Sejarah PT Bank BTPN Syariah Tbk

Sejarah PT Bank BTPN Syariah Tbk

Mengulik Sejarah PT Bank BTPN Syariah Tbk

Bank BTPN Syariah kini menjadi salah satu bank kepercayaan masyarakat. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mempercayai bank BTPN untuk menyimpan uang tabungan yang mereka miliki.

Nah sebenarnya, bagaimana sejarah berdirinya PT Bank BTPN Syariah Tbk ini? Kita akan membahasnya disini.

Sejarah PT Bank BTPN Syariah Tbk

Bank BTPN berdiri pada tahun 1991 dengan nama Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah. Bank tersebut beroperasi dalam bidang perbankan dengan kantor pusat di Jakarta.

Lihat Juga: Sejarah Bank Danamon Indonesia Tbk

Sebenarnya, bank BTPN Syariah ini hadir dari dari dua penggabungan, yakni bank Sahabat Purba Danarta dengan Unit Usaha Syariah BTPN.

Bank Sahabat Purba Danarta sendiri telah berdiri sejak Maret tahun 1991 di Semarang. Ketika itu pemilik awalnya ialah Djoenaedi Joesoef (pemilik Konimex), Kwik Kian Gie dan Frederik BG Tumbuan.

Lalu, pada tahun 2007, masuklah PT Triputra Persada Rachmat menjadi pemegang saham pengendali bank bersama Yayasan Purba Danarta.

Tahun 2009, jadilah Bank Sahabat Purba Danarta. Bank tersebut merupakan bank umum non-devisa yang menarget masyarakat sektor mikro.

Pada 20 Januari 2014, 70% saham Bank Sahabat Purba Danarta diakuisisi oleh bank BTPN dan dikonversi menjadi BTPN Syariah. Konversi tersebut berdasarkan surat keputusan otoritas jasa keuangan pada 22 Mei 2014.

Lihat Juga: Sejarah PT Bank OKE Indonesia Tbk

Perlu diketahui pula, sejak Maret 2008, Unit Usaha Syariah BTPN telah difokuskan guna melayani dan memberdayakan keluarga prasejahtera di seluruh Indonesia melalui segmen bisnis di bank BTPN itu sendiri.

Lalu, pada 14 Juli 2014, bank BTPN Syariah resmi terdaftar sebagai bank umum Syariah ke-12 yang ada di Indonesia melalui pemisahan Unit Usaha Syariah dari PT BTPN Tbk dan melalui proses konversi PT Bank Sahabat Purba Danarta.

Pada tahun 2018, bank BTPN Syariah mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Produk-Produk Bank BTPN Syariah

Adapun produk bank BTPN Syariah yang ditawarkan kepada masyarakat ialah:

  1. Tepat tabungan.
  2. Tepat deposito.
  3. Tepat giro.
  4. Tepat tabungan rencana.
  5. Tepat tabungan platinum.
  6. Tepat tabungan syariah.
  7. Tepat tabungan syariah agen.
  8. Rencana tabungan jamaah haji.

Lihat Juga: Logo Bank Maybank PNG

Nah itulah ulasan mengenai sejarah singkat PT Bank BTPN Syariah Tbk. Semoga berkembangnya bank BTPN Syariah dapat membawa perubahan baik terhadap ekonomi masyarakat yang luas.

Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Hard work never fail you. Find me on IG @violaent_ atau bisa cek disini

   
   
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Hari Kerjasama Selatan-Selatan Hari Trikora Hari Bela Negara Hari Juang Kartika TNI-AD Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia