9 Cara Menghilangkan Bau Gosong Pada Nasi!


Saat ini memasak nasi tidak lagi merepotkan. Mengingat ada rice cooker yang bisa membuat pemiliknya memasak nasi dengan kebun praktis.

Sayangnya tidak semua orang memilikinya. Jika sudah begitu, tentu saja memasak manual merupakan alternatifnya.

Baca Juga: Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini kita akan ulas cara menghilangkan bau gosong pada nasi. Ya, mungkin anda pernah memasak nasi tetapi ada bagian nasi yang gosong dikarenakan terlalu lama untuk mengaduk. 

Biasanya hal ini terjadi ketika tiba-tiba anak rewel. Sehingga kita menjadi terlupa untuk mengaduk nasi dengan teratur. Tak mengapa, anda bisa menyiasatinya. 

9 Cara Menghilangkan Bau Gosong Pada Nasi!

Cara Hilangkan Bau Gosong Nasi

Umumnya nasi yang bau gosong biasa ditemui jika anda memasak dengan cara tradisional dan lupa mengaduknya. 

Hal pertama yang perlu anda hindari ketika mengetahui nasi gosong ialah, mengaduk nasi. 

Karena mengaduk nasi hanya akan mencampurkan butiran nasi yang gosong dengan yang tidak gosong, sehingga keseluruhan nasi akan menjadi berbau gosong. 

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Getah Bawang Merah di Tangan!

Akan lebih baik jika anda mengeluarkan nasi yang tidak gosong terlebih dahulu. Pisahkan antara nasi yang gosong dan tidak. 

Setelah itu, gunakan penyerap untuk menghilangkan bau gosong. Berikut diantarabya cara hilangkan bau gosong tersebut ialah:

  1. Gunakan Roti 

Apakah anda punya roti di rumah? Jika punya, anda dapat menggunakan roti tersebut sebagai bahan penyerap bau gosong pada nasi. 

Caranya ialah meletakkan sepotong roti di atas nasi dan tutup menggunakan penutup. Biarkan nasi tersebut dalam keadaan tertutup hingga beberapa menit. 

Akan tetapi jika nasi belum benar-benar matang, cara menghilangkan bau gosong pada nasi yang bisa dikaitkan ialah dengan meletakkan irisan kentang mentah. 

Letakkan kentang di atas nasi, nantinya kanji dalam kenyang tersebut akan menyerap bau gosong setelah nasi usai di masak. 

  1. Gunakan Kelapa Parut

Cara kedua yang bisa anda lakukan ialah menggunakan kelapa parut. Masukkan kelapa parut tersebut ke dalam kain putih bersih. 

Setelah itu ikat dan timbun ke dalam nasi tersebut. Kecilkan api selama proses memasak, nantinya nasi bisa kembali dimakan setelah benar-benar matang. 

  1. Gunakan Cabe Kering

Tidak punya roti dan kelapa parut? Tak mengapa. Anda bisa menggunakan cabe kering. Ya, cabe yang mengering bisa anda gunakan sebagai bahan penyerap bau gosong. 

Caranya ialah cuci cabe kering sebanyak tiga buah dan jangan dipotong. Setelah itu, masukkan ke dalam nasi dan biarkan untuk beberapa saat. 

Baca Juga: 5 Mitos Balikan Sama Mantan, Apa Benar?

  1. Gunakan Garam

Cara menghilangkan bau gosong pada nasi yang tak kalah simpel ialah menggunakan garam. Anda dapat meletakkan garam di atas tutup panci untuk beberapa saat. 

  1. Gunakan Daun Pisang 

Cara yang satu ini memang cukup efektif. Mengingat bau daun pisang juga cukup wangi ketika terkena nasin yang panas. 

Caranya ialah letakkan daun pisang ke atas permukaan sampai nasi tertutup merata. Diamkan untuk sejenak.

  1. Gunakan Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut memang bisa mengeluarkan wangi yang khas. Penyerap yang satu ini juga tak kalah efektif. 

Cara penggunaannya, cukup ambil beberapa lembar daun dan sobek-sobek. Setelah itu, masukkan ke dalam nasi yang gosong dan tutup nasi kembali. 

  1. Gunakan Daun Pandan

Selain daun jeruk, anda juga bisa menggunakan daun pandan. Caranya, letakkan daun pandan ke tengah-tengah nasi dalam wadah dan biarkan. 

  1. Gunakan Kulit Bawang

Jika sekiranya semua penyerap di atas tidak anda miliki, maka gunakan saja kulit bawang. 

Ambil beberapa kulit bawang dan masukkan ke dalam penanak nasi dan tutup kembali. 

  1. Gunakan Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang wangi. Nah anda bisa memanfaatkan harum dari rempah tersebut. Gunakan sebanyak 5 tangkai saja.

Tentang Informasi Cara Menghilangkan Bau Gosong Nasi

Nah itulah tadi cara menghilangkan bau gosong pada nasi yang dapat kita bahas. Dengan melakukan sedikit trik pastinya nasi yang gosong akan kembali wangi.

Baca Juga: Link Referensi Kalender Mancing Juli 2023 Fase Bulan

Terapkan salah satu cara yang sudah disampaikan diatas apabila anda memasak nasi dan berbau gosong.

Mudah-mudahan ulasan kali ini dapat memberikan solusi bagi anda. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional