Sejarah Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional 28 April


Sejarah Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional 28 April

Sejarah 28 April, Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional

Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan hal penting yang sebaiknya diperhatikan oleh semua sektor usaha di dunia.

Karena begitu pentingnya hal tersebut maka negara-negara dunia memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional pada tanggal 28 April setiap tahunnya.

Lihat Juga: Sejarah Hari Pemasyarakatan Indonesia 27 April

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 28 April, Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional? Simak berikut ulasannya!

Inilah Sejarah Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional 28 April

Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional diperingati setiap tanggal 28 April. Peringatan ini berawal pada tahun 2003 yang dicanangkan oleh International Labour Organization (ILO).

Peringatan Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membuat pekerjaan menjadi lebih sehat dan aman.

Selain peringatan Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional, di tanggal yang sama juga dunia memperingati Hari Peringatan Internasional Bagi Pekerja yang meninggal dan terluka.

Kedua hari peringatan ini tentu sangatlah berhubungan untuk mendorong pencegahan kecelakaan serta penyakit akibat kerja secara global.

Baca juga: Sejarah Hari Tari Internasional 29 April

Keselamatan serta kesehatan memiliki hubungan yang sangat erat. Namun keduanya memiliki arti yang berbeda.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan aspek penentu dimana para pekerja bisa pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga dengan keadaan selamat.

Melihat dari beberapa kasus ke belakang, setiap tahunnya terdapat kecelakaan yang terjadi di tempat kerja maupun dunia industri yang terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Bahkan hampir semua negara di dunia melaporkan tentang kasus-kasus tersebut. Menyikapi hal tersebut maka kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi fokus utama sehingga memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan kerja Internasional menjadi keharusan.

Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional Di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja.

Baca Juga: Download Kalender Planner Juni 2023 PDF

Sejarah kesehatan dan keselamatan kerja di Indonesia berawal ketika Belanda datang ke Indonesia pada abad ke 17. Ketika itu, permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja di Indonesia mulai terasa untuk melindungi modal yang ditanam untuk industri.

Pada saat itu, jumlah ketel uap yang digunakan untuk industri di Indonesia sangat banyak sehingga muncullah undang-undang tentang kerja ketel uap di tahun 1853.

Penggunaan ketel uap semakin bertambah jumlahnya sampai akhirnya pada tahun 1898 jumlahnya sudah mencapai ribuan ketel yang digunakan.

Karena penggunaan mesin semakin meningkat terlebih lagi dengan berkembangnya teknologi serta perkembangan industri, akhirnya pemerintah Hindia mengeluarkan perundang-undangan.

Pada tahun 1950, Pemerintah Hindia mengeluarkan undang-undang Keselamatan Kerja yang dikenal dengan Veiligheid Ordonantie/Reglement yang kemudian disempurnakan menjadi landasan penerapan K3 di Indonesia.

Mengingat sangat pentingnya tenaga kerja untuk suatu negara, banyaknya kerusakan lingkungan akibat industrialisasi serta masih banyak kecelakaan kerja.

Akhirnya dunia internasional menekankan mutu proses K3 yang dikenal dengan Occupational Health and Safety Assessment Series (OHSAS 18001).

Lihat Juga: Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

OHSAS juga sangat mendukung reputasi perusahaan serta tanggung jawab pengusaha terhadap pelanggan, pemangku kepentingan dan masyarakat umum.

Dalam OHSAS 18001 tersebut terdapat proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi serta tindak lanjut yang berkelanjutan sehingga mencapai kondisi zero accident.

Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional
Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional
Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional selalu diperingati setiap tanggal 28 April setiap tahunnya – Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional diperingati setiap tanggal 28 April.
Oleh Endik Eko

Itulah sekilas tentang sejarah 28 April, Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional. Setiap negara tentu saja memiliki aturan dan sistemnya sendiri dalam menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja.

Seperti halnya dengan Indonesia yang terus melakukan perubahan yang lebih baik terhadap penerapan K3 untuk kelancaran perekonomian Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret

Mudah-mudahan informasi sejarah Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Sedunia diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional