Cara Menghitung Kalender Saka Bali

Cara Menghitung Kalender Saka Bali

Cara Menghitung Kalender Saka sekaligus Pengetahuan tentang Waktu Surya

Penanggalan Saka disebut juga sebagai penanggalan Saliwahana, dimana penanggalan ini cara menghitungnya berdasarkan revolusi Bumi kepada matahari dan bulan kepada bumi. Penanggalan ini ada sejak jaman Saka, yang mana merupakan penanggalan digunakan oleh Sebagian besar penduduk Bali hingga sampai saat ini.

Seiring berjalannya waktu, cara menghitung penanggalan saka ini mengalami perubahan sedikit demi sedikit mengikuti budaya dan adat penduduk lokal di Bali. Ada beberapa ritual yang dilakukan oleh penduduk lokal Bali menggunakan penanggalan saka, dimana ritual-ritual itu diantaranya seperti keagamaan, pekerjaan, membangun Gedung atau rumah, merapal karakter seseorang, prediksi ekonomi, hingga hampir setiap kegiatan sehari-hari penduduk lokal.

Sistem penanggalan saka akhirnya berjalan lancar mengikuti pedoman lontar Wariga

Ketika kita ingin mengetahui cara menghitung penanggalan Saka, maka kita perlu mengetahui sistemnya, dimana sistem penghitungannya menggunakan sistem Lunisolar yang mana bulan sebagai acuannya. Dengan begitu, pergantian musim pun juga berdampak pada penghitungan penanggalan Saka. Sederhananya, kalender Saka beracu pada bulan kabisat di kalender masehi.

Cara Perhitungan Kalender Saka pada Masehi

Pasalnya, perhitungan kalender Saka beracu pada perputaran bulan. Adanya konjungsi antara Bulan dengan Bumi adalah tanda adanya pergantian bulan. Sehingga bisa dikatakan peredaran bulan sama sekali tidak mempengaruhi kedudukan kalender Saka. Dimana cara perhitungannya berdasarkan suklus sinodik bulan yang merupakan fase bulan secara berurutan. Jika diambil rata, siklus sinodik terdapat 29,5 hari tiap bulannya. Jika ditahunkan, maka 29,5 dikali 12 bulan ketemu 354 hari hari. 

Bisa dikatakan cara perhitungan kalender Saka berpengaruh pada siklus fase bulan. Yang mana perhitungan tersebut masih berhubungan erat dengan pasang surutnya air laut. Perlu diketahui bahwa bulan adalah benda angkasa yang sifatnya relative peredarannya. Sehingga peredaran bulan ada yang pasti, ada juga yang semu.

Meskipun pada dasarnya bulan bergerak dengan pergerakan tiga macam yaitu rotasi, revolusi kepada bumi, dan revolusi kepada matahari. Jika mengikuti peredaran rotasi bulan, maka akan ketemu 27 hari per bulannya, jika mengikuti peredaran revolusi kepada bumi akan ketemu 29 hari per bulannya, namun hal tersebut bisa saja terjadi 27 hari per bulan Ketika terjadinya konjungsi. Sedangkan untuk peredaran terhadap matahari maka akan ketemu 29,5 hari. Yang terakhir ini yang dijadikan acuan kalender Saka.

Fase Bulan pada Kalender Saka

Perlu diketahui bahwa kalender Saka merupakan gabungan perhitungan antara sonar dan lunar. Di mana pergantian bulan mengikuti siklus sinodis bulan. Biasanya di setiap tahun akan dimasukkan satu bulan agar kalender Saka dapat mengikuti siklus iklim yang dipengaruhi oleh matahari. Hal ini biasanya digunakan acuan pada kalender Cina dan Budha.


Berbeda halnya dengan kalender Saka yang disebut sebagai kalender lunisolar, di mana kalender ini bertumpu pada fase bulan yang mana pergantian musim juga mempengaruhi setiap tahunnya. Dengan begitu, kalender Saka bisa mencapai 12 atau 13 bulan tiap tahunnya. Dimana kalender Saka disesuaikan oleh matahari, sehingga Ketika matahari terbenam di awal bulan menjadi acuan atau Ketika konjungsi.

Kesimpulannya, cara perhitungan Kalender Saka berdasarkan penanggalan siklus sinodik bulan. Dimana menyesuaikan musim dan menyelipkan satu hari setiap bulan Ketika terjadinya pancaroba. Padahal, awalnya kalender sonar dan lunar masih dalam satu perhitungan. Namun seiring perubahan perputaran, maka kedua jenis kalender tersebut berdiri sendiri-sendiri menurut perputarannya masing-masing.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai cara menghitung kalender Saka. Mudah-mudahan dengan informasi kalender di atas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • kalender saka adalah
  • kalender saka diciptakan oleh
  • kalender saka bali 2021
  • kalender saka dihasilkan oleh dinasti
  • kalender bali jodoh
  • kalender bali 2022
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com