Sejarah Hari Ulang Tahun ASEAN 8 Agustus


Sejarah Hari Ulang Tahun ASEAN 8 Agustus

Sejarah 8 Agustus, Hari Ulang Tahun ASEAN

Setiap tanggal 8 di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Hari Ulang Tahun ASEAN yang dirintis oleh 5 Negara yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura serta Thailand.

Baca Juga: Ucapan Selamat HUT ASEAN Untuk Sosial Media

Setiap tahunnya perayaan tersebut selalu dirayakan dengan tema yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah berdirinya ASEAN? Simak ulasannya berikut ini!

Sejarah 8 Agustus, Hari Ulang Tahun ASEAN Sekaligus Sejarah Berdirinya!

Pendirian ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations dilatarbelakangi adanya tekad kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai, stabil dan sejahtera.

Pembentukkan ASEAN juga dipicu dari adanya pertentangan dua negara adikuasa di dunia setelah Perang Dunia II yaitu Amerika Serikat dengan Uni Soviet.

Kedua negara tersebut terlibat dalam Perang Dingin sejak tahun 1947 yang berlangsung selama berpuluh-puluh tahun setelah itu.

Kawasan Asia Tenggara dijadikan sebagai area persaingan ideologi dua negara adikuasa tersebut dalam masa Perang Dingin yang terjadi. Situasi yang telah dipenuhi oleh persaingan ideologi dan kekuatan militer ini berpotensi akan mengganggu stabilitas serta keamanan negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Oleh sebab itu, diperlukanlah sebuah lembaga yang diharapkan mampu melindungi serta mengayomi dan sekaligus mempersatukan negara-negara di kawasan tersebut.

Sebelum ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara terbentuk, sebenarnya ada beberapa organisasi yang hampir sejenis di bentuk di Asia Tenggara seperti SEATO (Southeast Asia Treaty Organization) pada tahun 1954, ASA (Association of Southeast Asia) pada tahun 1961 serta Malaysia-Philipina-Indonesia (Maphilindo) pada tahun 1963.

Hanya saja ketiga organisasi tersebut ternyata tidak berkembang karena banyak sekali perbedaan kepentingan serta ideologi dari anggotanya.

Negara-negara Asia Tenggara memiliki banyak sekali perbedaan di berbagai sisi termasuk budaya, latar belakang, perekonomian, agama, ideologi dan sebagainya.

Lihat juga: Sejarah Hari Masyarakat dan Adat Internasional 9 Agustus

Seiring dengan tuntutan zaman dan upaya untuk menghindarkan pengaruh dari dua blok besar yang sedang berperang dingin.

Maka beberapa pimpinan dari negara di Asia Tenggara sepakat untuk memadukan perbedaan tersebut dengan membentuk perhimpunan yang diharapkan bisa lebih solid dari upaya yang sebelumnya terjadi.

Tanggal 8 Agustus 1967 Berdirinya ASEAN

Hingga pada akhirnya, duta-duta dari negara Asia Tenggara tersebut berkumpul di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967.

Para duta dari perwakilan setiap negara Asia Tenggara tersebut menandatangani Deklarasi Bangkok sebagai titik awal berdirinya ASEAN yang mengusung misi “One Vision, One Identity, One Community” atau “Satu Visi, Satu Identitas dan Satu Komunitas”.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pertama kali diselenggarakan pada tahun 1976 di Bali.

Dalam KTT pertama ini, ASEAN menyatakan kesiapan untuk mengembangkan hubungan bermanfaat serta kerjasama yang saling menguntungkan antar negara.

Berbagai bentuk kerjasama pun mulai terjalin termasuk dalam bidang ekonomi, politik, kebudayaan, keamanan, pendidikan, teknologi, penanganan bencana alam, ilmu pengetahuan, kesehatan serta lain-lainnya.

Setelah itu munculah usulan penyusunan Piagam ASEAN yang bertujuan untuk mentransformasikan ASEAN dari asosiasi yang longgar menjadi organisasi Internasional dengan dasar hukum serta struktur yang efektif serta efisien.

Usulan tersebut kemudian muncul pada KTT ASEAN ke 11 pada tahun 2005 di Malaysia.

Namun piagam tersebut akhirnya terwujud dalam KTT ASEAN ke 14 di Singapura pada tahun 2007 dan pada tanggal 15 Desember 2008 Piagam ASEAN tersebut diluncurkan di Jakarta.

Pada proses perkembangannya, ASEAN memang pernah merajut kemitraan dengan negara diluar Asia Tenggara terutama untuk negara Asia yang dianggap lebih maju seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

Nah itulah sejarah 8 Agustus Hari Ulang Tahun ASEAN. Pemilihan tanggal tersebut tentu saja bertepatan dengan hari dimana berdirinya ASEAN.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari asean disambut setiap tahun pada tanggal 8 agustus
  • asean hari kemerdekaan
  • tema hari ulang tahun asean 2021
  • ucapan hari asean
  • asean didirikan pada tanggal
  • asean singkatan dari

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia