Sejarah Hari Korps Cacat Veteran Indonesia 19 Mei

Sejarah Hari Korps Cacat Veteran Indonesia 19 Mei

Sejarah 19 Mei, Hari Korps Cacat Veteran Indonesia Yang Tidak Banyak Diketahui!

19 Mei, Hari Korps Cacat Veteran Indonesia - Mantan presiden RI pertama, Ir. Soekarno pernah mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”. Di Indonesia sendiri, bentuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur banyak sekali macamnya. Seperti yang kita tahu bahwa terdapat beberapa hari besar Nasional yang selalu diperingati untuk menghormati serta menghargai jasa pahlawan. 

Misalnya saja pada tanggal 17 Agustus yang hampir semua masyarakat tahu bahwa hari tersebut merupakan Hari Kemerdekaan  RI. Perayaan Hari Kemerdekaan tersebut tentu saja dilakukan oleh semua rakyat Indonesia dengan berbagai rangkaian acara. Selain tanggal 17 Agustus, kita juga sering memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November. 

Namun, tahukah Anda dengan Hari Korps Cacat Veteran Indonesia? Sebagian besar dari Anda pasti belum mengetahui tentang hari peringatan tersebut. Nah, dikarenakan hal ini maka tentu saja kini kita akan membahas tentang sejarah Hari Korps Cacat Veteran Indonesia. 

Tak Banyak Diketahui, Inilah Sejarah Hari Korps Cacat Veteran Indonesia 19 Mei 

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang Hari Korps Cacat Veteran Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 19 Mei. Hari peringatan tersebut memang tidak meriah seperti peringatan Hari Kemerdekaan ataupun Hari Pahlawan yang perayaannya menjadi hari libur Nasional. Namun walaupun demikian, hari peringatan ini juga memang tidak kalah penting dan menjadi salah satu hari bersejarah untuk Indonesia. 


Korps Cacat Veteran Republik Indonesia atau KCVRI merupakan sebuah organisasi yang dibentuk sebagai salah satu penghargaan Pemerintah terhadap cacat veteran. Namun sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan para veteran tersebut semakin dilupakan. Padahal jika melihat kembali sejarahnya, tanpa jasa dari para pejuang tersebut kita tidak bisa menikmati kemerdekaan ini. Mereka rela kehilangan beberapa anggota badannya dan menjadi cacat seumur hidup untuk membela bangsa dan Negara. 

Saat Indonesia mengalami penjajahan yang cukup panjang oleh Belanda dan Jepang, para veteran berjuang untuk mempertahankan jati diri bangsa, mempertahankan keutuhan Negara dan kedaulatannya. Bahkan tak hanya mengalami cacat saja, banyak juga pejuang lain yang gugur di medan perang. Dari jasanya yang begitu besar ini maka tentu kita harus “Berterima Kasih” dan menghormati jasa-jasanya tersebut. 

Di Indonesia, ada dua kategori veteran yaitu veteran pejuang kemerdekaan bagi yang bertempur dalam perang kemerdekaan pada tahun 1945-1949. Sedangkan yang kedua yaitu  veteran pembela Kemerdekaan yang pernah bertempuh selama Trikora, Dwikora serta Timor-Timur pada tahun 1975-1976. 

Dikarenakan setelah masa tersebut banyak sekali veteran yang mengalami cacat, maka pada tahun 1994 dikeluarkanlah Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1994 yang menetapkan cacat veteran akan mendapatkan tunjangan bulanan. Tunjungan tersebut diberikan kepada pada veteran yang cacat satu anggota badan seperti tangan atau kaki akan memperoleh Rp. 22.000 dan jika keholangan dua anggota tubuh badan akan memperoleh Rp. 44.000. Namun surat keputusan tersebut diminta untuk ditinjau kembali. 

Setelah melewati  berbagai proses panjang, akhirnya hak atas veteran cacat telah diputusakan dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 67 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia. Jadi, para veteran cacat akan mendapatkan uang setiap bulannya yang sudah disesuaikan  berdasarkan kategori. 

Nah itulah sejarah dibalik 19 Mei sebagai Hari Korps Cacat Veteran Indonesia. Penetapan 19 Mei ini tentu saja bertujuan untuk menghargai serta menghormati jasa-jasa para veteran yang telah berjuang sampai mengorbankan dirinya untuk membela bangsa ini. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk ikut andil dalam memperingati hari peringatan tersebut salah satunya yaitu memberikan ucapan “Terimakasih” kepada para cacat veteran Indonesia. 

Semoga informasi Sejarh Hari Korps Cacat Veteran Indonesia di atas dapat menjadi referensi dan menambah wawasan kita terhadap hari-hari penting di Indonesai yang seharusnya kita hormati dan ikut merayakannya demi mengenang para pahlawan yang medan perang. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari korps cacat veteran indonesia
  • Korps Cacat Veteran Republik Indonesia, Jalan Kesehatan IV, RT.4/RW.6, South Petojo, Central Jakarta City, Jakarta
  • perumahan cacat veteran palembang
  • veteran adalah
  • legiun veteran republik indonesia
  • yayasan difabel mandiri indonesia
  • daftar nama veteran di Indonesia
  • apa itu veteran
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com