Sejarah Hari Perhubungan Nasional 17 September


Sejarah Hari Perhubungan Nasional 17 September

Sejarah 17 September, Hari Perhubungan Nasional

Setiap tanggal 17 September, semua insan perhubungan di seluruh Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang dikenal dengan Harbunas.

Namun walaupun merupakan hari penting, tidak sedikit orang yang belum tahu mengenai sejarah Hari Perhubungan Nasional ini sehingga pada ulasan berikut kita akan membahas sejarah 17 September, Hari Perhubungan Nasional.

Berikut Sejarah Hari Perhubungan Nasional 17 September

Awal mulanya, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada sektor Perhubungan memiliki hari jadi atau hari bakti masing-masing dimana waktunya sendiri relatif berdekatan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Perhubungan Nasional

Hal tersebut seringkali menyebabkan tidak efisien baik itu dari segi waktu maupun biaya.

Sampai akhirnya pada tahun 1971, melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 berisi tentang Hari Perhubungan Nasional, hari bakti ataupun hari jadi setiap BUMN sektor Perhubungan disatukan menjadi Harbunas yang diperingati setiap tanggal 17 September.

Keputusan tersebut tentu saja diambil atas pertimbangan mengenai perlu adanya penyederhanaan pelaksanaan hari jadi di lingkungan perhubungan serta pelaksanaan peringatan semua unsur perhubungan (transportasi dan komunikasi) yang diintegrasikan.

Pada tanggal 20 September 1971, beberapa media memberitakan, sasaran pemerintah dalam operasi perhubungan yang disampaikan oleh Frans Seda, dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional pertama adalah perhubungan diharapkan mampu memenuhi lima kriteria yaitu murah, aman, cepat, tepat waktu, dan nyaman.

Pada saat itu suasana peringatan Hari Perhubungan Nasional masih terkait program lalu lintas di Jawa Timur yang diresmikan dalam waktu yang cukup berdekatan.

Lihat juga: Sejarah Hari Palang Merah Indonesia 17 September

Beberapa diantaranya seperti pada tanggal 22 September 1971 dimana kapal dari Ketapang serta Gilimanuk yang bermula hanya 10 jam sehari ditingkatkan pelayanannya menjadi non stop atau 24 jam.

Peningkatan pelayanan tersebut tentu diharapkan bisa lebih melancarkan pengiriman ternak dari Bali ke Jawa serta agar penumpang yang akan melakukan perjalanan dari Jawa ke Bali dan sebaliknya agar calon pengguna jasa tidak kehilangan waktu.

Tak hanya itu saja, program lainnya yaitu pada tanggal 1 September dimana adanya pengangkatan kerangka kapal perang pada masa perang dunia ke-2 yang tenggelam di Selat Madura mulai dilakukan.

Selain itu, tentu terdapat program-program lainnya yang terjadi pada kurun waktu cukup berdekatan.

Tiga Tujuan Peringatan Hari Perhubungan Nasional

Peringatan Hari Perhubungan Nasional ini memiliki tiga tujuan utama yaitu pertama untuk menumbuhkan rasa kebersamaan serta jiwa korsa warga perhubungan dan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.

Kedua meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan meningkatkan pelayanan yang lebih baik.

Yang terakhir yaitu untuk meningkatkan penghayatan serta pengamalan 5 citra manusia perhubungan.

Lihat juga: Sejarah Hari Kereta Api (KA) 28 September

Peringatan Harbunas pada tanggal 17 September ini tentu bukan semata-mata untuk mengenang kelahiran maupun ulang tahun suatu organisasi dalam bidang perhubungan saja.

Melainkan juga menjadi sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang perhubungan yang memberikan inspirasi serta motivasi bagi seluruh bangsa.

Hari Perhubungan Nasional ini menjadi bagian yang sangat penting dari daftar hari penting Nasional dalam mencapai tujuan yang diharapkan, yakni dari empat sektor transportasi Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui menteri perhubungan tersebut yaitu dengan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas serta daya saing sumber daya manusia (SDM) transportasi yang saling bersinergi dalam mewujudkan transportasi yang nyaman, aman, dan selamat di seluruh Indonesia.

Baca juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Oktober 2022

Itulah sekilas mengenai Sejarah 17 September Hari Perhubungan Nasional.

Dari sejarah di atas tentu bisa disimpulkan bahwa Harbunas menjadi momentum penting untuk segenap insan perhubungan agar terus berkarya serta bekerjasama membangun bangsa. Selamat Hari Perhubungan Nasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Tinggalkan komentar


Hari Perhubungan Nasional