Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Hari Besar Nasional Bulan Mei 2021

Daftar Hari Besar Nasional Mei 2021

Daftar Hari Besar Nasional Bulan Mei 2021

Hari Besar Mei - Mei merupakan bulan kelima dalam kalender tahunan Masehi. Dimana dalam bulan ini terdapat beberapa hari-hari besar nasional atau hari-hari penting yang selalu diperingati oleh Masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Hari Buruh Sedunia atau Mayday. Namun selain itu, ada hari-hari besar lainnya pada bulan Mei ini.

Hari Besar Nasional Mei 2021

1 Mei : Hari Buruh

Setiap tanggal 1 Mei masyarakat di Indonesia dan di dunia selalu merayakan Hari Buruh. Dimana pada awalnya Hari Buruh ini merupakan suatu reaksi terhadpa revolusi Industri yang terjadi di negara Inggris. Dimana para buruh melakukan kampanye untuk memperjuangkan 8 jam kerja.

2 Mei : Hari Pendidikan Nasional

Setiap tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai hari pendidikan nasional atau Hardiknas. Dimana tanggal 2 Mei ini juga bertepatan dengan tanggal lahir dari Ki Hajar Dewantara yang menjadi salah satu Pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Indonesia. Selanjutnya

4 Mei : Hari Pemadam Kebakaran Internasional

Setiap tanggal 4 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran Internasional. Dimana hari tersebut diadakan sebagai bentuk rasa hormat terhadap pengorbanan para pemadam kebakaran yang selalu membuat lingkungan dalam keadaan yang aman dan nyaman.

8 Mei : Hari Palang Merah Internasional

Palang Merah Indonesia adalah suatu perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang kesehatan nasional. Nah setiap tanggal 8 Mei ini selalu diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bapak Palang Merah Dunia yaitu Jean Henri.

10 Mei : Hari Lupus Dunia

Setiap tanggal 10 Mei selalu diperingati sebagai Hari Lupus Dunia. Dimana penyakit tidak menular ini selalu meningkat setiap tahunnya. Lupus merupakan kondisi dimana sistem imun kehilangan untuk bisa membedakan substansi asing dengan jaringan tubuh manusia itu sendiri.

11 Mei : Hari POM - TNI

Setiap tanggal 11 Mei pemerintah Indonesia selalu memperingati Hari POM - TNI. Dimana POM ini merupakan Pusat Polisi Militer yang menjadi salah satu fungsi teknis dari militer umum TNI dengan peran untuk menyelenggarakan bantuan terhadap administrasi satuan jajaran TNI.

17 Mei : Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional selalu diperingati setiap tanggal 17 Mei. Dimana adanya Hari Buku Nasional ini sebagai bentuk untuk mengingatkan kepada setiap orang betapa pentingnya budaya membaca. Hari Buku Nasional ini pertama kali dimulai pada tahun 2002.

19 Mei : Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Tidak ada banyak yang tahu bahwa setiap tanggal 19 Mei selalu diperingati sebagai Hari Korps Cacat Veteran Indonesia. Hari tersebut adalah hari istimewa yang diadakan sebagai bentuk penghargaan untuk cacat veteran guna memperkuat semangat nasionalisme masyarakat Indonesia.

20 Mei : Hari Kebangkitan Nasional

Setiap tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Dimana hari ini merupakan hari berdirinya Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908. Budi Utomo merupakan salah satu organisasi awal yang ada di Hindia Bel dimana organisasi tersebut selalu menyuarakan nasionalisme.

22 Mei : Hari Keanekaragaman Hayati

Tanggal 22 Mei selalu diperingati sebagai Hari Keanekaragaman Hayati. Hari ini menjadi bentuk keaneragaman antarbagnsa agar bisa menggalakan isu-isu keanekaragaman hayati.

31 Mei : Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Di penghujung bulan Mei, yaitu tepatnya tanggal 31 Mei selalu diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Gerakan ini adalah gerakan yang bertujuan untuk menyerukan para perokok agar tidak merokok dalam satu hari tersebut.