Sejarah Hari Diabetes Sedunia 14 November

Sejarah Hari Diabetes Sedunia 14 November

Makna, Arti Dan Sejarah 14 November, Hari Diabetes Sedunia Yang Sebaiknya Diketahui!

Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya.

Hari peringatan tersebut tentu saja bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayanya penyakit diabetes.

Lalu, bagaimana sebenarnya makna, arti dan sejarah 14 November, Hari Diabetes Sedunia? Simak ulasannya berikut ini!

Makna, Arti Dan Sejarah Hari Diabetes Sedunia 14 November

Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November diambil dari tanggal kelahiran salah satu penemu insulin yang menjadi penawar dari penyakit satu ini.

Orang tersebut yaitu Frederick Banting. Ya, insulin pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh Frederick Banting bersama dengan 2 orang kawannya yaitu Charles Best dan John Rickard Macleod.

Hari Diabetes Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1991 oleh Indonesia Development Forum (IDF) serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ditetapkannya Hari Diabetes Sedunia ini yaitu sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang diakibatkan oleh penyakit diabetes.

Karena hal tersebut maka secara resmi Hari Diabetes Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2006 bersamaan dengan disahkannya Resolusi PBB 61/225.

Hari Diabetes Sedunia ini dikampanyekan dengan tujuan sebagai platform untuk mengkampanyekan upaya IDF dalam meningkatkan kesadaran atas bahaya Diabetes.

Lihat juga: Sejarah Hari Toleransi Internasional 16 November

Selain itu untuk mendorong semua negara untuk mengedukasikan terhadap bahayanya penyakit diabetes yang merupakan masalah kesehatan global yang kritis.

Peringatan Hari Diabetes Sedunia memiliki sebuah logo atau lambang sendiri dimana logonya yaitu berbentuk “Lingkaran Biru”.

Logo ini tentu saja memiliki makna sebagai simbol global untuk kesadaran diabetes yang menandakan persatuan komunitas diabetes global untuk menanggapi epidemi diabetes.

Mengenal Penyakit Diabetes Dan Gejalanya!

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Gula darah yang menumpuk dalam darah akibat tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik bisa menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Jika diabetes tidak bisa dikontrol dengan baik maka bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang pastinya akan membahayakan nyawa.

Secara umum, diabetes dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem imun tubuh menyerang, lalu menghancurkan sel pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes tipe 1 ini juga dikenal dengan diabetes autoimun.

Sementara diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang sering terjadi. Diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

Akibatnya insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik.

Diabetes tipe 1 berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu bahkan hanya beberapa hari saja.

Sedangkan diabetes tipe 2 kurang disadari oleh penderita. Namun walaupun demikian, terdapat beberapa gejala yang akan dirasakan oleh penderita yaitu:

Gejala Penderiata Diabetes Tipe 2

  1. Sering merasa haus.
  2. Turunnya berat badan secara drastis.
  3. Sering buang air kecil terutama pada malam hari.
  4. Berkurangnya massa otot.
  5. Sering merasa lapar.
  6. Pandangan menjadi kabur.
  7. Sering mengalami infeksi seperti pada gusi, vagina atau saluran kemih.
  8. Terdapat keton dalam urine.

Nah itulah sekilas tentang diabetes dan gejala-gejalanya. Selain hal itu, terdapat faktor resiko yang menyebabkan seseorang mudah menderita penyakit diabetes.

Lihat juga: Sejarah Hari Buku Nasional

Faktor resiko tersebut seperti faktor genetik, infeksi virus, kelebihan berat badan, kurang aktif, usia, penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Diabetes Sedunia 14 November diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Diabetes Sedunia 14 November! Semoga kita selalu diberikan kesehatan.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari diabetes sedunia 2022
  • sejarah hari diabetes sedunia pertama
  • tema hari diabetes sedunia 2021
  • logo hari diabetes sedunia 2021
  • ucapan hari diabetes sedunia
  • caption hari diabetes
  • acara hari diabetes sedunia

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional