Sejarah Hari Tani Nasional 24 September

Sejarah Hari Tani Nasional 24 September

Inilah Sekilas Tentang Sejarah 24 September, Hari Tani Nasional

Hari Tani Nasional selalu diperingati setiap tanggal  24 September setiap tahunnya.

Di tanggal tersebut, masyarakat Indonesia sudah pasti memperingati hari tersebut dengan penuh suka cita.

Seperti yang kita ketahui bahwa hasil pertanian di Indonesia secara tidak langsung berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan banyak hal lainnya.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Bijak Tentang Hari Tani Nasional

Memperingati Hari Tani Nasional ini tentu saja menjadi bagian yang sangat penting sebagai wujud rasa terimakasih kita terhadap para petani Indonesia.

Sejarah Penetapan 24 September, Hari Tani Nasional

Dikutip dari laman resmi Serikat Petani Indonesia (SPI), Hari Tani Nasional ditetapkan pada tanggal 24 September sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 169 Tahun 1963.

Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan tanggal dimana UU Nomor 5 Tahun tentang pokok-pokok Agraria (UUPA) yang mengamanatkan pelaksanaan reforma Agraria.

UUPA merupakan salah satu hal yang sangat bersejarah untuk Indonesia. Hal ini tentu dikarenakan UUPA melalui proses yang cukup panjang dimana memakan waktu hingga 12 tahun lamanya.

Bisa dikatakan bahwa UUPA 1960 ini merupakan salah satu spirit serta dasar dalam upaya perombakan struktur Agraria Indonesia.

Yang mana hal tersebut sangat timpang serta sarat akan kepentingan sebagian golongan, akibat warisan dari kolonialisme di masa lalu.

Lihat juga: Sejarah Hari Bahasa Eropa 26 September

Usai merdeka dari sekutu Belanda, Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk merumuskan Undang-Undang Agraria baru untuk mengganti UU Agraria pada masa kolonial.

Penyelenggara Negara yang memperjuangkan hal tersebut kemudian membentuk panitia Agraria Yogya pada tahun 1948, di mana Ibu Kota Republik Indonesia pada saat itu masih berkedudukan di Yogyakarta.

Seiring dengan berjalannya waktu, tepatnya 12 tahun setelah Panitia Agraria Yogya tersebut terbentuk, program yang direncanakan ternyata banyak mengalami dinamika, termasuk adanya gejolak politik.

Pada tahun 1951, Panitia Agraria Yogya berubah menjadi panitia Agraria Jakarta. Dimana ibu kota Republik Indonesia sudah kembali ke Jakarta.

Namanya juga terus mengalami perubahan hingga akhirnya menjadi Rancangan Sadjarwo pada tahun 1960.

Tepat pada tahun 1960, UU Pokok Agraria diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPR-GR) dibawah pimpinan Hj. Zainul Arifin.

UUPA mengandung dua makna besar bagi masyarakat Indonesia, karena sebagai perwujudan amanat Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 yang menyatakan bahwa “Bumi dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai  negara dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

Baca Juga: Sejarah Hari Krida Pertanian 21 Juni

Tak hanya itu saja UPPA juga memiliki makna untuk menjungkirbalikan hukum agraria kolonial, serta penemuan hukum Agraria Nasional yang bersendikan realitas susunan kehidupan rakyat.

Secara garis besar, apa yang tersirat dari tujuan UUPA hakikatnya merupakan bentuk kesadaran serta jawaban bangsa Indonesia atas keserakahan serta kekejaman hukum Agraria Kolonial.

Hukum Agraria Kolonial ini tertuang dalam Agrarische Wet 1870, menjamin Hak Erfpacht hingga selama 75 tahun dan menjamin pemegang hak untuk menggunakan hak Eigendom dan memberi peluang kepada mereka untuk menggunakan tanahnya sebagai agunan kredit.

Agraria Dalam Pemerintahan Era Joko Widodo Singkat

Dalam perkembangannya, pada tahun 2018. Presiden Joko Widodo menerbitkan Perpres Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria yang ditandatangani pada 24 September 2018, yang merupakan salah satu wujud komitmen politik pemerintah yang digaungkan sejak 2014.

Peraturan Presiden tersebut dimaksudkan untuk mengatasi sumbatan-sumbatan dalam pelaksanaan redistribusi tanah, legalisasi, dan sertifikasi tanah obyek reforma Agraria, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Kalender Bali September 2023 Lengkap

Nah itulah sekilas tentang sejarah penetapan 24 September Hari Tani Nasional. Dari ulasan diatas sedikit banyaknya tentu kita telah mengetahui bagaimana sejarah dari Hari Tani ini. Jadi, Selamat Hari Tani Nasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • tema hari tani nasional 2022
  • sejarah hari tani nasional
  • selamat hari tani nasional
  • kapan hari tani nasional
  • gambar hari tani nasional
  • twibbon hari tani nasional
  • penetapan 24 september sebagai hari tani nasional

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja