4 Cara Alami Menghilangkan Rasa Panas Balsem Geliga, Ampuh!


Melakukan aktivitas yang cukup padat selama seharian tentu dapat memicu rasa pegal pada bagian tubuh tertentu. 

Jika sudah begitu, biasanya kita akan mengoleskan balsem Geliga. Sayangnya meski sudah mereda kadangkala rasa panasnya masih terasa. 

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Panas Hot Cream Dengan Mudah!

Untuk itu kita akan bahas bagaimana cara alami menghilangkan panas balsem Geliga. 

Bagi anda yang tidak tahan akan panasnya tersebut bisa menggunakan cara di bawah ini untuk menghilangkannya. Berikut pembahasannya!

4 Cara Alami Menghilangkan Rasa Panas Balsem Geliga, Ampuh!

Fungsi Balsem Geliga

Sebelum melanjutkan pembahasan ke cara menghilangkan rasa panas yang diakibatkan oleh balsem ini, kita akan bahas lebih dulu mengenai fungsinya. 

Ya, Geliga memiliki fungsi yang cukup beragam, diantaranya:

  1. Meredakan rasa pegal otot.
  2. Mengatasi memar.
  3. Meredakan keseleo.
  4. Meredakan rasa nyeri akibat pukulan dan lainnya.

Perlu diketahui, bahan penggunaan obat luar ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan ke bagian yang terasa tidak nyaman tersebut. 

Akan tetapi jika penggunaan dilakukan secara berlebihan maka bisa memicu rasa yang cukup panas. Untuk itu berhati-hati dalam penggunaannya. 

Lebih Lanjut Tentang Panas Obat Gosok Geliga

Obat gosok adalah produk yang digunakan untuk meredakan ketegangan otot, serta membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti pegal, keseleo, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis obat gosok yang populer di Indonesia adalah geliga yang memiliki sensasi panas menyengat dan dingin.

Namun, penggunaan obat oles ini juga dapat menimbulkan sensasi panas yang terlalu kuat dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Getah Bawang Merah di Tangan!

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi efeknya, seperti mengoleskan minyak zaitun atau cairan dingin pada kulit yang terkena, atau mencoba jenis obat oles dengan kandungan yang lebih rendah seperti menthol atau methyl salicylate.

Pemakaian obat oles juga dapat dibarengi dengan olahraga dan mandi hangat untuk membantu mengurangi nyeri dan ketegangan otot.

Namun, jika rasa panas tidak efektif dalam meredakan nyeri atau terjadi iritasi pada kulit yang terkena, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait.

Cara Hilangkan Panas Balsem Geliga

Seperti yang telah kita singgung, penggunaan secara berlebihan memang dapat memicu rasa sangat panas pada bagian yang diolesi. 

Jika sudah terlanjur menggunakan secara berlebihan, anda dapat mengikuti beberapa cara alami menghilangkan panas tersebut sesuai cara di bawah ini:

  1. Basuh lalu Gosok Dengan Air Mengalir

Cara pertama yang bisa anda lakukan ialah membasuh bagian tubuh yang dioles balsem dengan air mengalir. 

Air mengalir memang dapat membuat rasa panas yang diakibatkan oleh balsem menjadi lebih netral. Untuk durasinya yang perlu dilakukan ialah selama kurang lebih 15 menit. 

Jikalau selama 15 menit rasa panas tersebut masih belum hilang, maka lakukan saja lagi sampai panas menjadi lebih reda atau hilang. 

Sebagai catatan, jangan gunakan air panas maupun hangat dalam membasuh bagian yang terasa panas. 

Hal itu dikarenakan keduanya tidak baik digunakan karena tentu bisa memperburuk rasa panas yang ditimbulkan oleh balsem. 

  1. Mengganti Pakaian

Apakah anda mengolesnya pada area seperti punggung? Jika iya, maka anda perlu melakukan cara alami menghilangkan rasa panas seperti dibawah. 

Ya, segera ganti pakaian anda dengan yang baru. Hal itu dikarenakan pakaian yang lama sudah terpapar balsem. Sehingga panasnya juga bisa menjadi lebih awet dan tahan lama. 

Selain itu, mengganti baju dengan yang baru bisa membuat bagian tubuh yang terasa panas menjadi lebih dingin juga. 

Hal ini menjadi alasan kuat mengapa penting mengganti baju yang sudah terkena balsem dengan yang baru. 

Baca Juga: Cara Pasang Foto Twibbon Online di Twibbonz.com

  1. Mengompres dengan Air Dingin

Langkah lainnya yang dapat anda lakukan selain membasuh dengan air mengalir ialah mengompresnya. 

Ya, gunakan air dingin untuk mengompres bagian tubuh yang terkena balsem. Cara ini bisa dilakukan jika dua cara di atas memang sudah tidak bisa dilakukan. Dalam artian cara di atas tidak berfungsi dengan baik. 

Perlu diingat pula, kompres bagian yang terasa sampai dengan panasnya hilang. Jika belum reda jangan berhenti untuk mengompres.

  1. Menggunakan Minyak Sayur

Salah satu cara meredakan panas adalah dengan menggunakan minyak.

Minyak dapat membantu menyebarkan olesan dengan lebih merata pada area yang ingin diobati, sehingga mengurangi intensitas panas yang dirasakan.

Tentang Informasi Cara Menghilangkan Panas Balsem Geliga

Cara alami menghilangkan panas akibat Geliga ini rasanya cukup efektif dan pastinya nyaman untuk digunakan juga. 

Meski rasa panas dapat diatasi dengan mudah. Akan tetapi, ada baiknya untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan obat oles tersebut. 

Mengingat daya panas yang ditimbulkan cukup tinggi. Terlebih jika anda menggunakannya pada area yang sensitif, sangat tidak disarankan tentunya. 

Baca Juga: Link Download Kalender Mancing Agustus 2023 Fase Bulan

Nah itulah tadi ulasan mengenai cara alami menghilangkan rasa panas Geliga yang dapat kita bahas. 

Ingat, gunakan dengan baik dan tidak berlebihan. Juga berhati-hati terhadap area tubuh atau badan yang sensitif, seperti kulit wajah dan leher.

Mudah-mudahan informasi cara menghilangkan panas obat oles geliga diatas dapat menjadi referensi bagi kita. Semoga bermanfaat!

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip