Sejarah Hari Nusantara 13 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Sejarah Hari Nusantara 13 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Sejarah 13 Desember, Hari Nusantara Yang Sebaiknya Diketahui!

Tahukah anda? setiap tanggal 13 Desember diperingati sebagai Hari Nusantara.

Peringatan ini memang masih terdengar asing ditelinga banyak orang, namun hari peringatan tersebut telah dikukuhkan sebagai Hari Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 126 tahun 2001.

Walaupun baru diresmikan, Hari Nusantara ini sebenarnya terinspirasi dari peristiwa yang cukup bersejarah yaitu pada tanggal 13 Desember 1957 yaitu Deklarasi Juanda.

Bagaimana sejarah 13 Desember, Hari Nusantara? Simak ulasannya berikut inI!

Sejarah Hari Nusantara 13 Desember: Tonggak Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Seperti telah disebutkan diatas bahwa pada tanggal 13 Desember diperingati sebagai Hari Nasional yang terinspirasi dari peristiwa bersejarah yaitu Deklarasi Juanda.

Peristiwa tersebut merupakan salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa kita dalam mempertahankan kedaulatannya dalam bidang Hukum Laut.

Setelah kemerdekaan Indonesia, batas laut wilayah Indonesia saat itu mengacu pada peraturan warisan kolonial yang disebut dengan Ordonantie 1939.

Dalam peraturan tersebut ditentukan bahwa jarak teritorial setiap pulau yaitu 3 mil dari garis pantai.

Karena hal tersebut, pulau-pulau Indonesia terpisah oleh kawasan laut bebas. Hal tersebut sangat dikhawatirkan karena bisa jadi area tersebut bebas dilewati oleh pihak asing sehingga dikhawatirkan bisa berdampak pada kedaulatan serta integrasi nasional.

Dari hal tersebut akhirnya Perdana Menteri Ir. H. Djuanda Kartawidjaja mengambil sebuah langkah tegas yaitu dengan mengeluarkan deklarasi pada tanggal 13 Desember 1957.

Terdapat tiga tujuan dari deklarasi tersebut yaitu pertama untuk membentuk wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang utuh dan bulat.


Kedua untuk mengatur lalu lintas damai pelayaran yang akan menjamin keamanan serta keselamatan.

Sementara tujuan ketiga yaitu untuk menentukan batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sesuai dengan asas negara kepulauan.

Djuanda menyatakan bahwa laut yang berada di wilayah kepulauan Indonesia menjadi kedaulatan NKRI.
Berikut isi dari Deklarasi Djuanda:

“Bahwa segala perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau yang termasuk dalam daratan Republik Indonesia, dengan tidak memandang luas atau lebarnya, adalah bagian yang wajar dari wilayah daratan negara Republik Indonesia dan dengan demikian merupakan bagian dari perairan pedalaman atau perairan nasional yang berada di bawah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Moment Ditetapkannya 13 Desember, Hari Nusantara

Peringatan Hari Nusantara pertama kali digagas oleh Presiden ke-4 yaitu Abdurrahman Wahid pada tahun 1999.

Namun hari peringatan tersebut baru ditetapkan dan diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Megawati.

Deklarasi Djuanda ini tentu saja memiliki makna yang sangat penting yaitu pentingnya kesatuan wilayah menempati tempat yang signifikan dalam sejarah bangsa.

Hal ini juga dilengkapi oleh gagasan persatuan Indonesia yang didahului oleh Sumpah Pemuda di tahun 1928 lalu Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Peringatan Hari Nusantara ini memiliki 4 tujuan, yaitu:
  1. Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional.
  2. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang bisa mengelola potensi SDA laut untuk kesejahteraan masyarakat serta disegani dunia.
  3. Merubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup serta ruang juang dari matra darat menjadi matra laut bahwa keduanya berimbang.
  4. Menghasilkan model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar serta atau terpencil.
Nah itulah sekilas tentang sejarah 13 Desember, Hari Nusantara.

Melalui hari peringatan ini tentu saja kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam sehingga wajib kita lestarikan agar anak cucu kita bisa merasakannya.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Nusantara 13 Desember diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaa dan Selamat Hari Nusantara!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari nusantara 2021
  • tema hari nusantara tahun 2021
  • hari nusantara 2021 logo
  • quotes ucapan selamat hari nusantara indonesia
  • peringatan hari nusantara
  • apa itu hari nusantara

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja