Ucapan Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus


Ucapan Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus

Tanggal 9 Agustus setiap tahunnya, komunitas masyarakat ada di seluruh penjuru dunia memperingati Hari Masyarakat Adat Internasional. 

Ya, hari peringatan ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 23 Desember 1994. 

Hari peringatan ini ditetapkan untuk memberikan apresiasi atas pertama kali terbentuknya Kelompok Kerja Hak-Hak Masyarakat Adat di PBB. 

Baca Juga: Ucapan Selamat HUT ASEAN Untuk Sosial Media

Hari Masyarakat Adat Internasional ini merupakan moment paling sakral dan monumental yang menjadi tali pengikat solidaritas antar komunitas, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika hampir semua negara di dunia telah mengakui masyarakat adat secara normatif. 

Dikarenakan menjadi salah satu momen penting, maka tak heran jika setiap tahunnya peringatan ini selalu diperingati dengan tema yang berbeda-beda. 

Setiap tema yang diusung biasanya akan berhubungan dengan ikatan solidaritas dan gerakan untuk saling menghormati, pengakuan, perlindungan dan juga pemenuhan hak masyarakat adat. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak pernah memandang rendah hari Internasional. 

Setiap tahunnya, negara ini selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan aman serta menyenangkan bagi masyarakat adat Indonesia. 

Hal ini tentu saja dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan berbagai macam adat dan kebudayaan. 

Baca Juga: Sejarah Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus

Kumpulan Ucapan Bijak Hari Masyarakat Adat Internasional 9 Agustus

Memperingati Hari Masyarakat Adat Internasional sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

Salah satu yang paling mudah namun memberikan dampak yang besar untuk perubahan yaitu memberikan ucapan selamat. 

Cara ini tak hanya untuk memberitahukan tentang makna dari peringatan ini saja melainkan juga sebagai wujud penghormatan untuk komunitas masyarakat adat. 

Daftar Ucapan Selamat Hari Masyarakat Adat Internasional 9 Agustus

Nah untuk anda yang sedang mencari ucapan bijak tentang Hari Masyarakat Adat Internasional, berikut beberapa referensinya untuk anda: 

1. Jika dirimu merasa bangga dengan berbudaya. Maka selalu kau jaga dan lestarikan sepenuh hati. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat.”

2. Karena dunia ini telah mengakui adanya hari ini sebagai satu hari penting, Maka untuk melihat apa yang dipunyai komunitas masyarakat di setiap jalannya kehidupan. Mari kita semua selaku masyarakat ikut mempertahankan adat dan budaya kita serta perjuangkan hak-hak dasar yang kita miliki. Selamat Hari Masyarakat Adat sedunia.

3. Mengingat hari ini adalah 9 Agustus, Hari Masyarakat Adat Sedunia. Saya berharap Anda menjadi kenangan yang bahagia. Ini adalah hal penting yang harus kita ingat. Sebab, melihat adat-istiadat kelompok masyarakat dari semua suku bangsa di dunia, mereka semakin terkikis bahkan punah dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Hari ini, kita kembali mengingat tujuan kita dari awal.

4.Lestarikan dan jagalah budaya dari leluhur kita berilah yang terbaik bagi bangsa negara Indonesia.Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat.

5. arisan budaya dari bangsaku Indonesia teramat indah dikenang. Selamat Hari Internasional Masyarakat 9 Agustus.

6. Aku bangga dengan dengan adat dan istiadat budayaku. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat 9 Agustus!

7. Tetaplah bangsaku menjadi bagian dari Indonesia. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat!

Baca Juga: Gambar Twibbon Hari Dharma Wanita 5 Agustus

8. Akankah budaya kita menjadi milik bangsa lain? Sudahkah dirimu rela? Jika tidak, mari lestarikan bersama-sama. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat.

9. Tepat di hari ini 9 Agustus, adat kebudayaan bangsa Indonesia telah resmi menjadi warisan yang wajib untuk dilestarikan. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat.

10. Kebudayaan dapat membentuk manusia karena menghubungkan manusia dengan semua suku bangsa dan bangsa. Di seluruh dunia mereka memiliki identitas, sehingga mereka kini dikenal sebagai kelompok dengan gaya hidup yang unik dan menarik. Selamat Hari Adat Sedunia!

11. Masyarakat sedunia mengucapkan banyak rasa syukur dan terima kasih kepada orang yang ambil bagian dan memperjuangkan budaya sehingga akhirnya diakui dunia secara Internasional. Selamat Hari Masyarakat Adat sedunia!

12. Selamat Hari Masyarakat Adat Internasional, kita harus bangga bahwa Indonesia memiliki adat yang beragam, Mari kita jaga dan terus lestarikan!

13. Manusia dapat dibentuk sebab budaya lah yang mengikatnya dalam diri setiap suku bangsa dan negara. Di seluruh dunia pun memiliki suatu jati diri sehingga kini mereka dikenal sebagai kelompok yang mempunyai kebiasan hidup yang unik dan menarik. Selamat Hari Masyarakat Adat sedunia!

14. Lihatlah seberapa besar pengorbanan yang harus mereka kerjakan hanya untuk melihat kita bangga akan warisan yang diberikan. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat!

15. Kebudayaan dapat membentuk manusia karena menghubungkan manusia dengan semua suku bangsa dan bangsa. Di seluruh dunia mereka memiliki identitas, sehingga mereka kini dikenal sebagai kelompok dengan gaya hidup yang unik dan menarik. Selamat Hari Adat Sedunia!

Kata Bijak Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus

1. “Tepat di hari ini 9 Agustus, adat bangsa Indonesia dengan beragam budaya telah resmi menjadi warisan yang patut dilestarikan. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS).”

2. “Setiap dari kita bangga dengan adat dan istiadat budaya. Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia.”

3. “Adat itu peninggalan leluhur. Dibuat untuk kebaikan manusia. Untuk apa kau lawan? Kau tidak akan menang.” – Oka Aurora.

4. “Hormatilah dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat dan sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tidak mengganggu atau menghambat Persatuan Negara dan Bangsa Indonesia.” – Ki Hadjar Dewantara.

5. “Wadah yang bernama Negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat ini supaya utuh tidak retak.” – IR Soekarno.

6. “Sesungguhnya adat sopan-santun kami orang Jawa amatlah rumit. Adikku harus merangkak bila hendak lalu di hadapanku. Kalau adikku duduk di kursi, saat aku lalu, haruslah segera ia turun duduk di tanah, dengan menundukkan kepala, sampai aku tidak kelihatan lagi. Adik-adikku tidak boleh ber-kamu dan ber-engkau kepadaku.” – Raden Ajeng Kartini.

Baca Juga: Kalender Bulan Agustus 2023 Lengkap

7. “I came to accept that I have no right whatsoever to judge others in terms of my own customs, however much I may be proud of such customs.” – Nelson Mandela.

(Saya mengakui bahwa saya punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri, betapa pun saya boleh bangga dengan kebiasaan saya itu)

8. “Adat perempuan dibeli; adat orang tua menjual; kalau harta sudah di tangan apalagi akan dipersoalkan?.” – Pramoedya Ananta Toer

9. “Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!” – IR Soekarno.

10. “Dan modern adalah juga kesunyian manusia yatim-piatu dikutuk untuk membebaskan diri dari segala ikatan yang tidak diperlukan: adat, darah, bahkan juga bumi, kalau perlu juga sesamanya.” – Pramoedya Ananta Toer.

Caption Sosial Media Hari Masyarakat Adat Sedunia

11. “Kita disatukan oleh persaudaraan adat. Tidak pantas kita bermusuhan.” – Dzikri el Han

12. “Jika yang dibahas tentang negara (masyarakat secara umum) maka hukum konstitusi itu lebih tinggi Di atas hukum agama dan adat, namun jika yang dibahas adalah masalah agama kelompok tertentu maka hukum agama atau adat lebih utama.” – Nusron Wahid

13. “Bumi telah mencukupi semua kebutuhan manusia tapi tidak untuk keserakahan.” – Mahatma Gandhi

14. “Negeri ini sungguh-sungguh membutuhkan pemberani-pemberani yang gila, asal cerdas. Bukan yang tahu adat, yang berkepribadian pribumi, yang suka harmoni, yang saleh alim, yang nurut model kuli dan babu.” – Y.B Mangunwijaya (Rohaniwan, budayawan)

15. “Jika seni bertujuan untuk memelihara akar dari budaya kita, masyarakat harus membiarkan seniman bebas mengikuti visi mereka masing-masing kemanapun hal itu membawa mereka.” – John F. Kennedy.

16. “Kebudayaan tidak dibuat-buat melainkan sesuatu yang berkembang, yaitu manusia.” – Edward T. Hall

17. “Kita mungkin memiliki agama yang berbeda, bahasa yang berbeda, warna kulit yang berbeda, tetapi kita semua berasal dari satu ras manusia.” – Kofi Annan.

18. “Budaya adalah cara menghadapi dunia dengan mendefinisikannya secara terperinci.” – Malcolm Bradbury.

19. “Budaya adalah nama untuk apa yang orang tertarik, pikiran mereka, model mereka, buku yang mereka baca, dan pidato yang mereka dengar.” – Walter Lippman.

20. “Keanekaragaman budaya manusia sangat luas; jangkauan praktik budaya, kepercayaan, dan bahasa yang kita gunakan sangat luas.” – Mark Pagel.

21. “Orang yang tidak mengetahui sejarah, asal usul, dan budaya masa lalunya seperti pohon tanpa akar.” – Marcus Garvey.

22. “Perbedaan budaya seharusnya tidak memisahkan kita satu sama lain, melainkan keragaman budaya membawa kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia.” – Robert Alan

23. “Tidak ada budaya yang bisa hidup jika berusaha menjadi eksklusif.” – Mahatma Gandhi

24. “Pelestarian budaya tidak berarti menghina atau tidak menghormati budaya lain.” – Cesar Chavez

25. “Kekuatan terletak pada perbedaan, bukan pada persamaan.” – Stephen Covey

26. “Keragaman budaya yang nyata dihasilkan dari pertukaran ide, produk, dan pengaruh, bukan dari pengembangan picik dari satu gaya nasional.” – Tyler Cowen

Baca Juga: 100 Quotes Ucapan Selamat Hari Pramuka 14 Agustus

27. “Keanekaragaman adalah tentang kita semua, dan tentang kita harus mencari cara untuk berjalan melalui dunia ini bersama-sama.” – Jacqueline Woodson

28. “Sudah saatnya orang tua mengajarkan sejak dini bahwa dalam keragaman ada keindahan dan kekuatan.” – Maya Angelou

29. “Budaya adalah seni yang diangkat menjadi seperangkat keyakinan.” – Thomas Wolfe

30. “Kemampuan kita untuk mencapai kesatuan dalam keragaman akan menjadi keindahan dan ujian peradaban kita.” – Mahatma Gandhi

Kata Mutiara Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus

1. Manusia dapat dibentuk sebab budaya lah yang mengikatnya dalam diri setiap suku bangsa dan negara. Di seluruh dunia pun memiliki suatu jati diri sehingga kini mereka dikenal sebagai kelompok yang mempunyai kebiasan hidup yang unik dan menarik. Selamat Hari Masyarakat Adat sedunia 2022!

2. Kebudayaan dapat membentuk manusia karena menghubungkan manusia dengan semua suku bangsa dan bangsa. Di seluruh dunia mereka memiliki identitas, sehingga mereka kini dikenal sebagai kelompok dengan gaya hidup yang unik dan menarik. Selamat Hari Adat Sedunia!

3. Mengingat hari ini adalah 9 Agustus 2022, Hari Masyarakat Adat Sedunia. Saya berharap Anda menjadi kenangan yang bahagia. Ini adalah hal penting yang harus kita ingat. Sebab, melihat adat-istiadat kelompok masyarakat dari semua suku bangsa di dunia, mereka semakin terkikis bahkan punah dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. .. Hari ini, kita kembali mengingat tujuan kita dari awal.

4. Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! -Ir. Soekarno.

5. Jika seni bertujuan untuk memelihara akar dari budaya kita, masyarakat harus membiarkan seniman bebas mengikuti visi mereka masing-masing kemanapun hal itu membawa mereka. -John F. Kennedy.

Baca Juga: Daftar Universitas di Semarang

6. Dan modern adalah juga kesunyian manusia yatim-piatu dikutuk untuk membebaskan diri dari segala ikatan yang tidak diperlukan: adat, darah, bahkan juga bumi, kalau perlu juga sesamanya. – Pramoedya Ananta Toer.

7. Ini adalah 9 Agustus 2022. Hari Aborigin Internasional tidak terbatas pada peringkat pada hari tertentu. Tapi bagaimana Anda mengingat diri Anda sebagai pewaris tradisional untuk menjaga dan mengembangkan adat istiadat yang diakui dunia sehingga muncul dan eksis, bukan hanya nama panggilan? Apakah itu?

8. Dunia mengakui hari ini sebagai hari yang penting, jadi mari kita lihat apa yang dimiliki komunitas dalam setiap langkah kehidupan. Mari kita semua berpartisipasi sebagai komunitas dalam mempertahankan kebiasaan dan budaya kita dan memperjuangkan hak-hak dasar yang kita miliki. Selamat Hari Adat Sedunia.

9. Pada Hari ini merupakan hari masyarakat adat internasional yang bahagia di setiap sudut di dunia ini. Dimana masyarakat begitu sangat gembira memperingatinya karena sesuai dengan apa yang ada di tengah mereka yakni budaya atau adat. Masyarakat sedunia mengucapkan banyak rasa syukur dan terima kasih kepada orang yang ambil bagian dan memperjuangkan budaya sehingga akhirnya diakui dunia secara Internasional. Selamat Hari Masyarakat Adat sedunia!

10. Inilah tanggal 09 Agustus 2022. Dimana Peringatan hari masyarakat adat international, bukanlah hanya satu hari peringkat sesuai dengan hari yang telah ditentukan. Melainkan bagaimana caranya kita mengingat diri kita sebagai tokoh pewaris adat untuk mampu dalam mempertahankan dan mengembangkan adat yang telah diakui di dunia sehingga bukan populer namanya saja, tapi adat itu memang nampak dan ada.

11. Karena dunia ini telah mengakui adanya hari ini sebagai satu hari penting, Maka untuk melihat apa yang dipunyai komunitas masyarakat di setiap jalannya kehidupan. Mari kita semua selaku masyarakat ikut mempertahankan adat dan budaya kita serta perjuangkan hak-hak dasar yang kita miliki. Selamat Hari Masyarakat Adat sedunia.

12. Adat itu peninggalan leluhur. Dibuat untuk kebaikan manusia. Untuk apa kau lawan? Kau tidak akan menang. – Oka Aurora

Tentang Ucapan Selamat Hari Masyarakat Adat Internasional

Kumpulan ucapan bijak Hari Masyarakat Adat internasional diatas semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang kini ingin ikut serta memperingatinya. 

Baca Juga: Kalender Jawa Agustus 2023 Lengkap Hari Baik

Setiap negara memiliki identitasnya masing-masing sehingga mereka kini dikenal sebagai suatu kelompok dengan gaya hidup yang unik dan juga menarik. 

Mudah-mudahan informasi hari masyarakat adat internasional diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Selamat Hari Masyarakat Adat Internasional! 

Tinggalkan komentar


Hari Masyarakat Adat Internasional