Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni

Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni

Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni “Srikandi Pejuang Keselamatan Ibu Dan Bayi”

Tahukah Anda? Setiap tanggal 24 Juni setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Bidan Nasional.

Walaupun memang banyak sekali yang belum mengetahuinya, tentu sebagian dari Anda pernah melihat seseorang atau kelompok orang memberikan ucapan “Selamat Hari Bidan untuk seluruh Srikandi Pejuang Keselamatan Ibu dan Bayi”.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Bidan Nasional 24 Juni

Nah, sebagai perempuan Anda juga tentu patut memberikan penghargaan kepada para bidan di Indonesia atas jasa-jasanya.

Lalu, apa sebenarnya sejarah dibalik penetapan 24 Juni sebagai Hari Bidan Nasional? Berikut Penjelasannya!

Hari Bidan Nasional
Hari Bidan Nasional
Hari Bidan Nasional adalah hari peringatan yang diperingati setiap tanggal 2 November sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas jasa dan peran penting bidan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehata
Oleh enkosa

Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni Yang Perlu Anda Tahu!

Hari Bidan Nasional sebenarnya diperingati bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Terbentuknya Hari Bidan Nasional ini berawal dari Konferensi Bidan Pertama yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951 yang diprakarsai oleh para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Bidan 24 Nasional 24 Juni

Dalam konferensi tersebut telah dirumuskan bahwa tujuan dari IBI yaitu menggalang persatuan serta persaudaraan antar sesama bidan.

Membina pengetahuan dan keterampilan antar profesi kebidanan, membantu pemerintah dalam pembangunan nasional dan meningkatkan martabat serta kedudukan bidan dalam masyarakat.

Selain itu, berdirinya organisasi ini juga langsung dalam naungan KOWANI atau organisasi wanita.

Lima tahun berikutnya yaitu pada tahun 1956, Ikatan Bidan Indonesia resmi menjadi Anggota ICM atau International Of Midwives.

Di ranah internasional, IBI juga selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan terutama Kongres ICM ataupun Kongres ICM Regional Asia Pacific (Aspac).

Tak hanya berperan sebagai organisasi profesi saja, pada kenyataannya INI juga telah terdaftar sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari dulu hingga saat ini.

Sampai sekarang ini Ikatan Bidan Indonesia memiliki setidaknya 338.864 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 34 Pengurus Daerah pada  tingkat Provinsi.

Lihat juga: Sejarah Hari Bidan Internasional 5 Mei

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga menetapkan bahwa bidan merupakan seorang perempuan yang telah lulus dari pendidikan bidan yang telah diakui oleh Pemerintah serta organisasi profesi di Negara Republik Indonesia yang telah memiliki sertifikasi dan lisensi.

Di Indonesia bahkan di seluruh negara di dunia ini, peran bidan tentu saja sangatlah penting sehingga wajar jika peringatan Hari bidan ini tidak hanya diperingati di Indonesia saja melainkan juga secara internasional.

Hari Bidan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Mei. Penetapan tanggal tersebut sebagai Hari Bidan Sedunia dimulai sejak kurang lebih 80 tahun lalu.

Namun secara resmi hari peringatan tersebut ditetapkan pada tahun 1992.

Salah satu tujuan memperingati Hari Bidan Sedunia ini yaitu untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia khususnya yang berhubungan dengan persalinan dan kesehatan reproduksi.

Selain itu, peringatan Hari Bidan Sedunia juga dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan.

Begitu juga dengan peringatan Hari Bidan Nasional yang bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan praktik dunia kebidanan yang aman, berkualitas, kompeten serta profesional.

Hari peringatan ini juga tidak hanya diperingati oleh para bidan se-Indonesia saja melainkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Walaupun bukan bidan tentu kita juga bisa memperingati hari tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada para bidan-bidan Indonesia atas jasa besarnya terutama dalam persalinan dan kesehatan reproduksi.

Lihat juga: Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni

Tentang Sejarah Hari Bidan Nasional

Nah itulah sekilas tentang sejarah 24 Juni, Hari Bidan Nasional.

Dari sejarah di atas sedikit banyaknya Anda telah mengetahui bagaimana awal mulanya penetapan tanggal 24 Juni sebagai Hari Bidan Nasional.

Baca Juga: Daftar Universitas di Semarang

Jadi, selamat Hari Bidan Nasional untuk para Srikandi Pejuang Keselamatan Ibu dan Bayi!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari bidan nasional tanggal 24 juni
  • tema hari bidan nasional 2021
  • ucapan hari bidan nasional
  • selamat hari bidan nasional
  • quotes hari bidan nasional 24 juni 2021

Bantu Kami Lebih Baik

Berikan rating dibawah!

Average 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada rating

Artikel Terbaru:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Hari Bidan Nasional