Daftar Hari Besar Nasional Bulan November 2021

Daftar Hari Besar Nasional Bulan November 2021

Hari Besar November - November merupakan bulan ke sebelas dari tahun Masehi. Dimana kata November ini diambil dari bahasa Latin yaitu Novem yang berarti Sembilan. 

Hal ini karena zaman dulu tahun bermula dari bulan Maret. Bulan November ini mempunyai jumlah hari 30. 

Di bulan ini terdapat beberapa hari besar Nasional Indonesia, salah satunya adalah hari Pahlawan. Namun selain itu, ada hari besar nasional lainnya.

Hari Besar Nasional Bulan November 2021

Di bawah ini adalah daftar hari besar atau hari penting di bulan November:

3 November : Hari Kerohanian

Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam keyakinan yang berbeda-beda. Walaupun begitu, Indonesia tetap mengakui beberapa keyakinan yang dianut oleh masyarakat. Nah untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga keharmonisan tersebut setiap tanggal 3 November diperingati sebagai Hari Kerohanian.

5 November : Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Setiap tanggal 5 November selalu diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Dimana peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional ini bermula di tahun 1993 lalu sejak Kepres nomor 4 tahun 1993 dan juga ditanda tangani Presiden Soeharto.

8 November : Hari Perencanaan Kota Dunia

Setiap tanggal 8 November selalu diperingati Hari Perencanaan Kota Dunia yang dirayakan oleh seluruh warga di dunia. Gagasan awal dari Hari Perencanaan Kota Dunia ini adalah pada tahun 1949 lalu dan dicetuskan oleh Profesor Carlos Maria di Universitas Buenos Aires, Argentina.

10 November : Hari Pahlawan

Hari Pahlawan merupakan hari nasional yang bukan termasuk hari libur. Dimana Hari Pahlawan ini ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 November. 

Hari Pahlawan ini berguna untuk memperingati peristiwa pertempuran Surabaya di tahun 1945. 

Pada saat itu para tenatra dan juga milisi Indonesia perang melawan tentara Belanda dan juga Britania Raya yang menjadi bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Selengkapnya

12 November : Hari Kesehatan Nasional

Setiap tanggal 12 November selalu diperingati Hari Kesehatan Nasional. Dimana adanya Hari Kesehatan Nasional ini sebagai pengingat dan evaluasi terhadap masyarakat agar sadar betapa pentingnya pola hidup sehat dan juga menjaga kesehatannya. Selengkapnya

14 November : Hari Brigade Mobil (BRIMOB)

Setiap tanggal 14 November selalu diperingati Hari Brigade Mobil (BRIMOB). Dimana pemilihan tanggal 14 November ini karena bertepatan dengan hari pembentuakn Brimob yang menggantikan Pasukan Polisi Istimewa kala itu. 

Tanggal itu juga ditetapkan menjadi hari jadi dari Korps Baret Biru. Selengkapnya

21 November : Hari Pohon

Tanggal 21 November selalu diperingati sebagai Hari Pohon. Hal ini merupakan suatu pengingat terhadap manusia betapa pentingnya peran dan juga fuungsi dari pohon untuk kehidupan manusia, nah setiap tanggal 21 November ini masyarakat dunia merayakan hari Pohon.

21 November: Hari Anak Internasional 

Selengkapnya

Lihat juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Desember 2021

25 November : Hari Guru (PGRI)

Setiap tanggal 25 November selalu diperingati sebagai Hari Guru (PGRI). Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Dipilihnya tanggal 25 November ini karena bertepatan dengan hari lahirnya PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Selanjutnya

29 November : Hari ulang tahun KORPRI

Setiap tanggal 29 November diperingati sebagai hari ulang tahun KORPRI. Dimana KORPRI merupakan Korps pegawai Republik Indonesia yang memiliki anggota yang terdiri dari Pegawai BUMN, Pegawai Negeri Sipil dan juga BUMD beserta anak perusahaannya. Anggota KORPRI menggunakan seragam berwarna biru dengan batik logo KORPRI di desainnya. 

Semoga informasi hari besar atau hari penting di bulan November 2021 di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com