4 Fakta Menarik Dari Tradisi Festival Bandengan


4 Fakta Menarik Dari Tradisi Festival Bandengan

Sisi Menarik Dari Tradisi Jawa Timur Festival Bandengan

Jawa Timur menjadi salah satu wilayah yang memiliki beberapa ciri khas. Selain dikenal memiliki banyak makanan tradisional yang enak dan pemudanya yang pemberani, ada juga beberapa kebudayaan yang menjadi identitas pembeda dari wilayah lain. Salah satunya adalah Festival Bandengan.

Berikut ini adalah ulasan seru mengenai tradisi Festival Bandengan!

Mengenal Festival Bandengan Khas Jawa Timur

Festival tak hanya terjadi di luar negeri saja, ada satu festival unik dan menarik yang sering diselenggarakan oleh warga Jawa Timur yakni Festival Bandengan.

Festival Bandengan adalah salah satu acara budaya yang sering dilakukan masyarakat Kabupaten Gresik, Sidoarjo dan sekitarnya. Dalam festival ini biasanya masyarakat Gresik akan memamerkan beragam jenis dari ukuran ikan Bandeng, yang juga dilengkapi dengan berbagai lomba seru untuk memeriahkannya.

Acara yang paling menarik perhatian warga adalah adanya sesi pelelangan ikan Bandeng. Sehingga warga bisa membeli ikan dengan ukuran besar dan dengan harga yang terjangkau.

Lihat juga: Tradisi Pingitan Jawa Timur

Festival ini biasanya dilaksanakan selama tiga hari pada akhir bulan Ramadhan, menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuan adanya tradisi ini adalah untuk melestarikan dan membudidayakan jenis ikan Bandeng yang menjadi salah satu ciri khas kota Gresik dan Sidoarjo.

4 Fakta Menarik Dari Tradisi Festival Bandengan

Sisi Menarik Tradisi Festival Bandengan

Setiap tradisi pasti menyimpan beberapa fakta unik dan menarik yang perlu untuk dibahas. Salah satunya adalah tradisi Jawa Timuran Festival Bandengan.

Berikut ini adalah beberapa hal menarik dari acara Bandenganan warga Gresik dan sekitarnya.

1. Sebagai Bentuk Untuk Melestarikan Ikan Bandeng

4 Fakta Menarik Dari Tradisi Festival Bandengan

Kebudayaan Jawa Timur dalam acara Bandengan ini, diklaim sebagai salah satu perwujudan pemerintahan kota Sidoarjo dan Gresik. Sebagai salah satu bentuk melestarikan ikan Bandeng. Sehingga acara ini rutin dilakukan setiap tahun saat menjelang Idul Fitri.

2. Festival Bandengan Dilakukan Ketika Menyambut Hari Besar

Bukan hanya dilakukan ketika menyambut Lebaran saja. Festival Bandengan ini juga kerap digelar untuk menyambut atau memperingati hari-hari besar Islam lainnya.

3. Menjadi Tempat Pelelangan Ikan Bandengan Kawak

Tradisi Jawa Timur festival Bandengan, merupakan salah satu rangkaian acara seru yang memaparkan, menyediakan beragam jenis, dan ukuran ikan Bandeng.

Mulai dari ukuran kecil hingga yang super besar semua tersedia dalam festival ini. Tujuan diadakan pelelangan ikan Bandengan adalah supaya para pembeli bisa membeli dengan harga yang terjangkau dengan ukuran yang diinginkan.

4. Lomba Mengukur Berat Ikan Bandeng 

4 Fakta Menarik Dari Tradisi Festival Bandengan

Selain ada pelelangan ikan, dalam tradisi Jawa Timuran ini juga menampilkan beberapa lomba untuk jenis ikan Bandeng salah satunya adalah lomba berat ikan.

Jadi, di dalam acara ini para pembudidaya ikan wajib menunjukan satu jenis ikan yang dianggap memiliki ukuran yang jumbo. Jika sudah, maka para juri akan memeriksa dan memutuskan siapa pembudidaya yang memiliki ikan Bandeng paling jumbo, nantinya akan diberikan penghargaan khusus dari pemerintah.

Selain itu, para pengunjung juga dibebaskan untuk memilah dan membeli Bandeng sesuka hati. Semua jenis dan ukuran juga telah tersedia dalam festival ini, bahkan jika Anda hendak membeli ikan ketika waktu pelelangan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Itulah beberapa ulasan unik mengenai sisi menarik dan Tradisi Jawa Timur Festival Bandengan yang diselenggarakan khusus di wilayah Gresik, Sidoarjo dan sekitarnya.

Mudah-mudahan informasi di atas dapat menambah wawasan sekaligus menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • festival bandeng gresik
  • festival bandeng sidoarjo
  • cara ikut festival bandengan
  • festival pasar bandeng
  • tradisi jawa timur peristiwa dan maknanya
  • tradisi khas jawa timur

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar