Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari

Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari

Beginilah Sejarah 21 Februari, Hari Bahasa Ibu Internasional

Berbicara tentang Bahasa Ibu tentu saja tidak asing lagi untuk kita dengar. Namun apakah anda pernah merayakan Hari Bahasa Ibu Internasional?

Nah, Hari Bahasa Ibu Internasional ini diperingati setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya.

Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan hari yang diresmikan oleh PBB pada Sidang Umum ke 30 yang diadakan pada tahun 1990.


Hari peringatan ini merupakan moment untuk memperingati keberagaman budaya serta bahasa yang dimiliki setiap golongan masyarakat di dunia.

Namun bagaimana sejarah 21 Februari, Hari Bahasa Ibu Internasional? Simak berikut ulasannya!

Berikut Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari

Awal kemunculannya, hari peringatan ini berawal dari budaya Bangladesh yang memperjuangkan penggunaan bahasa Bengal di wilayahnya.

Penggunaan bahas tersebut sebenarnya sudah cukup lama digunakan di wilayah Bengal Timur yang kini menjadi Bangladesh.

Saat Pakistan dibentuk pada tahun 1947, negara tersebut memiliki dua wilayah geografis yang terpisah yaitu Pakistan Timur atau Bangladesh dan Pakistan Barat atau Pakistan.

Kedua bagian wilayah geografis tersebut sangat berbeda satu sama lain dalam peringatan budaya, bahasa dan lainnya. Tak hanya itu saja kedua wilayah ini juga dipisahkan oleh India.

Pada tahun 1948, Pemerintah Pakistan mendeklarasikan Bahasa Urdu sebagai satu-satunya Bahasa Nasional Pakistan walaupun Bahasa Bengali telah digunakan oleh mayoritas orang yang menggabungkan Pakistan Timur dan Barat.

Atas keputusan tersebut, rakyat Pakistan Timur memproses hal tersebut karena mayoritas penduduknya berasal dari Pakistan Timur dan bahasa Ibu mereka adalah bahasa Bangla.

Orang Bangladesh ketika itu menuntut bahasa Bengali menjadi salah satu bahasa Nasional selain bahasa Urdu.

Permintaan tersebut pertama kali diajukan di Dhirendra Nath Datta dari Pakistan Timur pada 23 Februari 1948 di Majelis Konstituante Pakistan.


Untuk membubarkan aksi protes tersebut Pemerintah melarang pertemuan publik dan unjuk rasa.

Akhirnya pertikaian tersebut terjadi pada tanggal 21 Februari 1945. Atas dukungan masyarakat umum, akhirnya Mahasiswa Universitas Dhaka melakukan demonstrasi.

Para aparat kepolisian menembaki demonstran yang melakukan protes. Beberapa nama besar telah gugur pada peristiwa tersebut diantaranya seperti Barkat, Rafiq, Shafiur Salam dan Jabbar.

Namun walaupun banyak yang telah gugur, perjuangan tersebut mendapatkan hasil dimana bahasa Bangal sebagai salah satu bahasa resmi di Bangladesh pada tahun 1956.

Hal tersebut merupakan kejadian langka dalam sejarah dimana orang-orang rela berkorban nyawa demi memperjuangkan bahasa ibu.

Setahun setelah protes tersebut akhirnya rakyat Bengal Timur merayakan Hari Peringatan Bahasa tersebut.

Barulah pada tahun 1971, Bangladesh memerdekakan diri serta memisahkan diri dari wilayah Pakistan.

Wacana Internasional perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional tercetus sejak tahun 1998 oleh Rafiqul Islam yang merupakan warga Bangladesh yang hidup di Kanada.

Perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional diselenggarakan untuk mempromosikan multibahasa.

Seperti yang kita ketahui jika ada banyak sekali ragam bahasa dari berbagai negara yang menjadi ciri khas dari negara tersebut.

Ide untuk merayakan Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan inisiatif dari Bangladesh yang disetujui pada Konferensi Umum UNESCO dimana pertama kali diperingati pada tahun 2000.


Selain sebagai salah satu moment untuk memperingati keberagaman bahasa dan budaya, peringatan ini juga sebagai salah satu penghormatan terhadap Gerakan Bahasa yang dilakukan oleh orang Bangladesh.

Melalui Hari Bahasa Ibu Internasional ini diharapkan perbedaan bahasa dan budaya dapat menumbuhkan toleransi serta rasa hormat antar sesama manusia.

Itulah sekilas tentang sejarah 21 Februari, Hari Bahasa Ibu Internasional.

Peringatan ini diperingati dengan tema yang berbeda-beda, misalnya di tahun 2021 dimana Hari Bahasa Ibu Internasional mengusung tema “Membina Multibahasa Untuk Inklusi Dalam Pendidikan Dan Masyarakat”.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua.


Semoga bermanfaat dan selamat memperingati hari bahasa ibu!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari bahasa ibu internasional ditetapkan oleh unesco pada tanggal 21 februari
  • hari bahasa ibu internasional 2022
  • tema hari bahasa ibu sedunia tahun 2022
  • hari bahasa ibu jatuh pada tanggal 21 februari
  • pencetus hari bahasa ibu internasional
  • sejarah hari bahasa ibu internasional
  • quotes ucapan selamat hari bahasa ibu sedunia
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting