Sejarah Hari Penyandang Cacat Internasional 3 Desember

Sejarah Hari Penyandang Cacat Internasional 3 Desember

Inilah Sejarah 3 Desember, Hari Penyandang Cacat Internasional

Hari Penyandang Cacat Internasional atau dikenal juga dengan Hari Disabilitas Internasional jatuh pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Hari peringatan ini memang telah diperingati secara Internasional sebagai salah satu bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemahaman terhadap penyandang cacat atau disabilitas.

Berikut Sejarah Hari Penyandang Cacat Internasional 3 Desember Yang Sebaiknya Diketahui

Peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional diproklamasikan pada tahun 1992 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hari peringatan ini diperingati untuk memperjuangkan hak-hak serta kesejahteraan para penyandang cacat atau disabilitas di semua bidang juga pembangunan.

Hari peringatan ini dibuat untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap situasi para difabel dalam setiap aspek kehidupan baik itu sosial, budaya, ekonomi bahkan politik.

Pada tahun 1970, Inggris mengesahkan Undang-Undang Orang Sakit Kronis dan Penyandang Cacat atau Disabilitas.

Undang-Undang tersebut memuat beberapa hal yang salah satunya yaitu hak-hak untuk para disabilitas.

Hak-hak tersebut mulai dari penyediaan bantuan kesejahteraan, hak perumahan serta hak yang sama atas pendidikan dan fasilitas rekreasi.

Pada tahun 1983 sampai dengan tahun 1993, The United Nations Decade of Disabled Person digelar.

Tujuannya agar seluruh elemen pemerintah serta organisasi global bisa mengambil langkah untuk dapat meningkatkan aspek kehidupan pada difabel di seluruh dunia.

Setelah melalui berbagai proses panjang akhirnya pada tanggal 14 Oktober 1992, Hari Penyandang Cacat Internasional atau Hari Disabilitas Internasional ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dengan memilih tanggal 3 Desember sebagai hari peringatannya.

Penetapan tersebut ditujukan untuk memobilisasi dukungan terhadap isu-isu kritis yang berkaitan dengan penyandang cacat/disabilitas.

Peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional tidak buat untuk para penyandang saja. Perserikatan Bangsa-Bangsa sangat berharap dengan adanya peringatan ini semua masyarakat bisa berpartisipasi.

Banyak sekali negara yang memperingati peringatan ini salah satunya seperti Indonesia. Ya, Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak pernah sekalipun absen dalam memperingati Hari Penyandang Cacat Internasional.

Hal tersebut dibuktikan dimana setiap tahunnya banyak sekali berbagai rangkaian acara dengan tema yang berbeda-beda.

Peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional

Peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember memang banyak diisi dengan berbagai kegiatan yang memotivasi para penyandang cacat/disabilitas.

Tentu tidak hanya itu saja, terdapat beberapa kegiatan lainnya seperti penyuluhan seputar kehidupan sosial, politik, ekonomi serta budaya bagi para penyandang disabilitas.


Tidak bisa dipungkiri bahwa kerap kali penyandang cacat atau disabilitas selalu dipandang sebelah mata bahkan tidak mendapatkan tempat yang sama di tengah masyarakat.

Dengan adanya peringatan hari tersebut tentu saja diharapkan masyarakat dunia dapat meningkatkan kesejahteraan para penyandang cacat agar mendapatkan tempat yang sama.

Di lain sisi, Hari Penyandang Cacat Internasional juga menjadi momen untuk mengembangkan potensi serta bakat yang ada dalam diri para penyandang difabel.

Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini dimana para penyandang cacat atau disabilitas menjadi populasi yang paling rentan karena banyak hambatan kesehatan.

Nah itulah sekilas tentang sejarah 3 Desember, Hari Penyandang Cacat internasional. Menurut data, sekitar 15% populasi manusia didunia menyandang cacat.

Hal tersebut mencakup sekitar 93 juta anak-anak serta 720 juta orang dewasa.

Hal tersebut tentu saja harus menjadi perhatian dunia sehingga inilah yang menjadi salah satu alasan lain mengapa penting memperingati Hari Penyandang Cacat Internasional.

Pencarian yang paling banyak dicari

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja