BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Hari Lahir Pancasila - Ucapan dan Gambar Selamat Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila - Ucapan dan Gambar Selamat Hari Lahir Pancasila

Pancasila adalah dasar ideologi Negara Republik Indonesia. Pancasila adalah gabungan dari 2 kata Sansekerta yakni Panca dan Sila, Panca yang berarti "Lima" sedangkan "Sila" adalah Janji atau Prinsip/Asas. Bila digabungkan Pancasila berarti 5 Prinsip. Hal ini yang menjadi dasar Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menyambut hari lahir pancasila tentunya kita tidak ingin ketinggalan untuk selalu update dan mengirimkan ucapan-ucapan selamat hari Lahir Pancasila.
Hari Lahir Pancasila - Ucapan dan Gambar Selamat Hari Lahir Pancasila
Gambar dari Mastimon,com

Hari Lahir Pancasila jatuh setiap tanggal 1 Juni, tanggal tersebut merupakan tanggal dimana Bung Karno menyampaikan pidatonya yang berjudul Lahirnya Pancasila dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") sumber wikipedia.

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah 1. Ketuhanan Yang Maha Esa, 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab, 3. Persatuan Indonesia, 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,

Sejarah Hari Lahirnya Pancasila

Ketika dalam perang dunia ke-2, saat itu jepang telah diujung kekalahan saat dibombardir oleh tentara Amerika dengan Bom Atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Mendekati kekalahan jepang tersebut, jepang mendirikan Dokuritsu Junbi Chōsa-kai, atau badan penyelidik usaha-usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menarik simpati dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

BPUPKI mengadakan sidang yang pertama pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Tema yang dibahas pada persidangan ini adalah tema dasar negara. Persidangan yang pertama ini diselenggarakan di gedung Chuo Sang In yang berlokasi di Jalan Pejambon nomer 6 Jakarta. Kini gedung tersebut dikenal dengan julukan Gedung Pancasila. Sebelumnya, gedung tersebut dikenal dengan nama gedung Volksraad pada zaman belanda, yang berarti perwakilan rakyat. Sumber 1, Sumber 2.

Awal mula ditetapkannya hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni adalah dari pidato Bung Karno pada persidangan BPUPKI ini. Saat itu Bung Karno mendapat giliran untuk berpidato dan menyampaikan ide atau gagasannya mengenai dasar negara saat Indonesia merdeka. Bung Karno menamai ide gagasan mengenai dasar negara tersebut dengan nama pancasila. Kelima sila tersebut berdasarkan lima dasar atau asas yaitu kebangsaan Indonesia, persatuan dan kesatuan, ketuhanan yang Maha Esa, kesejahteraan Indonesia yang disebut dengan pancasila.

Lihat juga: Hari Peringatan Hepatitis Sedunia 28 Juli 2020

Hasil dari pidato penyampaian gagasan tersebut diterima secara gegap gempita oleh seluruh anggota Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI secara aklamasi. Nah, berdasarkan hal inilah maka hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Namun, sejarah pancasila masih terus berlanjut pada masa itu.

9 Tokoh Pendiri Pancasila


9 Tokoh Pendiri Pancasila
Gambar dari masukuniversitas,com

9 Orang di foto tersebut adalah:

1. IR. SOEKARNO
2. MUHAMMAD HATTA
3. MR. AA. MARAMIS
4. ABIKOESNO TJOKROSOEJOSO
5. ABDUL KAHAR MUZAKKIR
6. AGUS SALIM
7. AHMAD SOEBARDJO
8. WAHID HASJIM
9. MOHAMMAD YAMIN

Untuk menyambut hari lahirnya Pancasila berikut adalah kumpulan kata-kata haris lahir pancasila:

Ucapan Hari Lahir Pancasila

Dibawah ini merupakan ucapan-ucapan hari lahirnya pancasila, silahkan di copy paste:

Semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020 !

Hari Pancasila merupakan hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satu nya Ideologi dan Dasar Negara yang hanya dimiliki oleh Indonesia di dunia ini. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020 !

Mari cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, dan saling tolong menolong (gotong royong). Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020 !

Mari kita kembali menanamkan dalam hati dan jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang ber-ideologi Pancasila. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020 !

Dari sudut positif, kita tidak bisa membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya kalau tidak ada rasa kebangsaan yang sehat. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020 !

Pancasila tidak hanya dijadikan untuk hafalan semata tetapi amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020 !

Hari Pancasila adalah hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satu nya sebuah Ideologi dan Dasar Negara yang hanya dimiliki oleh Bangsa Indonesia di dunia . Kami mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020

Pancasila tak hanya dijadikan untuk sebuah hafalan semata, namun amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila. Kami ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020

Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila. Kami ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020

Mari kita semua cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi azaz kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, juga saling tolong menolong (gotong royong). Kami ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020

Sesungguhnya memang bukan hanya sekedar untuk menghafalkan kelima sila yang ada di dalam pancasila saja. Namun lebih dari itu, negara kita ini lebih membutuhkan orang yang bisa menghargai dan memaknai tentang pancasila itu sendiri. Ingatlah tentang betapa sulitnya perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan kita ini bagi kehidupan kita yang terlepas dari penjajahan ini. Tugas kita sekarang yaitu adalah untuk menerapkan seluruh nilai yang terkandung di dalam setiap sila sebagai dasar di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkadang aku bertanya di dalam hatiku sendiri, bagaimana jadinya negara Indonesia ini tanpa adanya pancasila. Mungkin saja tanpa adanya pancasila sebagai dasar negara kita ini kita tak akan pernah merasakan hidup yang nyaman seperti sekarang ini. Sebenarnya tugas kita sebagai warga negara yang baik bukan hanya sekedar untuk menghafalkan kelima sila yang terdapat di dalam pancasila begitu saja. Tapi pernahkah kalian berpikir dan bertanya pada diri kalian sendiri, apakah perilaku dan tatanan hidup kalian ini sudah mencerminkan pancasila di dalamnya dan sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Tak perlu saling menyalahkan dan saling menjatuhkan. Lebih baik bagi kita untuk intropeksi diri terlebih dahulu. Selamat Hari Pancasila.

Selamat hari lahir pancasila. Tepat di hari ini merupakan sebuah hari dimana sebuah ideologi mampu untuk menyatukan berbagai macam keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu di dalam satu kesatuan dan persatuan. Yaitu kesatuan Indonesia. Tetap semangat dan teruslah mengejar apa yang seharusnya engkau kejar, kawan. Dan selalu ingatlah bahwa walaupun kita memiliki banyak perbedaan akan tetapi kita ini satu kesatuan di dalam pancasila dan kita akan dapat menjadi sebuah negara yang besar dan terbaik dari antara bangsa lain. Selalu jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, sebagaimana seperti yang telah diperintahkan dan dicontohkan oleh para pahlawan kita seperti yang tertera di dalam sila ketiga pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia”.

Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2020. Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat. Cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila.

Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita dimampukan untuk semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selamat hari lahir PANCASILA bangsa Indonesia 1 Juni 2020.

Dengan hari lahir Pancasila 1 Juni kita peringati sebagai hari bersejarah bangsa Indonesia menuju kejayaan Republik Indonesia.

Sila 1, inspirasi nilai ketuhanan yang maha esa yang dengannya kehidupan kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme dan nilai-nilai yang jauh dari ketuhanan. wartasolo mengucapkan selamat hari lahir pancasila.

Sila 2, kemanusiaan yang adil dan beradab, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme dan destruktif dalam merusak dan menumpahkan darah sesama anak bangsa.

Sila 3, persatuan Indonesia, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun termasuk mengatasnamakan agama, suku, ras, dan antargolongan. Dengan menjiwai semangat persatuan Indonesia BHINNEKA TUNGGAL IKA justru suku, agama, ras, dan berbagai antargolongan kita bersatu untuk kemajuan bangsa.

Sila 4, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan. Dan dengannya nuansa musyawarah mufakat menjadi cerminan pedoman, penghayatan, dan pengamalan nilai pancasila. wartasolo mengucapkan selamat hari lahir pancasila.

Sila 5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.

Sejenak merenung dan terilhami dengan nilai pancasila dengan ketuhanan yang maha esa kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan, dan dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.

Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah mengggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan luma butir mutiara yang indah. (Soekarno)

Pancasila tuh dasarnya sila 1-3, tujuannya sila 5, cara untuk mencapainya sila 4. (Sujiwo Tejo)

Pancasila dalam kedudukannya sebagai idiologi Negara mampu mempersatukan berbagai kalangan baik yang agamis, nasionalis, sosialis, serta kalangan lainnya dalam mimpi kolektif untuk mewujudkan sebuah Indonesia yang terbayangkan. (Butet Kertaradjasa)

Hari Pancasila adalah hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satu nya sebuah Ideologi dan Dasar Negara yang hanya dimiliki oleh Bangsa Indonesia di dunia . Indoberita ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020

Pancasila tak hanya dijadikan untuk sebuah hafalan semata, namun amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila. Indoberita ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 202

Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila. Indoberita ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2017

Mari kita semua cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi azaz kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, juga saling tolong menolong (gotong royong). Indoberita ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2017

Inilah Kata Mutiara Sepanjang massa Bung karno di Hari lahirnya Pancasila :

Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia

Merdeka hanyalah sebuah jembatan. Walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!

Kata-kata Hari lahir Pancasila dari Bung Karno

Inilah Kata Mutiara Sepanjang massa Bung karno di Hari lahirnya Pancasila

Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam

Merdeka hanyalah sebuah jembatan. Walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!

Perjuangan aku akan lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri

Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya

Tetaplah bersemangat, Elang Rajawali!!

Nasionalisme kita merupakan nasionalisme yang membuat kita akan menjadi perkakasnya Tuhan, dan membuat kita akan menjadi hidup di dalam ruh

Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial ialah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat tehnologi yang sangat modern. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme

Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaran


Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.

Caption Hari Lahir Pancasila

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. JAYALAH NEGERIKU DENGAN PANCASILA”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. DENGAN PANCASILA UTUH NKRIKU”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. PANCASILA ADALAH INDONESIA”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. INDONESIAKU, PANCASILAKU”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. AKU BANGGA DENGAN PANCASILAKU”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. MENCINTAI PANCASILA BERARTI MENCINTAI NKRI”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. PANCASILA DASAR NEGARAKU, NKRI NEGERIKU”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. PANCASILA MENJAGA KEUTUHAN NEGERIKU”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. MENJAGA PANCASILA BERARTI MENJAGA KEUTUHAN BANGSA DAN NEGERIKU”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. PANCASILA ADALAH KEBANGGAAN NEGERI DAN RAKYAT INDONESIA”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. MEMBELA PANCASILA BERARTI MEMBELA NEGARA INDONESIA TERCINTA”

“SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. SAYA PANCASILA DAN SAYA BANGGA”


Puisi Hari Lahir Pancasila


1. Kesaktian hari lahir Pancasila

Pancasila digagas secara mendalam
oleh Bung Karno

Disampaikan dengan pidato
yang menggelegar
dalam sidang BPUPKI
pada 1 Juni 1945

Pidato itulah cikal bakal
Pancasila yang sakti

Pancasila sakti
karena diambil dari
akar budaya dan nilai-nilai
yang ada di bumi nusantara

Bung Karno
sang pemimpin besar revolusi
dengan rasa cintanya terhadap
bangsa Indonesia

merumuskan semua itu
hingga menjadi Pancasila
yang sakti

Pancasila sakti
karena lima sila yang terkandung di dalamnya
terdiri dari nilai-nilai luhur
yang menjaga harkat dan martabat
serta menjunjung tinggi
kemanusiaan seluruh
manusia Indonesia

dan Pancasila sakti
bukan karena keganasannya

memaksakan kehendak kepada orang lain

2. Kau lah dasar kokoh penopang negara
Memberi kami tumpuan untuk meraih cita cita
Kaulah pusat pembentuh hukum yang berkuasa
Membuat kami teratur dalam menjalankan negara tercinta

Sebait singkat dalam setiap sila mu
Memiliki makna luas berilmu
Hari hari ku yang di penuhi bait dalam sila mu
Di penuhi indah oleh norma penyejuk jiwaku

Saat  syair dalam kehebetan mu mulai terlupakan
Menjadikan anak bangsa terjerumus dalam keburukan
Tak ada persatuan, Tak ada kejujuran
Yang ada hanya kemunafikan

Kami yang mencari jalan dalam kegelapan hukum
Berharap kau bersinar memancarkan keadilan
Memecahkan segala urusan yang terangkum
Demi nikmatnya kemakmuran

Pemuda pemudi indonesia penerus bangsa
Terus berjuang menjunjung tinggi nama mu
Meneriakan serta menjalankan makna
PANCASILA satu pedoman ku

3. Dalam pengharapan tentang sosok pahlawanku
dari raga hingga ke jiwa........
dari jejakmu hingga langkahmu...
yg tertinggalkan di bumi TUHAN ini

meski sejengkal kenang memudar
namun segenggam harap manismu terdengar
sebab,engkau adalah sang pahlawan
yg tak sedikitpun berdegub jantung berdetak,
yg hanya karna letusan senapan serdadu melesat,
akan tetapi terdengar merdu di telingamu

wahai engkau pahlawanku.....
selamat jalan....
selamat menikmati...doa-doa...
yang kami panjatkan untukmu
meski hanya dengan memunguti helai demi helai doa
yang meninabobokanmu di ranjang syurga


merah putihmu engkau persembahkan
untuk anak cucumu,dan
menghangatkan dalam jiwa
memurnikandalam kenangan bangsa
yang memutihkan langit untuk KITA
yang memerahkan tanah untuk INDONESIA.


4. Kau kibarkan benderamu sebagai  tanda selalu jaya
Kau ikrarkan dirimu sebagai jati diri bangsa Indonesia
Kau teriakkan sila-silamu sebagai jiwa sebuah bangsa
Kaulah PANCASIA dasar negara kesatuan Indonesia

Meski musuh ingin selalu merongrongmu
Namun menyerah itu tak ada dalam sejarahmu
Terbukti musuhmu tak dapat menggantikanmu
Hingga kini kau masih berkemenangan selalu

Gambar Hari Lahir Pancasila

Dibawah ini merupakan kumpulan gambar sebagai ucapan hari lahir Pancasila.
Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Gambar Hari Lahir Pancasila

Doa Upacara Peringat Hari Lahir Pancasila

Bismillaahirrahmaanirrohiim... Alhamdulillaahirabbil'alamiin...
Wassholaatu wassalaamu'ala asyrofil ambiyaa'i walmursaliin wa'ala aalihi washohbihi ajma'iin. ..
Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang,
Dalam suasana yang khidmat ini, kami memanjatkan do'a keharibaan-Mu. Kami memohon kepada-Mu, curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan, yang telah mendahului kami. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanan mereka. Terimalah dharma bakti dan amal shaleh mereka, jadikanlah mereka sebagai syuhada dan pahlawan bangsa yang Engkau ridhai. Dekatkanlah mereka di sisi-Mu ya Allah dan dekatkanlah pula hati kami dengan semangat juang mereka.
Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,
Jadikanlah Hari lahir Pancasila ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan. Limpahkanlah karunia-Mu baik yang datang dari langit maupun dari bumi. Mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil, dan sejahtera, jadikanlah negara kami sebagai Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.
Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mencintai
Jadikanlah kami sebagai insan manusia yang saling bertoleransi menghargai antar sesama manusia, saling menjaga kedamaian untuk meningkatkan harmonisasi kehidupan bermasyarakat, menghargai kebhinekaan dan menyadari perbedaan yang ada pada kami sebagai suatu kekuatan untuk saling melengkapi.
Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,
Hindarkan bangsa dan negara kami dari fitnah dan marah bahaya, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan, mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami, dan jadikanlah bangsa kami bangsa yang mandiri, maju, bertaqwa, beraklaq mulia, makmur adil dan sejahtera.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Pengabul segala Do'a
Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami dan guru kami, para pemimpin kami dan dosa para pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan kami. Kabulkanlah permohonan dan doa kami, Engkau Maha Pengampun dan Pengabul segala Do'a.
Aamiin YRA.


Detail Pemesanan

Hari Lahir Pancasila - Ucapan dan Gambar Selamat Hari Lahir Pancasila
Hari Lahir Pancasila - Ucapan dan Gambar Selamat Hari Lahir Pancasila
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya