Sejarah Hari Pangan Sedunia 16 Oktober

Sejarah Hari Pangan Sedunia 16 Oktober

16 Oktober, Hari Pangan Sedunia: Sejarah Asal Usul Peringatannya! 

Tahukah Anda? Setiap tanggal 16 Oktober, dunia kembali memperingati hari penting yaitu Hari Pangan Sedunia

Mendengar tentang hari peringatan ini pasti sebagian dari Anda mulai berpikir tentang makanan-makanan yang bisa dikonsumsi. 

Namun sebenarnya hari peringatan ini merupakan sebuah aksi melawan kelaparan. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah asal usul peringatan hari tersebut? 

Simak berikut sejarah 16 Oktober, Hari Pangan Sedunia. 

Berikut Sejarah Asal Usul Hari Pangan Sedunia 16 Oktober

Hari Pangan Sedunia adalah salah satu perayaan tahunan untuk menghormati tanggal berdirinya sebuah Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) yang dicanangkan oleh PBB pada tahun 1945. 

Hari peringatan tersebut dirayakan secara meluas dengan antusias oleh berbagai organisasi lain yang peduli terhadap ketahanan pangan seperti International Fund Of Agricultural Development dan World Food Program

Sejarah Hari Pangan Sedunia berawal dari konferensi FAO pada tanggal 20 November 1976 di Roma yang telah dicetuskan dalam resolusi Nomor 179 tentang World Food Day

Resolusi ini langsung disepakati oleh 147 negara oleh anggota FAO termasuk salah satunya Indonesia. 

Dari kesepakatan tersebut maka pada tahun 1981 seluruh anggota FAO menetapkan tanggal 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia. 

Tujuan dari Hari Pangan Sedunia ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran serta perhatian masyarakat dunia akan pentingnya penanganan masalah pangan baik itu di tingkat global, regional maupun nasional. 

Perayaan ini diselenggarakan setiap tahunnya dan diikuti oleh 150 negara yang fokus pada kampanye untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan. 


Dengan adanya peringatan tersebut, FAO percaya jika negara-negara akan mampu mengantisipasi serta mengurangi kemungkinan gangguan yang bisa menjadi pemicu kemiskinan dan kelaparan. 

Dalam mewujudkan mimpi-mimpi untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan FAO bekerjasama dengan WHO, IFAD, OIE, WFP dan mitra lainnya untuk memanfaatkan jaringan yang lebih luas agar bisa meningkatkan produksi pangan yang lebih baik lagi. 

Fakta Yang Bisa Membuat Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober Layak Diperingati

Terlepas dari sejarah 16 Oktober, Hari Pangan Sedunia tentu saja terdapat fakta-fakta tentang peringatan hari ini sehingga layak untuk diperingati. Berikut ini fakta-faktanya: 
  • Makanan yang diproduksi di seluruh negara dunia cukup untuk memberikan makan seluruh penduduk. Namun sekitar 820 juta orang di bumi ini pergi tidur dengan perut lapar setiap malamnya. 
  • Yang lebih rentan terhadap kerawanan pangan yaitu nelayan, petani kecil serta penggembala, padahal mereka telah menghasilkan 70% dari pasokan pangan secara global. 
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan sekitar 489 juta dari 815 juta orang kekurangan gizi serta 122 juta dari 155 juta yaitu anak yang mengalami stunting pada tahun 2018. Mayoritas orang-orang tersebut berasal dari negara-negara yang terkena dampak konflik misalnya seperti perang saudara. 
  • Anak yang berusia dibawah 5 tahun di seluruh dunia mengalami malnutrisi akut parah dimana jumlahnya diperkirakan sebanyak 17 juta anak. Namun hanya 20% dari jumlah tersebut yang mempunyai akses perawatan yang bisa menyelamatkan hidup mereka. 
  • Kelaparan serta kemiskinan hingga saat ini terjadi di antara penduduk pedesaan. 
Nah itulah fakta yang bisa membuat Hari Pangan Sedunia layak untuk diperingati. 

Melalui hari peringatan ini diharapkan kelaparan dan kemiskinan dunia dapat teratasi dengan baik. 

Terlebih lagi di tahun 2021 saja yang kita tahu hampir seluruh negara sedang menghadapi pandemi global COVID-19 yang masih belum menemukan titik terang. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Pangan Sedunia 16 Oktober diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Pangan Sedunia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari pangan sedunia 2021
  • peringatan hari pangan sedunia
  • tema pelaksanaan hari pangan sedunia
  • ucapan hari pangan sedunia
  • poster hari pangan sedunia
  • caption quotes hari peringatan sedunia 2021
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com