Sejarah Hari Tuberkulosis Sedunia 24 Maret

Sejarah Hari Tuberkulosis Sedunia 24 Maret

Berikut Sejarah 24 Maret, Hari Tuberkulosis Sedunia Dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Untuk Memperingatinya!

Seperti yang kita ketahui bahwa Tuberculosis (TBC) merupakan salah satu penyakit kronis yang berbahaya untuk kesehatan.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang organ pernapasan paru-paru.

Lihat Juga: Sejarah Singkat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober

Karena menjadi salah satu penyakit berbahaya maka tidak heran terdapat hari khusus yang memperingati hari tersebut yaitu Hari Tuberkulosis Sedunia yang diperingati pada tanggal 24 Maret.

Lalu, bagaimana sejarah 24 Maret, Hari Tuberkulosis Sedunia? Berikut ulasannya!

Sejarah Hari Tuberkulosis Sedunia 24 Maret

Latar belakang penetapan tanggal 24 Maret sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia yaitu tepat pada tanggal yang sama di tahun 1882, seorang dokter menemukan bakteri penyebab penyakit tersebut.

Ya beliau adalah Dr. Robert Koeh yang telah berhasil menemukan penyebab dari penyakit Tuberculosis tersebut yaitu bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Dengan ditemukannya bakteri tersebut tentu membuka jalan untuk bisa mendiagnosis serta menyembuhkan penyakit Tuberkulosis ini.

Ketika itu, wabah penyakit Tuberculosis tengah menyebar di wilayah Eropa serta Amerika yang menyebabkan kematian satu dari tujuh orang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa seperempat populasi dunia memiliki penyakit ini.

Bakteri penyebab Tuberkulosis dapat menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya melalui udara.

Lihat Juga: Sejarah Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret

Saat orang yang menderita TBC batuk, bersin ataupun meludah dengan sembarangan maka orang tersebut tengah menyebarkan bakteri melalui udara.

Hanya dengan menghirupnya saja maka orang akan terinfeksi bakteri tersebut.

Penemuan Dr. Robert Koeh ini menjadi salah satu langkah penting dalam upaya untuk mengendalikan serta menghilangkan penyakit mematikan tersebut.

Seabad kemudian akhirnya tanggal 24 Maret resmi dijadikan sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia.

Terbentuknya hari peringatan ini tentu bukan tanpa tujuan. Tujuan dari ditetapkannya peringatan ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dampak yang membahayakan serta mengancam kesehatan dunia akibat Tuberculosis.

Dengan membentuk kesadaran serta pemahaman ini maka diharapkan angka penularan Tuberkulosis semakin menurun dan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik.

Tema Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2021

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia diperingati dengan tema yang berbeda-beda.

Di tahun 2021 tema yang diusung yaitu “The Clock Is Ticking” yang menjadi peringatan bahwa dunia sudah kehabisan waktu untuk bertindak memberantas penyakit TBC secara global.

Lihat Juga: Sejarah Hari Malaria Sedunia 25 April

Setiap hari hampir sekitar 4 ribu orang meninggal dunia karena TBC serta hampir 28 ribu orang jatuh sakit karena penyakit ini.

Terlebih lagi dengan adanya kondisi pandemi global, COVID-19 yang menjadi salah satu kendala untuk mencapai kemajuan dalam program pemberantasan penyakit Tuberculosis.

Dengan adanya hari peringatan yang sudah dilakukan ini, WHO mengajak seluruh masyarakat dunia untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran tentang pencegahan dan pengobatan TBC guna mencapai kesehatan dunia yang lebih baik lagi.

Cara Mencegah Penyakit Tuberculosis (TBC)

Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia pastinya menjadi hal yang penting. Agar momentumnya semakin terasa, maka tentu tidak lengkap jika anda tidak mengetahui bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi penularan penyakit ini.

Hal ini pastinya dikhususkan untuk anda para penderita TBC. Berikut ini cara mencegah penularannya:

  1. Disarankan untuk tinggal di rumah saja, tidak pergi bekerja atau sekolah. Pastikan juga jangan tidur sekamar dengan orang lain untuk beberapa minggu pertama pengobatan.
  2. Beri ventilasi ruangan.
  3. Tutupi mulut anda dengan tisu setiap kali batuk, bersin maupun tertawa. Jangan lupa juga untuk langsung membuang tisu di tempat yang tepat.
  4. Menggunakan masker ketika hendak keluar rumah atau bertemu dengan orang.
  5. Menyelesaikan seluruh pengobatan.
  6. Melakukan vaksinasi.

Itulah sekilas tentang sejarah 24 Maret, Hari Tuberkulosis Sedunia dan langkah agar mencegah penularan TBC.

Lihat Juga: Daftar Ucapan Hari Hemofilia Sedunia 17 April

Dengan ulasan diatas maka tentu anda sudah tahu betul bahwa penyakit ini tidak hanya mengancam jiwa diri sendiri, melainkan juga orang lain sehingga anda perlu mewaspadainya.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Tuberkulosis 24 Maret diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari tuberkulosis sedunia
  • caption hari tuberkulosis sedunia 24 maret
  • tuberkulosis adalah penyakit infeksi saluran pernapasan
  • peringatan hari tuberkulosis tahun 2022
  • cara memperingati hari tuberkulosis

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Hari Kerjasama Selatan-Selatan Hari Trikora Hari Bela Negara Hari Juang Kartika TNI-AD Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia