Sejarah Hari Transmigrasi 12 Desember

Sejarah Hari Transmigrasi 12 Desember

 

Tak Banyak Yang Tahu! Inilah Sejarah 12 Desember, Hari Transmigrasi Yang Dilihat! 

Hari Transmigrasi atau dikenal juga dengan Hari Bhakti Transmigrasi diperingati setiap tanggal 12 Desember setiap tahunnya.

Tak banyak yang tahu dengan hari peringatan ini, padahal transmigrasi menjadi hal yang umum kita dengar.

Transmigrasi pertama kali diperkenalkan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta pada tahun 1927.

Ketika itu, Presiden Soekarno memperkenalkannya melalui sebuah tulisan yaitu Harian Soeloeh Indonesia.


Untuk semakin tahu dengan peringatan ini, simak berikut sejarah 12 Desember, Hari Transmigrasi.

Sejarah Hari Transmigrasi 12 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Peringatan Hari Transmigrasi atau Hari Bhakti Transmigrasi pertama kali diperingati pada tanggal 12 Desember 1950.

Transmigrasi merupakan sebuah program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduknya dari suatu daerah yang padat ke daerah lain di Indonesia.

Penduduk yang melakukan transmigrasi ini disebut dengan transmigran.

Sejarah tentang transmigrasi di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak masa penjajahan Belanda.

Ketika itu transmigrasi dilakukan oleh Hindia Belanda dengan latar belakang “Politik Balas Budi” yang digarap oleh Van Deventer.

Tanggal 12 Desember sebagai Hari Transmigrasi tentu bukanlah hal yang kebetulan. Tanggal tersebut sangat berkaitan dengan resminya pemerintah Indonesia menyelenggarakan program transmigrasi di tahun 1950.

Pada program pertama, pemerintah Indonesia melakukan pemindahan 25 KK atau sekitar 98 jiwa.

Lokasi tujuan pada saat itu yaitu Lampung dengan jumlah 23 KK dan Lubuk Linggau dengan jumlah 2 KK.

Program transmigrasi yang dilakukan ini tentu saja membawa dampak baik untuk Indonesia.

Transmigrasi telah berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi di luar Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya keberhasilan membangun lebih dari 11 ribu desa di luar Pulau Jawa.

Masyarakat di Pulau Jawa juga tentu masih tetap antusias untuk mengikuti program transmigrasi ini.


Seperti halnya masyarakat yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tujuan masyarakat yang melakukan transmigrasi ini tersebar dalam 15 Provinsi.

Tujuan dari transmigrasi sendiri yaitu untuk memberikan kesempatan bekerja, mengurangi kepadatan penduduk, mengurangi kemiskinan dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Makam Pionir Pembangunan Desa Sukra

Terdapat beberapa bukti bahwa transmigrasi memang sudah ada sejak dulu. Salah satunya yaitu Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra, Indramayu yang menjadi perjuangan pembangunan transmigrasi Indonesia.

Kala itu pada tanggal 11 Maret 1974, sebanyak 67 pionir transmigran asal Boyolali, Jawa Tengah yang berencana menuju ke unit pemukiman transmigrasi (UPT) Rumbia, Sumatera Selatan meninggal dunia.

Bus yang ditumpangi para pionir tersebut tergelincir lalu masuk serta terbakar di Kali Sewo, Desa Sukra, Indramayu, Jawa Barat.

Dari satu bus hanya 3 orang yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Untuk mengenang hal tersebut maka dibangunlah sebuah Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra.

Biasanya setiap peringatan Hari Transmigrasi tiba, banyak sekali orang yang berziarah ke makam tersebut.

Program transmigrasi tentu saja terus berlanjut, berdasarkan PP nomor 3 tahun 2014 sampai 2016 sudah terbentuk 23 kawasan transmigrasi yang telah ditetapkan oleh menteri.

Lokasi tersebut diantaranya yaitu Kabupaten Merauke, Kabupaten Buol, Kawasan Salor, Kawasan Kobisonta, Kawasan Air Terang dan Kabupaten Maluku Tengah.

Sebelum terbentuk menjadi kawasan transmigrasi, pemerintah juga telah menetapkan sekitar 48 Kota Terpadu Mandiri (KTM).

Nah, KTM ini merupakan embrio dari kawasan transmigrasi. Di tahun 2016 juga, Pemerintah Indonesia telah memberangkatkan sekitar 1.658 KK untuk ikut program tersebut.

Itulah sekilas tentang sejarah 12 Desember, Hari Transmigrasi. Mudah-mudahan dengan informasi sejarah hari transmigrasi diatas dapat menambah wawasan kita semua.

Mudah-mudahan informsi Sejarah Hari Transmigrasi 12 Desember diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari transmigrasi 2021
  • sejarah hari transmigrasi indonesia
  • peringatan hari transmigrasi
  • hari bhakti transmigrasi 2021
  • logo dan tema hari transmigrasi
  • quote ucapan selamat hari transmigrasi

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja