Sejarah Hari Perdamaian Sedunia 21 September

Sejarah Hari Perdamaian Sedunia 21 September

Sejarah 21 September, Hari Perdamaian Internasional

Hari Perdamaian Internasional atau World Peace Day, selalu diperingati di seluruh dunia setiap tahunnya pada tanggal 21 September. Walaupun merupakan hari peringatan yang diperingati oleh seluruh negara Internasional. 

Ternyata masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sejarah 21 September tersebut ditetapkan sebagai Hari Perdamaian Internasional.

Berikut Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

Hari Perdamaian Internasional atau World Peace Day diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya. Peringatan ini didedikasikan demi perdamaian dunia serta secara khusus sebagai hari peringatan berakhirnya perang dan kekerasan.

Hari Perdamaian Internasional pertama kali diperingati pada tahun 1982 yang dipertahankan oleh banyak negara, militer, kelompok politik, dan masyarakat. Pada tahun 2013, untuk pertama kalinya hari peringatan tersebut didedikasikan oleh Sekretaris Jenderal PBB.

Lihat juga: Ucapan Selamat Hari Perdamaian Sedunia

Dengan tujuan pendidikan, perdamaian, sebagai sarana pencegahan yang sangat penting untuk mengurangi peperangan yang berkelanjutan.

Tanggal 21 September ditetapkan oleh Majelis PBB melalui Resolusi Nomor 55/282 Tahun 1991 sebagai Hari Perdamaian Internasional. Hari tersebut merupakan kebulatan tekad para pemimpin dunia yang disuarakan sebagai Hari Tanpa Kekerasan dan Gencatan Senjata dan Perdamaian dunia.

Penetapan Hari Perdamaian Dunia merupakan sebuah himbauan serta ajakan bagi semua bangsa dan anggota masyarakat di muka bumi. Untuk menghentikan segala bentuk permusuhan serta konflik.

Demi membuka peringatan tersebut, Lonceng Perdamaian PBB dibunyikan di Markas Besar PBB di Kota New York. Lonceng ini dibuat dari koin-koin yang disumbangkan oleh anak-anak dari seluruh benua selain Afrika.

Sekaligus merupakan hadiah dari Asosiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa Dari Jepang sebagai “Suatu pengingat atas korban manusia akibat peperangan”. Di suatu sisi juga tertulis “Long Live Absolute World Peace” atau Panjang umur perdamaian dunia sepenuhnya.

Pada tahun 1991, suara tentang perdamaian telah dikisahkan dalam cerita legenda Burung Bangau Kertas oleh seorang gadis kecil Jepang berusia 2 tahun yaitu Sadako Sasaki.

Gadis kecil ini meninggal akibat radiasi bom atom Amerika Serikat serta sekutu yang meluluhlantakkan Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945.

Lihat juga: Sejarah Hari Alzheimer Sedunia 21 September

Kisah gadis kecil tersebut menyerukan perdamaian lewat 1.000 Burung Bangau Kertas yang dilipatnya bersama dengan teman-temannya pada bulan November 1954-1955. Ketika ia dirawat di rumah sakit karena diagnosa penyakit Leukemia akibat radiasi bom.

Melalui 1.000 Burung Kertas Bangau tersebut gadis ini menyampaikan suatu hal besar kepada dunia yaitu “Kore wa bokura no sakebi desu. Kore wa watashitachi no inori desu. Sekai ni heiwa o kizuku tame no”.

Yang artinya “Ini adalah seruan kami. Ini adalah doa kami. Untuk membangun kedamaian di dunia”. Sadako Sasaki meninggal dunia pagi hari pada tanggal 25 Oktober 1955 di umurnya yang menginjak 12 tahun. Sadako Sasaki dikuburkan bersama 1.000 Burung Bangau kertas.

Cerita kuno tersebut memang tidak begitu populer, hanya saja memiliki makna yang sangat besar bagi perdamaian dunia. Itulah sebabnya mengapa Patung Sadako didirikan di Taman Perdamaian Seattle, Amerika Serikat. Sadako Sasaki menjadi simbol dari dampak perang nuklir.

Hari Perdamaian Internasional ditujukan untuk mengingatkan semua orang di dunia. Agar berkomitmen pada Perdamaian atas semua perbedaan, dan untuk kontribusi dalam membangun Budaya Perdamaian.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Ucapan Tentang Hari Perdamaian Internasional

Hari Perdamaian Internasional adalah hari untuk merayakan kekuatan solidaritas global demi membangun dunia yang damai dan berkelanjutan.

Setiap tahunnya, Hari Perdamaian Internasional selalu diperingati oleh berbagai negara termasuk di Indonesia. Misalnya saja untuk perayaan tahun 2020 kemarin, dimana tema yang dipilih yaitu menyoroti begitu pentingnya memerangi perubahan iklim.

Sebagai cara untuk melindungi serta mempromosikan perdamaian seluruh dunia. Itulah sekilas tentang sejarah 21 September, Hari Perdamaian Internasional.

Mudah-mudahan dengan informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari perdamaian sedunia diperingati setiap tanggal 21 september
  • hari perdamaian pbb
  • hari perdamaian dunia tanggal 1 januari
  • sejarah hari perdamaian internasional
  • tema hari perdamaian 2021

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina