4 Daftar Hari Yang Dikeramatkan Orang Jawa

4 Daftar Hari Yang Dikeramatkan Orang Jawa

4 Daftar Hari Keramat di Indonesia Beserta Alasannya

Daftar hari keramat di Indonesia dan alasannya – Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, serta menganut kepercayaan yang beragam, dan sangat lekat hubungannya dengan hal yang berkaitan dengan kebatinan.

Lihat Juga: Cara Menghitung Kalender Jawa Untuk Pernikahan

Selain itu juga terdapat kepercayaan yang turun temurun mengenai beberapa  ahl seperti waktu atau hari yang dianggap sakral khususnya bagi orang jawa.

Sebagian orang menganggap itu hanyalah mitos namun ada juga yang mempercayai hal tersebut sehingga dianggap sebagai hari keramat yang lekat hubungannya dengan mistis.

Untuk itu kamu sebagai penerus generasi harus mengetahui apa saja sih hari yang dianggap keramat tersebut. Yuk langsung saja kita bahas.

Daftar Hari Keramat di Indonesia Beserta Alasannya

Di bawah ini adalah istilah dari nama hari atau waktu yang dianggap sakral atau angker bagi kebanyakan masyarakat jawa, di antaranya adalah sebagai berikut:

Lihat juga: 5 Mitos di Indonesia Yang Paling Aneh

1. Hari Keramat Malam 1 suro

Malam 1 suro

Malam suro sangat lekat hubungannya dengan hal mistis, bahkan sebagian orang jawa mempercayai dimalam tersebut tidak boleh melaksanakan kegiatan yang dianggap penting.

Kegiatan penting yang dalam konteks ini adalah kegiatan sakral seperti melangsungkan pernikahan, khitanan atau syukuran.

Lihat Juga: Sejarah Alas Purwo Banyuwangi: Penuh Misteri!

Alasannya karena jika melaksanakan kegiatan pernikahan dimalam tersebut dipercaya suami istri akan mengalami nasib buruk dalam rumah tangganya.

Mitos lain sebagian orang mempercayai bahwa di malam itu orang jawa beranggapan di malam 1 suro banyak jin serta mahluk halus sejenisnya berkumpul disuatu tempat sehingga dianjurkan untuk berdiam diri di rumah dengan melakukan sholat malam.

Sebenarnya dalam islam tidak ada kepercayaan mengenai angkernya malam tersebut. 1 suro jika di kalender jawa ialah tanggal 1 di bulan sura yang mana bertepatan dengan 1 muharram dalam kalender hijriah.

2. Hari Keramat Malam Jum’at Kliwon

Malam Jum’at Kliwon

Lihat juga: Daftar Upacara Keagamaan di Bali

Mendengar nama malam jum’at kliwon apa yang ada di pikiranmu? Mistis! Siapa yang tidak familiar dengan malam tersebut yang hingga saat ini sangat lekat hubungannya dengan sesuatu yang berbau mistis.

Mungkin bagi kamu yang baru lahir di zaman milenial seperti saat ini, malam jum’at kliwon dianggap sebagai waktu yang paling horror karena namanya kerap dijadikan sebagai judul di beberapa film horror seperti Malam Jum’at Kliwon 1986 yang diperankan oleh Suzana.

Terlepas dari itu semua, alasan lainnya dipercaya di malam jum’at kliwon dedemit atau hantu sedang berkeliaran.

Tak jarang orang tua zaman dulu melarang anaknya untuk keluar rumah karena takut diganggu oleh mahluk tak kasat mata.

Lihat juga: Daftar Hari Penting

3. Hari Keramat Jumat Wage

malam jumat wage

Selain itu malam jum’at kliwon, malam jum’at wage juga dianggap keramat khususnya bagi warga yang berada di daerah jawa tengah. Pada malam tersebut ada beberapa ritual berbau mistis yang dilaksanakan oleh orang – orang  di daerah ini.

Kepercayaan itu juga melekat pada warga di daerah gunung kelud jawa timur, yang mempercayai malam jum’at wage sebagai hari keramat dengan alasan meletusnya gunung kelud selalu tepat pada neptu wage.

Neptu sendiri dalam istilah jawa adalah hitungan hari hari pasaran, bulan dan tahun di kalender jawa.

Baca Juga: Kalender Jawa Oktober 2023 Lengkap Hari Baik

4. Hari Keramat Selasa Kliwon

Malam keramat Selasa Kliwon

Hari angkara kasih adalah sebutan untuk malam tersebut, sering dianggap sebagai hari keramat karena dalam kepercayaan agama hindu di waktu tersebut disebut sebagai hari suci, yang mana biasanya di hari itu penganut agama hindu melakukan pembersihan diri dari dosa terutama dosa besar.

Lihat Juga: Mengenal Pawukon Dalam Mencari Hari Baik dan Nasib Sial

Diatas adalah sebagian dari daftar hari keramat di Indonesia dan alasannya.

Disamping itu masih banyak beberapa waktu lainnya yang dianggap sakral.

Untuk itu kamu sebagai generasi penerus bangsa penting untuk mempelajari hal tersebut guna mempertahankan kebudayaan yang telah di bawa oleh para leluhur.

Mudah-mudahan dengan mengetahui hari-hari yang dianggap keramat di atas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua.

Lihat juga: Istilah Dalam Kalender Jawa

Kamu bisa percaya atau tidak, yang terpenting selalu hormati budaya nenek moyang kita. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari keramat adalah
  • hari keramat orang jawa
  • hari keramat di bali
  • bahasan inggris hari keramat
  • hari keramat paling seram

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Enkosa Blog Kalender

Akurat & terpercaya. Suka menulis informasi Kalender, Sejarah dan hal-hal menarik. Informasi lebih lengkap tentang saya bisa cek disini

   
   
Hari Dongeng Sedunia Hari Arsitektur Indonesia Hari Perawat Nasional Hari Hak Konsumen Sedunia Hari Surat Perintah 11 Maret Hari Persatuan Artis Film Indonesia Hari Musik Nasional Hari Perempuan Internasional Hari KOSTRAD Hari Konvensi CITES Dunia