Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juli 2021

Hari Besar Nasional Bulan Juli 2021

Hari Besar Nasional Bulan Juli 2021

Hari Penting Juli - Bulan Juli merupakan bulan ketujuh dalam kalender tahun masehi. Dimana penamaan bulan Juli ini diambil dari nama Kasira Romawi yaitu Julius Caesar. Diketahui Julius Caesar lahir pada bulan Juli ini. Sejarahnya awalnya bulan ini diberi nama bulan Quintilis yang berarti lima. Dalam bulan Juli ini terdapat beberapa hari-hari besar nasional yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia.

Hari Besar Nasional Juli

1 Juli : Hari Bhayangkara

Setiap tanggal 1 Juli selalu diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Dimana hari tersebut merupakan hari yang istimewa untuk POLRI. Banyak yang mengira jika dipilihnya tanggal 1 ini karena sebagai hari ulang tahun dari POLRI. Sebenarnya dipilihnya tanggal 1 ini karena bertepatan dengan momentum turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 1946 terkait disatukannya Kepolisian daerah dengan Kepolisian nasional.

5 Juli : Hari Bank Indonesia

Setiap tanggal 5 Juli selalu diperingati sebagai Hari Bank Indonesia. Hal ini menjadi hari peringatan terhadap Bank Indonesia yang merujuk terhadap hari lahirnya BNI atau Bank Negara Indonesia yang menjadi bank pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia kala itu.

9 Juli : Hari Palapa

9 Juli diperingati menjadi Hari Satelit Palapa. Dimana pemilihan tanggal ini sebagai hari bersejarah dari peluncuran satelit pertama Indonesia yang meluncur pada tanggal 8 Juli 1976 di Amerika Serikat.  Hingga saat ini Satelit Palapa tetap mengudara di ruang angkasa dan membuat Indonesia bangga.

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

Setiap tanggal 12 Juli, Masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Koperasi Indonesia. Dimana tanggal ini bertepatan dengan lahirnya Lembaga Ekonomi yang berbentuk koperasi oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 12 Juli 1947 lalu.

17 Juli Hari Integrasi Timor Timur

Timor Timur merupakan salah satu bekas koloni Portugal yang pernah dianekasi oleh pemerintah indonesia dan akhirnya bergabung bersama Indonesia menjadi suatu provinsi ke 27 Indonesia pada saat itu. Proses berintegrasinya Timor Timur tersebut dengan Indonesia terhadi pada tanggal 17 Juli 1976.

23 Juli : Hari Anak Nasional

Setiap tanggal 23 Juli selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Dimana terdapat sejarah yang menjadi alasan kenapa 23 Juli dipilih sebagai Hari Anak Nasional. Hal ini karena pencetusan Hari Kanak-Kanak Indonesia di era Orde lama yang mengalami proses rumit sampai digantikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1984.

29 Juli : Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

Setiap tanggal 29 Juli selalu diperingati sebagai Hari Bhakti TNI Angkatan Udara. Dimana tahun 2021 ini akan diperingati sebagai Hari Bhakti TNI Angkatan Udara yang ke 74 tahun. Adanya Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ini sebagai bentuk apresiasi dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan TNI yang sudah mengamankan Indonesia setiap saat. 29 Juli 1947 lalu TNI AU juga melakukan operasi serangan udara pertama dengan modal semangat juang, patriotisme di Salatiga, Ambarawa.

30 Juli : Hari Ikrar Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka tentu saja mempunyai arti khusus dan menjadi salah satu tonggak sejarah untuk dunia pendidikan dan juga lingkungan ke tiga manusia. Karena betapa pentingnya kegiatan pramuka untuk para siswa-siswi dan juga remaja Indonesia oleh sebab itu Setiap tanggal 30 Juli selalu diperingati sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka di Indonesia.

Semoga informasi Hari Penting Nasional Bulan Juli di atas bisa membantu Anda dalam menyelesaikan tugas sekolah ataupun tugas kantor.