Sejarah PT Bank BCA Syariah

Sejarah PT Bank BCA Syariah

Menilik Sejarah PT Bank BCA Syariah

PT Bank BCA Syariah sudah lama berdiri di Indonesia. Pada mulanya nama bank tersebut ialah bank UIB.

Lalu pada perkembangannya, bank ini mulai berubah nama dikarenakan akuisisi dari pihak Bank Central Asia. Bagaimana sebenarnya sejarahnya? Berikut ulasannya!

Sejarah PT Bank BCA Syariah

Pada mulanya bank BCA Syariah ini berdiri dengan nama Bank Utama Internasional atau bank UIB singkatnya. Berdiri pada 21 Mei tahun 1991. Berkantor pusat di Jatinegara, Jakarta Timur, Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Bank BCA Sebagai Bank Terbesar di Indonesia

Pertamanya bank UIB merupakan bank yang berkegiatan sebagai bank umum konvensional. Lalu pada akhirnya bank UIB mulai mengubah dan menjalankan kegiatan usahanya sebagai bank yang menganut prinsip syariah.

Maka dari itu bank berubah nama menjadi bank BCA Syariah setelah sebelumnya juga diakuisisi oleh PT Bank Central Asia Tbk tahun 2009.

Bank UIB resmi diakuisisi berdasarkan akta akuisisi No. 72 pada 12 Juni 2009 , dibuat oleh Notaris Dr. Irawan Soerodjo, S.H, M.Si di Jakarta.

Perubahan nama bank UIB menjadi bank BCA Syariah juga menyesuaikan dengan perubahan anggaran dasar bank.

Perubahan nama bank berdasarkan akta pernyataan keputusan di luar rapat perseroan terbatas bank UIB No. 49 pada 16 Desember 2009.

Lihat juga: Download Logo Bank Digital BCA PNG

Akta tersebut dibuat di hadapan notaris Pudji Rezeki Irawati, S. H, di Jakarta.

Persetujuan akta perubahan anggaran dasar perseroan bank tersebut juga telah disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui surat keputusan No. AHU-01929.AH.01.02 pada 14 Januari 2010.

Selain itu juga sudah diumumkan dalam berita Negara DI nomor 23 pada 20 Maret 2012.

Tanggal 2 Maret 2010, melalui salinan keputusan gubernur Bank Indonesia No 12/13KEP.GBI/DpG/2010, bank BCA Syariah mulai mendapatkan izin perubahan kegiatan dari bank umum konvensional menjadi bank dengan prinsip Syariah.

Bank BCA Syariah mulai beroperasi sebagai bank umum syariah pada 5 April 2010.

Selanjutnya, pada 10 Desember tahun 2020, bank BCA Syariah dan bank Interim Indonesia resmi bergabung menjadi satu.

Lihat Juga: Sejarah Berdirinya PT Bank Jago Tbk

Nah itulah ulasan mengenai sejarah singkat PT Bank BCA Syariah. Melalui bank tersebut semoga perekonomian rakyat dapat semakin membaik dengan bantuan berbagai program yang dicanangkan oleh BCA Syariah.

Mudah-mudahan informasi sejarah PT Bank BCA Syariah diatas dapat bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Hard work never fail you. Find me on IG @violaent_ atau bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja