Sejarah Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus


Sejarah Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus

Sejarah Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus

Hari Masyarakat dan Adat Internasional diperingati pada tanggal 9 Agustus setiap tahunnya.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Penetapan tanggal tersebut bertepatan dengan momen sesi perdana peresmian working group on indigenous populations di PBB pada tahun 1983.

Sejarah Lengkap Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus

Menurut beberapa sumber terpercaya, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 23 Desember 1994 memutuskan dalam resolusi 49/214 bahwa Hari Masyarakat dan Adat Internasional dirayakan setiap tanggal 9 Agustus.

Hari Masyarakat dan Adat Internasional pertama kali diresmikan oleh Majelis Umum PBB pada Desember 1994.

Hari peringatan tersebut dirayakan setiap tahun selama periode International Decade Of The World’s Indigenous People dari tahun 1995 sampai 2004.

Kemudian setelah periode tersebut berakhir, Perserikatan Bangsa-Bangsa memproklamirkan periode keduanya yaitu Second International Decade dari tahun 2005 hingga 2015 dimana PBB memilih tema “A Decade For Action And Dignity”.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus

Orang-orang dari berbagai negara juga didorong untuk berpartisipasi dalam peringatan hari tersebut untuk menyebarkan pesan PBB tentang Masyarakat Adat.

Kegiatan tersebut mencakup pendidikan serta kegiatan kelas untuk mendapatkan apresiasi serta pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat adat.

Beberapa kalangan masyarakat juga turut merayakan perayaan tersebut. Misalnya saja seperti di kota New York, masyarakat adat menampilkan pertunjukkan oleh para seniman-seniman pribumi yang tampil di markas besar PBB di New York.

Hal yang sama dilakukan oleh masyarakat Kanada, mereka merayakan hari tersebut sebagai perayaan komunitas semua negara dengan mengumpulkan beberapa seniman, penyair, pembicara dan pemain.

Baca Juga: Kalender Bulan Desember 2020 dan Hari Peringatannya

Hari Masyarakat Dan Adat Internasional Di Indonesia

Di Indonesia, peringatan Hari Masyarakat dan Adat Internasional menjadi moment yang paling spesial mengingat seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat.

Beberapa wilayah merayakan hari tersebut, misalnya di Kalimantan Tengah yang memperingati hari itu dengan diskusi terbuka serta pemutaran film.

Di Papua, masyarakat turun ke jalanan untuk merayakan kelangsungan hidup mereka sebagai masyarakat adat.

Demonstrasi pada tahun kemarin terjadi di Manokwari, Serui, Baliem, Jayapura, serta berbagai lokasi lainnya di Papua Barat.

Peringatan tersebut digelar di kantor Suku Dewan Papua. Terdapat beberapa bendera Bintang Kejora yang berkibar.

Ribuan demonstrasi juga berkeliling mengelilingi Manokwari kembali beroperasi.

Selain di Kalimantan Tengah dan Papua, tentu di wilayah-wilayah lain juga merayakan Hari Peringatan tersebut dengan penuh semangat dengan tema yang berbeda-beda.

Lihat juga: Sejarah Hari Veteran Nasional 10 Agustus

Di tahun ini, hari perayaan masyarakat adat Internasional tentu saja akan cukup berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika kondisi masih belum normal kembali, bisa dipastikan tidak akan ada acara demonstrasi, menonton film bersama,  konvoi, maupun hal lainnya. Perayaan akan dikemas dengan suasana yang berbeda.

Namun walaupun demikian pasti seluruh dunia termasuk Indonesia akan memperingati Hari Masyarakat dan Adat Internasional ini karena tanpa disadari masyarakat adat memiliki pengaruh cukup besar dalam sebuah wilayah di berbagai belahan dunia.

Hari Masyarakat dan Adat Internasional merupakan hari perayaan tahunan yang selalu diperingati setiap tanggal 9 Agustus.

Perayaan tersebut tentu sangat penting apalagi kita sebagai warga negara Indonesia yang terkenal sebagai negara dengan beragam kekayaan kultur serta etnik yang ada.

Jadi, mari kita bersama menghormati serta melindungi masyarakat adat dengan salah satu caranya yaitu memperingati hari spesial 9 Agustus, Hari Masyarakat dan Adat Internasional.

Itulah sejarah mengenai Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus

Mudah-mudahan dengan informasi yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari masyarakat adat internasional
  • tema peringatan hari masyarakat adat internasional
  • selamat hari masyarakat adat
  • tentang hari masyarakat adat
  • sejarah hari masyarakat adat 9 agustus
  • gambar twibbon hari masyarakat adat

Tinggalkan komentar


Hari Masyarakat Adat Internasional