4 Kekurangan Menikah di Usia Muda

4 Kekurangan Menikah di Usia Muda

Ini Dia 4 Kekurangan Menikah Muda

Memiliki pasangan di usia muda sudah pasti menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang, sehingga tidak heran jika fenomena menikah muda seolah menjadi trend belakangan ini. 

Padahal sebelum kamu memutuskan untuk menikah, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Selain menikah adalah hal yang sangat sakral, menikah juga berarti kamu akan menghabiskan sisa hidupmu dengan seseorang yang kamu pilih. 

Itulah mengapa menikah butuh pertimbangan yang serius, jangan sampai hubungan yang seharusnya sakral menjadi berantakan dan berujung perpisahan. Tentu kita tidak menginginkannya bukan? 

Sebab menilik pada usia yang terbilang masih muda, biasanya pengendalian emosi pun cenderung belum stabil dan konsisten.  Dibalik kesenangan menikah usia muda terdapat kekurangan yang perlu kamu atasi. 

Berikut adalah kekurangan menikah muda yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Sulit Menyesuaikan Diri

Setelah menikah maka kehidupanmu akan berubah menjadi jauh lebih kompleks. Selain memiliki peran baru, kamu juga akan dihadapkan dengan tanggung jawab yang lebih besar ketimbang saat masih sendiri dulu. 

Itulah mengapa butuh kesiapan yang matang sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah muda. Bukan hanya kebiasaan saja yang akan berubah, tapi pemikiranmu juga dituntut untuk menjadi lebih dewasa.


Jika dulu kamu terbiasa hidup sendiri tanpa dipusingkan dengan hal-hal remeh, seperti gas habis atau lantai kotor yang bisa dibersihkan nanti-nanti, maka ketika menikah kamu memiliki pasangan yang harus dipikirkan juga kenyamanannya. 

2. Tidak Sebebas Dulu

Pada usia 20-an biasanya seseorang sedang sangat produktif dan aktif mengeksplor banyak hal. Jika kamu memutuskan untuk menikah di usia muda, maka niatmu untuk mengekplor banyak hal pun menjadi lebih terbatas. 

Sebab ketika sudah menikah bisa jadi kamu harus izin terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu hal. Misal kamu ingin pergi mendaki gunung, jika saat lajang kamu bisa langsung tancap gas tanpa harus berpikir panjang dan cukup minta ijin orang tua. 

Beda halnya jika sudah menikah. Kamu harus memikirkan persetujuan pasanganmu, belum lagi jika pasanganmu tidak setuju karena khawatir dan lain sebagainya. Maka jika tidak mau egomu dibatasi, pikirkan lagi sebelum menikah muda.

3. Kurangnya Me Time

Jika sebelumnya kamu bisa melakukan me time dengan bebas tanpa ada halangan. Seperti misalnya rebahan sambil menonton film kesukaanmu sepanjang weekend. Atau pergi sejak pagi dan pulang ketika malam. 

Maka ketika sudah menikah kamu tidak bisa melakukannya seperti dulu lagi. Waktumu akan tersita dengan urusan rumah tangga sekaligus pasanganmu yang bisa jadi tidak peka jika kamu ingin memanjakan diri. 

Apalagi jika pernikahanmu langsung dikaruniai anak, maka kamu harus siap dengan konsekuensi bahwa waktumu akan terkuras habis untuk kepentingan keluarga.

4. Belum Siap Menghadapi Masalah Besar

Usia yang muda juga berarti bahwa pengalamanmu belum terlalu banyak dan luas. Bisa jadi karena melihat pasangan lain yang terlihat adem ayem kamu pun berpikir bahwa tidak ada masalah di antara mereka. 

Atau melihat orangtuamu yang selama ini rukun dan hangat kamu juga merasa bahwa menikah memanglah mudah. Padahal di balik semua itu ada banyak masalah yang harus diselesaikan tanpa harus memperlihatkannya pada orang lain. 

Maka menikah di usia muda juga berarti kamu harus siap dengan segala masalah di dalamnya. Sebab hal ini juga akan berpengaruh pada kedewasaan mentalmu.

Setelah mengetahui kekurangan menikah muda di atas, maka pastikan kamu siap dengan segala konsekuensinya jika ingin tetap menikah muda ya. 

Mudah-mudahan informasi 4 Kekurangan Menikah Muda di atas dapat menambah wawasan kita, dan dapat menjadikannya sebagai referensi untuk kamu yang ingin menikah muda. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • menikah muda menurut islam
  • menikah muda umur berapa sih
  • menikah muda menurut psikologi
  • menikah muda di indonesia
  • alasan menikah muda
  • kelebihan dan kekurangan menikah muda
  • kekurangan nikah muda
  • kelebihan menikah di usia muda
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com