Daftar Hari Besar Nasional & Internasional Bulan Juli


Daftar Hari Besar Nasional & Internasional Bulan Juli

Hari Besar Nasional Dan Internasional Bulan Juli

Daftar Hari Besar Bulan Juli yang kami sampaikan dalam artikel ini sudah dilakukan pengecekan untuk mendapatkan daftar libur nasional bulan Juli yang valid. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai keakuratannya.

Jika saat ini Anda sedang mencari referensi atau informasi mengenai hari-hari besar di bulan Juli, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Baca Juga: Link Download Kalender Jawa Juli 2023 Lengkap Hari Baik

Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar hari-hari besar atau hari penting atau libur nasional bulan Juli , baik hari besar Nasional Indonesia maupun hari besar Internasional.

Selain itu kami juga memberikan penjelasan singkat mengenai sejarah ditetapkannya hari besar pada bulan Juli.

Jika Anda ingin melihat lebih lengkap mengenai sejarah hari-hari penting ini Anda dapat mengklik tautan yang diberikan di setiap akhir penjelasan singkatnya.

Daftar Hari Besar Nasional Dan Internasional Bulan Juli

Dibawah ini adalah daftar hari penting nasional dan internasional Bulan Juli:

Hari Penting Juli – Bulan Juli merupakan bulan ketujuh dalam kalender tahun masehi. Dimana penamaan bulan Juli ini diambil dari nama Kasira Romawi yaitu Julius Caesar.

Diketahui Julius Caesar lahir pada bulan Juli ini. Sejarahnya awalnya bulan ini diberi nama bulan Quintilis yang berarti lima. 

Dalam bulan Juli ini terdapat beberapa hari-hari besar nasional yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Prediksi Tanggal Bulan Purnama Agustus 2023

Detail Singkat Hari Besar Nasional Juli

Dibawah ini adalah sejarah singkat dari hari-hari besar bulan Juli, silahkan klik link dari setiap hari penting di bawah untuk melihat sejarahnya yang lebih lengkap.

1 Juli : Hari Bhayangkara

Setiap tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Dimana hari tersebut merupakan hari yang istimewa untuk POLRI.

Banyak yang mengira jika dipilihnya tanggal 1 ini karena sebagai hari ulang tahun dari POLRI.

Sebenarnya dipilihnya tanggal 1 ini karena bertepatan dengan momentum turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 1946 terkait disatukannya Kepolisian daerah dengan Kepolisian nasional. Selengkapnya

Lihat juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Agustus

5 Juli : Hari Bank Indonesia

Setiap tanggal 5 Juli selalu diperingati sebagai Hari Bank Indonesia.

Hal ini menjadi hari peringatan terhadap Bank Indonesia yang merujuk terhadap hari lahirnya BNI atau Bank Negara Indonesia yang menjadi bank pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia kala itu. Selengkapnya

9 Juli : Hari Palapa

9 Juli diperingati menjadi Hari Satelit Palapa. Dimana pemilihan tanggal ini sebagai hari bersejarah dari peluncuran satelit pertama Indonesia yang meluncur pada tanggal 8 Juli 1976 di Amerika Serikat. 

Hingga saat ini Satelit Palapa tetap mengudara di ruang angkasa dan membuat Indonesia bangga. Selengkapnya

11 Juli Hari Populasi Sedunia Selengkapnya

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

Setiap tanggal 12 Juli, Masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Koperasi Indonesia.

Tanggal ini bertepatan dengan lahirnya Lembaga Ekonomi yang berbentuk koperasi oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 12 Juli 1947 lalu. Selengkapnya

17 Juli Hari Integrasi Timor Timur

Timor Timur merupakan salah satu bekas koloni Portugis yang pernah dianeksasi oleh pemerintah indonesia dan akhirnya bergabung bersama Indonesia menjadi suatu provinsi ke 27 Indonesia pada saat itu.

Proses berintegrasinya Timor Timur tersebut dengan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Juli 1976. Selengkapnya

Lihat juga: Sejarah Hari Revolusi Perancis 14 Juli

23 Juli : Hari Anak Nasional

Setiap tanggal 23 Juli selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Dimana terdapat sejarah yang menjadi alasan kenapa 23 Juli dipilih sebagai Hari Anak Nasional.

Hal ini karena pencetusan Hari Kanak-Kanak Indonesia di era Orde lama yang mengalami proses rumit sampai digantikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1984.

22 Juli: Hari Kejaksaan Republik Indonesia Selengkapnya

23 Juli: Hari Anak Nasional Selengkapnya

23 Juli: Hari Tanpa TV Selengkapnya

23 Juli: Hari Waspada Cacing Selengkapnya

29 Juli : Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

Setiap tanggal 29 Juli selalu diperingati sebagai Hari Bhakti TNI Angkatan Udara. Dimana tahun ini akan diperingati sebagai Hari Bhakti TNI Angkatan Udara yang ke 74 tahun.

Adanya Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ini sebagai bentuk apresiasi dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan TNI yang sudah mengamankan Indonesia setiap saat.

29 Juli 1947 lalu TNI AU juga melakukan operasi serangan udara pertama dengan modal semangat juang, patriotisme di Salatiga, Ambarawa. Selengkapnya

30 Juli : Hari Ikrar Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka tentu saja mempunyai arti khusus dan menjadi salah satu tonggak sejarah untuk dunia pendidikan dan juga lingkungan ketiga manusia.

Baca Juga: Prediksi Tanggal Bulan Purnama Juli 2023

Karena betapa pentingnya kegiatan pramuka untuk para siswa-siswi dan juga remaja Indonesia oleh sebab itu Setiap tanggal 30 Juli selalu diperingati sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka di Indonesia. Selengkapnya

Tentang Informasi Hari Penting Bulan Juli

Diatas adalah informasi hari penting bulan Juli lengkap dengan penjelasan singkatnya.

Mudah-mudahan informasi Hari Penting Nasional Bulan Juli di atas bisa membantu Anda dalam menyelesaikan tugas sekolah ataupun tugas kantor. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar