Ucapan Selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 19 April

Ucapan Selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 19 April

Daftar Ucapan Peringatan Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 19 April

Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar ucapan selamat hari pertahanan sipil atau HANSIP yang selalu diperingati setiap tanggal 19 April setiap tahunnya.

Sebelumnya mari kita tengok sejarah singkat hari HANSIP dan latar belakang tanggal penetapannya di tanggal 19 April. Simak ulasannya berikut ini:

Sejarah Singkat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP)

Hari Pertahanan Sipil (HANSIP), sebuah perkumpulan yang khusus dibentuk negara Indonesia untuk membantu menjaga keamanan. Juga mengatur serta menciptakan kondisi lingkungan agar tercipta suasana aman, tentram, dan nyaman.

Perlu diketahui bahwasannya Pertahanan Sipil merupakan suatu komponen pendukung negara dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Sejarah mengungkapkan bahwa Pertahanan Sipil atau biasa disebut Hansip telah ada semenjak era kolonial Belanda.

Pada era kolonial Belanda, Hansip memiliki fungsi dan tujuan untuk menghadapi serta melindungi serangan Jepang yang dominan melakukan serangan udara.

Sebelum menjelma menjadi Pertahanan Sipil, perkumpulan pertahanan ini memiliki nama yang diambil dari Bahasa Belanda yaitu, Lucht Bescherming Dients (LBD).

Dalam organisasi LBD terdapat struktur yang sangat rinci mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah.

Baca juga:  Sejarah Hansip Hari Pertahanan Sipil 19 April

Perombakan nama Lucht Bescherming Dients (LBD) menjadi Pertahanan Sipil (HANSIP) dimulai sejak tahun 1943 tepatnya ketika detik-detik Belanda mengakui kekalahan karena Indonesia hampir merdeka dan Jepang mengambil alih kekuasaan Indonesia yang sebelumnya sempat dipegang oleh Belanda.

Saat beralih menjadi Hansip, tujuan serta fungsinya pun ikut berubah, yang semula bertugas untuk membantu Belanda melindungi serangan udara dari militer Jepang, kini Hansip beralih untuk lebih fokus mengerahkan segala kemampuan untuk menjaga pertahanan.

Keberadaan Pertahanan Sipil sangat berguna bagi bangsa Indonesia terlebih ketika Indonesia akan merdeka.

Seperti yang kita ketahui, Hansip memiliki banyak peran penting bagi pra-kemerdekaan Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, akhirnya Hansip secara sah memiliki sebuah tameng hukum yang mana isinya mencakup Peraturan Pertahanan Sipil.

Namun, seiring berkembangnya Indonesia, HANSIP yang semula memiliki fungsi sebagai pertahanan dan menjaga keamanan berubah nama dan juga fungsi sebagai LINMAS (Perlindungan Masyarakat).

Dilihat dari namanya, kita bisa mengetahui bahwa tugas LINMAS adalah untuk melindungi serta menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat.

Walaupun tugasnya beralih melindungi masyarakat, anggota LINMAS tetap dibekali pengetahuan dasar mengenai bencana alam agar anggota LINMAS mampu memberikan penanggulangan yang tepat kepada masyarakat.

Baca juga:  Persiapan Lebaran Idul Fitri 2021 1442H

Tak hanya itu, dalam kegiatan Pemilihan Umum LINMAS juga berperan aktif untuk memberikan pengamanan yang ketat agar tidak ada oknum yang membuat kegaduhan.

Daftar Ucapan Selamat Hari HANSIP atau Hari Pertahanan Sipil 19 April

Kita dapat memperingati hari tersebut dengan cara berkirim ucapan Hari Pertahanan Sipil (HANSIP).

Nah bagi kamu yang sedang mencari kata-kata Mutiara untuk Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) bisa cek di bawah ini:

Selamat Hari Hansip 2022. Peran hansip tidak dapat dilupakan dalam membantu menegakkan kemerdekaan, dan terciptanya keamanan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.
Selamat Hari Hansip 2022. Terima kasih telah menjadi pelindung bagi masyarakat Indonesia.
Selamat Hari Hansip 2022. Selalu semangat dan ikhlas dalam kegiatan perlindungan masyarakat selama ini.
Selamat Hari Hansip. Peran Satlinmas dan Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) semakin strategis, dengan dimasukkannya urusan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Semoga selalu amanah.
Selamat hari Pertahanan Sipil (Hansip) 19 April 2022. Terimakasih atas segala kontribusinya dalam membantu keamanan dan ketertiban masyarakat.
Selamat Hari Pertahanan Sipil (Hansip) 2022. Terim akasih atas segala kontribusinya dalam membantu keamanan dan ketertiban masyarakat.
Selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 2022. Momen ini mari kita gunakan untuk memahami betapa pentingnya sosok pelindung keamanan masyarakat ini.
Selamat Hari Hansip 2022. Terimakasih para Pahlawan Desa, yang selalu setia dan siaga untuk ketertiban, keamanan dan ketentraman desa.
Selamat Hari Hansip 2022. Terimakasih telah berperan aktif untuk memberikan pengamanan yang ketat agar tidak ada oknum yang membuat kegaduhan.
Selamat Hari Pertahanan Sipil. Jayalah selalu karena Indonesia masih membutuhkanmu!

Baca juga:  Quotes Ucapan Selamat Hari Bumi 22 April Bahasa Inggris

Ucapan Selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 19 April 2022

Ucapan Selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 19 April 2022

Ucapan Selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) 19 April 2022

Harapan di Hari Pertahanan Sipil

Dengan ucapan selamat Hari Pertahanan Sipil (HANSIP) diatas, kita dapat memahami betapa pentingnya sosok pelindung keamanan masyarakat ini.

Karena kita hidup di sebuah masyarakat yang terdiri dari bermacam sifat manusia, sehingga keberadaan keamanan masyarakat sangat diperlukan agar Indonesia terhindar dari kerusuhan yang bisa menyebabkan perang antar saudara.

Mudah-mudahan informasi daftar ucapan hari pertahanan sipil atau HANSIP diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

Tinggalkan komentar