Sejarah Hari Laut Sedunia 8 Juni

Sejarah Hari Laut Sedunia 8 Juni

Inilah Sejarah 8 Juni, Hari Laut Sedunia Yang Sebaiknya Diketahui!

8 Juni, Hari Laut Sedunia – Setiap tanggal 8 Juni, hampir seluruh negara di dunia memperingati Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day.

Hari Laut Sedunia ini merupakan perayaan tahunan yang diperingati oleh seluruh negara di dunia termasuk salah satunya Indonesia.

Seperti yang kita ketahui jika Indonesia merupakan salah satu negara yang dikelilingi oleh lautan. Indonesia memiliki luas wilayah laut kurang lebih 96.079,15 km2.

Dengan luas wilayah tersebut tentu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah penetapan tanggal 8 Juni, Hari Laut Sedunia? Berikut ulasannya!

Berikut Sejarah 8 Juni, Hari Laut Sedunia Yang Sebaiknya Diketahui!

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas jika Hari Laut Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil.

Setelah pengajuan tersebut, Hari Laut Sedunia kemudian disetujui lalu disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Pada akhir tahun 2008.

Baca juga:  Sejarah Hari Kanker Sedunia 4 Februari

Tujuan Peringatan Hari Laut Sedunia

Perayaan Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan yang didedikasikan untuk menghargai laut-laut di dunia.

Tak hanya itu saja, peringatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan seluruh masyarakat dunia tentang peran utama lautan dalam kehidupan.

Laut merupakan paru-paru untuk bumi yang memberikan sebagian besar oksigen yang kita hirup.

Laut juga menjadi salah satu sumber mata pencaharian para penduduk di sekitar pantai. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, laut juga dijadikan sebagai landasan transportasi antar pulau hingga antar negara.

Mengingat begitu pentingnya peran laut, maka seluruh masyarakat dunia diharapkan bisa menjaga kelestariannya agar seluruh makhluk hidup yang ada di laut tidak punah.

Penetapan Hari Laut Sedunia oleh PBB juga tentu saja bukan tanpa alasan.

PBB ini meyakinkan masyarakat dunia bahwa laut memiliki hubungan yang sangat kuat dengan manusia. Sehingga sebagai makhluk yang diberikan akal, kita sudah sepatutnya melindungi lautan.

Peringatan Hari Laut Sedunia biasanya diperingati dengan tema yang berbeda-beda. Seperti pada peringatan 8 Juni 2021 dimana PBB di peringatan ini mengusung tema The Ocean: Life and Livehoods.

Baca juga:  Sejarah Hari Keluarga Nasional 29 Juni

Di Indonesia, tema hari laut tersebut direpresentasikan lautan sebagai kehidupan serta sumber kehidupan seluruh makhluk hidup. Pasalnya, lautan menutupi hampir lebih dari 70% planet bumi.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Dalam Memperingati Hari Laut Sedunia

Terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Laut Sedunia. Salah satu yang paling penting dan sangat bermanfaat yaitu melakukan kampanye kecil untuk tidak membuang sampah di laut.

Hari Laut Sedunia menjadi momen yang pas untuk menyadarkan masyarakat dunia yang masih saja mencemari lautan dengan membuang sampah sembarang.

Laut tak hanya merupakan paru-paru bumi yang menjadi tempat tinggal manusia, lautan juga menyediakan sumber makanan dan obat-obatan serta menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar.

Lebih dari 40 juta masyarakat di dunia menggantungkan hidupnya di industri kelautan. Jumlah tersebut diperkirakan akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya populasi manusia.

Itulah sekilas tentang sejarah 8 Juni, Hari Laut Sedunia yang tentu saja perlu anda ketahui. Dengan anda tahu bagaimana sejarahnya, maka sedikit banyaknya anda sudah tahu bahwa begitu pentingnya lautan untuk kehidupan.

Baca juga:  Sejarah Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 22 Mei

Bahkan pastinya diantara anda selalu menghabiskan liburan di pantai bukan?

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Laut Sedunia 8 Juni diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Laut Sedunia!

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar