Sejarah Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli

Sejarah Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli

Inilah Sejarah 30 Juli Hari Ikrar Gerakan Pramuka Yang Sebaiknya Diketahui!

Seperti yang kita ketahui bahwa Hari Gerakan Pramuka selalu diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Bulan Agustus memang merupakan bulan bersejarah bagi Negara Indonesia sehingga biasanya terdapat banyak sekali perayaan untuk memperingati hari pada bulan tersebut. 

Namun, sebelum Gerakan Pramuka dibentuk, tentu ada yang namanya Ikrar Gerakan Pramuka. Ikrar Gerakan Pramuka ini tentu sama pentingnya, dimana Hari Ikrar Gerakan Pramuka tersebut selalu diperingati setiap tanggal 30 Juli atau sekitar 2 minggu sebelum Hari Gerakan Pramuka. 

Sejarah 30 Juli Hari Ikrar Gerakan Pramuka 

Gerakan Pramuka atau Kepanduan Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya Belanda Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung, dan Belanda Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Jakarta. Kedua organisasi tersebut merupakan cikal bakal kepanduan di Indonesia yang kemudian meleburkan diri menjadi satu pada tahun 1926 menjadi Indosische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung. 

Sejarah Gerakan Pramuka Pada Masa Republik Indonesia 

Setelah melewati masa Hindia-Belanda serta Perang Dunia II, Indonesia sampai pada masa Kemerdekaan-nya. Sebulan setelah proklamasi Kemerdekaan RI beberapa tokoh kepanduan berkumpul di Yogyakarta dan sepakat untuk membentuk sebuah Panitia Kesatuan Indonesia. Panitia tersebut bertugas sebagai suatu panitia kerja, menunjukkan pembentukan satu wadah organisasi kepanduan untuk seluruh Bangsa Indonesia serta segera mengadakan Kongres Kesatuan Kepanduan Indonesia. 

Kongres tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 29 Desember 1945 di Surakarta. Hasil dari Kongres tersebut yaitu terbentuknya Pandu Rakyat Indonesia. Perkumpulan tersebut didukung oleh semua pimpinan serta tokoh-tokoh masyarakat yang dikuatkan dengan sebuah janji yaitu “Janji Ikatan Sakti”. Setelah itu Pemerintah RI mengakui Pandu Rakyat Indonesia ini sebagai satu-satunya organisasi Kepanduan yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Nomor 93 Bagian A tertanggal 1 Februari 1947. 


Tahun-tahun sulit kembali dihadapi oleh Pandu Rakyat Indonesia karena adanya serbuan dari Belanda. Bahkan, pada saat memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1948 ketika diadakan api unggun di halaman gedung Pengangsaan Timur 56, Jakarta, senjata Belanda kembali mengancam dan memaksa Soeprapto menghadap Tuhan, beliau gugur sebagai martir gerakan Kepanduan di Indonesia. 

Selain itu, di daerah-daerah kekuasaan Belanda lainnya, organisasi Pandu Rakyat Indonesia juga dilarang berdiri. Dari keadaan tersebut mendorong berdirinya perkumpulan lain seperti Kepanduan Putera Indonesia (KPI), Kepanduan Indonesia Muda (KIM) dan Pandu Puteri Indonesia (PPI). 

Masa perjuangan bersenjata untuk mempertahankan kemerderkaan merupakan salah satu bentuk pengabdian bagi para anggota penggerak kepanduan di Indonesia. Ketika telah berakhir masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan, Pandu Rakyat Indonesia mengadakan Kongres II di Yogyakarta pada tanggal 20 sampai 22 Januari 1950. 

Kongres ke-2 tersebut memutuskan untuk menerima konsep baru yaitu memberikan kesempatan kepada para golongan khusus untuk menghidupkan kembali bekas organisasinya masing-masing. Dari keputusan tersebut terbukalah suatu kesempatan bahwa Pandu Rakyat Indonesia bukan satu-satunya organisasi Kepanduan di Indonesia. 

Pada tanggal 6 September 1951, dicabutlah pengakuan Pemerintah bahwa Pandu Rakyat Indonesia merupakan satu-satunya wadah Kepanduan Indonesia. Setelah masa-masa tersebut barulah kemudian ada terjadi masa lahirnya Gerakan Pramuka. 

Lahirnya Gerakan Pramuka Melalui Pernyataan Para Wakil Organisasi Kepanduan 

Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961. Jadi, peristiwa-peristiwa diatas merupakan cikal bakalnya Gerakan Pramuka lahir. Dari ulasan diatas telah dijelaskan bahwa pada tahun 1960-an di Indonesia sudah memiliki  banyak sekali perkumpulan kepanduan yang mana jumlahnya tidak sepadan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan tersebut.

Hingga pada akhirnya peraturan mulai muncul pada masa perintisan, yaitu Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960. Dalam ketetapan tersebut bisa ditemukan pasal 330 C yang menyarankan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila.

Setelah melewati proses panjang akhirnya pada tanggal 9 Maret 1961, Presiden mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepanduan Indonesia. Pertemuan tersebut bertempat di Istana Negara dimana pada malam itu Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus dipebaharui. Metode serta aktivitas pendiidikan harus diganti, dan seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut dengan Pramuka.

Presiden juga menunjuk panitia yang terdiri dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Menteri P dan K Prof. Prijono, Menteri Pertanian Dr. A Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi Koperasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa, Achmadi. Panitia tersebut kemudian diresmikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 112 Tahun 1961 pada 5 April 1961 tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang telah disebutkan Presiden pada perkumpulan tersebut.

Dari Keputusan mengenai adanya peleburan organsasi Kepanduan inilah awal mula lahirnya Gerakan Pramuka. Kemudian pada tanggal 30 Juli 1961, para wakil organisasi kepanduan di Indonesia dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka. Peryataan tersebut berlangsung di Gedung Istana Olahraga Senayan dimana peristiwa ini dinamakan sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka.

Nah itulah sekilas tentang 30 Juli Hari Ikrar Gerakan Pramuka yang menjadi cikal bakal lahirnya Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus. Jadi, sebelum Anda merayakan Hari Pramuka, sudah pasti Anda juga harus tahu terlebih dahulu peristiwa yang terjadi sebelum Hari Pramuka tersebut ada. Selamat Hari Ikrar Gerakan Pramuka!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • kapan diperingati hari ikrar gerakan pramuka
  • sejarah hari ikrar pramuka
  • pramuka singkatan dari
  • sejarah pramuka dunia
  • selamat hari pramuka
  • sejarah singkat pramuka di indonesia
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com