Sejarah Hari Hansip Hari Pertahanan Sipil 19 April


Sejarah Singkat Hari Hansip Hari Pertahanan sipil 19 April

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Sejarah hari Pertahanan sipil (Hansip) 19 April, mari kita ketahui dahulu apa itu hansip. Sering kali juga kita sebut siskamling. 

Hansip adalah organisasi yang di bentuk oleh Negara, yang bertugas untuk menertibkan warga, akan tetapi hanya di tingkat paling rendah yaitu desa. 

Lihat juga: Ucapan Selamat Hari HANSIP 2024

Menurut beberapa informasi dari beberapa laman berita, hansip telah lama terbentuk bahkan sebelum Indonesia merdeka.

Meskipun hanya di sebut pertahanan sipil di tingkat paling rendah, peranan hansip juga memberi dampak positif bagi warga salah satunya yang berurusan dengan masalah keamanan. 

Maka dari itu demi menghargai peran hansip, pemerintah menetapkan Hari Pertahanan Sipil 19 April. Lalu bagaimana sejarahnya? Yuk kita lanjut bahas.

Sejarah Hari Hansip Hari Pertahanan Sipil 19 April

Hansip merupakan salah satu komponen pertahanan Negara yang terbentuk jauh sebelum Indonesia merdeka. 

Organisasi pertahanan sipil (hansip) mulanya di dirikan pada zaman kolonial belanda yang bertujuan untuk melindungi dan menghadapi dari serangan udara yang di lakukan oleh pihak jepang.

Pada awal mula terbentuknya organisasi tersebut namanya bukanlah hansip atau linmas melainkan Lucht Bescherming Dients yang di singkat dengan (LBD), tujuan terbentuknya LDB ialah untuk menjadi tim gerak cepat dalam melindungi masyarakat.

Setelah berjalannya waktu hingga Indonesia meraih kemerdekaan, organisasi tersebut dilindungi dan bernaung di bawah hukum yang telah di tetapkan oleh Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/Keamanan No. MI/A/72/62 tanggal 19 April Tahun 1962.

Hansip yang awal mulanya hanya bergerak dalam kegiatan yang berhubungan dengan masalah keamanan dan pertahanan berubah peran menjadi membantu menjaga keamanan lingkungan sehingga tepatnya pada tahun 2002 hansip berubah menjadi LINMAS (Lindungan Masyarakat). 

Baca Juga: Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Sejak itulah di tetapkannya Hari Pertahanan Sipil yang tepatnya pada tanggal 19 April yang diperingati pada setiap tahunnya.

Jika disimpulkan, hansip merupakan organisasi warisan penjajah yang awal mulanya membantu pendudukan Belanda di Indonesia yang akhirnya setelah Indonesia meraih kemerdekaan Hansip diakui dan berlindung di bawah hukum Indonesia.

Hari Hansip
Hari Hansip
Hari Hansip selalu diperingati setiap tanggal 19 april setiap tahunnya – Hansip merupakan salah satu komponen pertahanan Negara yang terbentuk jauh sebelum Indonesia merdeka.
Oleh Endik Eko

Peran Hansip Dalam Kehidupan Masyarakat

Dibawah ini adalah peran Hansip dalam kehidupan bermasyarakat:

Menjaga Keamanan

Peran utama hansip ialah menjaga dan menertibkan warga agar lebih kondusif.

Peran hansip hampir sama dengan polisi yakni sama-sama menjadi pusat keamanan bagi warga.

Yang membedakan ialah hansip hanyalah organisasi keamanan yang berlaku di tingkat desa atau lingkungan.

Menjaga Kerukunan Warga

Selain menjaga keamanan, hansip juga bertugas untuk memberi contoh atau motivasi kepada warga agar senantiasa selalu menjaga kerukunan dalam berkehidupan bermasyarakat. 

Menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat

Dengan adanya hansip warga akan lebih cenderung merasa aman, mengingat ada organisasi yang selalu melindunginya setiap waktu.

Lihat juga: Sejarah Hari Buruh Sedunia 1 Mei

Pembantu Masyarakat

Pembantu disini bukan dalam artian membantu segala hal yang bersifat pribadi, melainkan hanya sesuatu yang bersifat umum seperti membantu masyarakat mengevakuasi warga yang terdampak bencana alam, banjir dan lain sebagainya.

Setelah mengenal apa itu hansip dan apa tugas-tugasnya, lalu pernahkah terngiang di pikiran anda berapa sih gaji hansip? Penasaran yuk lanjut kita bahas.

Gaji Hansip

Di lansir dari laman situs berita nasional yang berbunyi “hansip bukan profesi melainkan hanyalah mengabdi” dalam laman berita tersebut menyebutkan bahwasanya hansip tidak mendapatkan gaji di setiap bulannya.

Ada pula yang menyebutkan bahwa hansip mendapatkan gaji namun nominalnya yang cukup rendah yakni hanyalah kisaran antara Rp 100,000 – Rp 450,000 setiap bulannya.

FAQ Hansip Hari Pertahanan Sipil 19 April

  1. Apa itu Hansip?

    Hansip adalah organisasi yang dibentuk oleh Negara untuk menertibkan warga di tingkat paling rendah, yaitu desa.

  2. Apa sejarah dari Hari Pertahanan Sipil (Hansip) 19 April?

    Hansip merupakan salah satu komponen pertahanan Negara yang terbentuk sebelum Indonesia merdeka, awalnya bernama Lucht Bescherming Dients (LBD) saat zaman kolonial Belanda.

  3. Apa peran utama Hansip dalam kehidupan masyarakat?

    Peran utama Hansip adalah menjaga dan menertibkan warga, menjaga kerukunan di lingkungan, memberikan rasa aman, dan membantu masyarakat dalam situasi darurat seperti bencana alam.

  4. Berapa gaji yang diterima oleh Hansip?

    Sebagian sumber menyebutkan bahwa Hansip tidak menerima gaji bulanan, karena mereka dianggap sebagai pihak yang mengabdi. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa gaji Hansip berkisar antara 100 hingga 450 ribu rupiah per bulan.

  5. Mengapa Hari Pertahanan Sipil 19 April diperingati setiap tahun?

    Hari Pertahanan Sipil 19 April diperingati setiap tahun sebagai penghargaan terhadap peran Hansip dalam menjaga keamanan masyarakat, serta sebagai warisan dari masa penjajahan yang akhirnya diakui dan dilindungi di bawah hukum Indonesia.

Tentang Sejarah Hari Hansip Hari Pertahanan Sipil 19 April

Nah itulah sedikit Sejarah Mengenai Hansip atau Hari Pertahanan Sipil.

Semoga dengan informasi yang kita dapatkan dari awal mula terbentuknya Hansip, Peran Hansip, hingga gaji yang didapatkannya dapat membantu kita untuk lebih menghormati Hansip. 

Baca Juga: Lengkap 40 Ucapan Selamat Hari TNI AU 9 April

Karena dengan adanya Hansip maka lingkungan rumah kita menjadi lebih aman.

Begitulah sejarah singkat mengenai Sejarah Hari Pertahanan Sipil (Hansip) 19 April. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling dicari

  • sejarah hansip linmas
  • sejarah hansip indonesia
  • sejarah berdirinya hansip
  • sejarah pertahanan sipil indonesia
  • gaji hansip indonesia

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Hansip