Sejarah Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember

Sejarah Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember

Inilah Sejarah 5 Desember, Hari Armada Republik Indonesia Yang Sebaiknya Diketahui!

Tahukah anda? Setiap tanggal 5 Desember selalu diperingati sebagai Hari Armada Republik Indonesia.
 Peringatan ini sudah pasti selalu diperingati oleh berbagai instansi.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 5 Desember, Hari Armada Republik Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Sejarah Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Sejarah Hari Armada Republik Indonesia berasal dari periode perang kemerdekaan.

Ketika itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu serta perahu yang dilengkapi dengan persenjataan yang sederhana.

Dalam masa penugasan untuk mempertahankan kemerdekaan Armada Republik Indonesia telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut.

Hal tersebut menjadi salah satu keberhasilan Armada Republik Indonesia dalam sebuah misi penerobosan blokade laut Belanda.

Tak hanya itu saja, ekspedisi lintas laut juga telah sukses dilakukan dalam rangka pengiriman para pejuang kemerdekaan untuk mengobarkan semangat juang di berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

Seiring berjalannya waktu, sejak pengakuan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Armada Republik Indonesia secara perlahan mulai menambah kekuatannya.


Penambahannya tersebut salah satunya yaitu menerima penyerahan kapal dari Sekutu serta pengadaan dari negara-negara lain.

Dengan adanya kekuatan tersebut maka Armada Republik Indonesia telah berperan penting dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air.

Beberapa pemberontakan yang berhasil ditumpas yaitu pemberontakan Andi Azis, DI/TII, PRRI Permesta dan RMS.

Karena perannya yang sangat penting ini maka kekuatan laut sebagai Armada Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Kasal Nomor A4/2/10 tanggal 14 September 1959, dikukuhkan menjadi Komando Armada Republik Indonesia diresmikan pada tanggal 5 Desember 1959.

Setelah penetapannya, akhirnya setiap tanggal 5 Desember selalu diperingati sebagai Hari Armada Republik Indonesia.

Namun sejalan dengan semakin kompleksnya permasalahan yang terjadi di laut, para pemimpin memandang perlu untuk membagi dua Armada.

Berikutnya berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRI Nomor 171/II/1985 pada tanggal 30 Maret 1985, Armada RI Republik Indonesia resmi dibagi menjadi dua kawasan.

Dua kawasan kerja tersebut yaitu Armada Republik Indonesia Kawasan Timur dan Armada Republik Indonesia Kawasan Barat.

Pembagian wilayah kerja ini juga dilakukan secara bertahap sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan tugas semua wilayah kerja.

Peristiwa Besar Yang Terjadi Di Tanggal 5 Desember

Selain diperingati Hari Armada Republik Indonesia, di tanggal 5 Desember juga ternyata terdapat beberapa hari penting yang pastinya perlu anda ketahui juga.

Beberapa peristiwa penting tersebut yaitu lahirnya Walt Disney, Peristiwa lima pesawat pengebom milik Angkatan Laut Amerika Serikat Hilang, Peristiwa Sinterklas Hitam hingga peristiwa berdirinya Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Semua peristiwa di atas tentu saja merupakan peristiwa penting untuk beberapa negara bahkan seluruh dunia.


Nah itulah sekilas tentang peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 5 Desember dan sekilas tentang sejarah Hari Armada Republik Indonesia.

Dari sejarah Hari Armada Republik Indonesia diatas tentu sedikit banyaknya anda sudah tahu betul bagaimana peran Armada RI dalam menjaga kedaulatan dan perdamaian NKRI.

Peringatan ini juga menjadi salah satu moment untuk mengenang para pahlawan-pahlawan yang telah gugur ketika menjalankan tugasnya.

Semoga informasi Sejarah Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Armada Republik Indonesia, 5 Desember!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari armada republik indonesia 2021
  • tema peringatan hari armada tahun 2021
  • logo hari armada indonesia
  • sejarah hari armada republik indonesia
  • quotes ucapan selamat hari armada RI
  • banner selamat hari armada tahun 2021
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting