasa J Sterling Morton yang merupakan seorang aktivis lingkungan. 
Julius Sterling Morton lahir pada tahun 1832 tepatnya pada tanggal 22 April 1832. Pada awal karirnya, J Sterling Morton merupakan seorang editor koran. 
Lalu pada masa jabatan presiden Grover Cleveland, Sterling menjadi sekretaris agrikultur dan sempat juga menjabat menjadi seorang Gubernur Nebraska. 
J Sterling Morton sangat mendukung gerakan reservasi hutan serta berjasa dalam memberikan pelayanan yang terkoordinasi untuk para petani. J Sterling Morton juga dikenal sangat suka menanam berbagai jenis pohon apel yang langka. 
Cikal bakal lahirnya Hari Pohon Sedunia atau “Arbor Day” bermula ketika J Sterling Morton di Nebraska pada tanggal 10 April tahun 1872. 
Di hari tersebut, sekitar satu juta pohon berhasil ditanam di wilayah tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mengukuhkan semboyan di kota tersebut yaitu “Great American Dessert”
Karena hal tersebut juga, J Sterling Morton rela turun dari jabatan politiknya. 
Walaupun pencetus Hari Pohon Sedunia adalah J Sterling Morton, namun konsep yang mirip dengan Hari Pohon sebenarnya sudah ada jauh sebelumnya. 
Lebih tepatnya di sebuah desa bernama Mondonedo yang sekarang bernama Alameda de Los Remedios di Spanyol yang tercatat memiliki perayaan Hari Pohon pertama. 
Masih di negara Spanyol tepatnya di desa Villanueva de la Sierra dimana para pendeta di desa tersebut mengadakan Hari Pohon pertama pada tahun 1805. 
Seiring dengan peringatan Hari Pohon Sedunia, maka dibentuklah sebuah Yayasan Hari Pohon yang bergerak di bidang edukasi serta konservasi lingkungan. 
Organisasi non profit ini dirikan oleh John Rosenow di Nebraska, Amerika Serikat. 
Yayasan ini tercatat merupakan organisasi terbesar dengan misinya yaitu menginspirasi masyarakat untuk menanam pohon, peduli dan merayakan hari pohon. 
Program tersebut didukung oleh para anggotanya, pendonor hingga sponsor yang memiliki visi yaitu “Agar Dunia Lebih Bersih Dan Lebih Hijau”. 

Pentingnya Pohon Untuk Kehidupan 

Gerakan menanam pohon tentu saja memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan. 
Fungsi pohon memang sangat vital bagi seluruh makhluk hidup dan lingkungan. Hutan yang lebat dengan pohon dikategorikan sebagai hutan yang sehat. 
Pohon sehat memiliki banyak fungsi yaitu meningkatkan kualitas udara serta air, menstabilkan tanah, menyediakan habitat untuk satwa, merangsang ekonomi lokal dan masih banyak lagi. 
Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah menerapkan program gerakan menanam pohon agar hutan-hutan di Indonesia tetap hijau.
Dikarenakan hutan merupakan paru-paru dunia yang harus tetap kita jaga. 
Nah itulah sekilas tentang sejarah 21 November, Hari Pohon Sedunia dan pentingnya pohon untuk kehidupan. 
Mudah-mudahan dengan informasi Sejarah Hari Pohon Sedunia 21 November diatas dapat menginspirasi kita untuk mencintai alam.
Salah satu caranya adalah menjaga pohon-pohon agar tetap tumbuh di tempatnya dan menjadi pelopor gerakan menanam pohon.
Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Pohon Sedunia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari pohon sedunia 2021
  • ucapan hari pohon sedunia
  • sejarah hari pohon sedunia
  • tema peringatan hari pohon sedunia 2021
  • logo hari pohon internasional 2021
  • hari menanam pohon sedunia 2021
  • caption hari pohon sedunia 2021
Bagikan:

Tinggalkan komentar