Sejarah Hari Tanpa TV 23 Juli Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Sejarah Hari Tanpa TV 23 Juli Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Inilah Sejarah 23 Juli, Hari Tanpa Tivi Yang Tidak Banyak Diketahui!

Setiap tanggal 23 Juli, Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Ya, hari dimana anak-anak di seluruh Indonesia bergembira merayakan terpenuhinya hak-hak mereka terhadap tumbuh kembang yang sehat serta bebas dari pengaruh buruk lingkungan. 

Namun tahukah Anda? Ternyata dibalik peringatan Hari Anak Nasional ternyata ada Hari Peringatan Hari Tanpa Tivi yang sama-sama diperingati setiap tanggal 23 Juli. Bagaimana Sebenarnya Hari Tanpa Tivi tersebut? Simak berikut mengenai asal-usulnya!

23 Juli, Hari Tanpa Tivi Demi Selamatkan Anak-Anak Indonesia 

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 23 Juli pada setiap tahunnya, ternyata ada hari peringatan lainnya yang sama-sama penting. Hari peringatan tersebut ialah Hari Tanpa Tivi. Hari Tanpa Televisi ini merupakan sebuah gerakan nasional untuk mengajak keluarga di Indonesia untuk tidak menonton televisi selama satu hari. 

Gerakan ini tentu saja bukan bermakna Anti-TV melainkan sebuah gerakan yang mengajak keluarga Indonesia untuk tidak menonton televisi selama satu hari agar mereka bisa lebih tahu bahwa masih banyak sekali kegiatan lain yang lebih bernilai daripada menonton TV. Tak hanya itu saja, gerakan ini juga diserukan mengingat sejauh ini isi tayangan dari acara televisi kurang sehat dan tidak aman untuk anak-anak. 

Terlebih lagi jumlah waktu menonton TV pada anak yang sudah terlalu tinggi yaitu mencapai 1.600 jam setahun, padahal waktu belajar anak-anak di sekolah hanya 750 jam setahun. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rata-rata anak Indonesia menonton tivi selama 3 hingga 5 jam sehari atau 30 hingga 50 jam seminggu. Umumnya, tayangan yang mereka tonton biasanya merupakan tayangan tidak aman seperti sinetron, infotaiment, reality show dan masih banyak lagi yang jelas bisa menganggu serta merusak masa anak-anak. 

Sejarah Hari Tanpa TV 23 Juli Yang Tidak Banyak Orang Tahu
Usia anak-anak pada dasarnya merupakan usia dimana mereka diharuskan lebih banyak bermain, terutama melibatkan aktivitas fisik serta mengisi waktu yang setidaknya dengan kegiatan yang sesuai dengan dunianya. Namun dengan hadirnya televisi yang umumnya sudah tersedia hampir di semua rumah membuat waktu tersebut terganggu karena kebanyakan anak-anak lebih memutuskan untuk menonton televisi. 

Nah dikarenakan hal tersebut maka Koalisi Nasional Hari Tanpa Tivi mengajak kepada seluruh keluarga untuk mengurangi ketergantungan anak pada media khususnya TV yang menggantinya dengan kegiatan lain. Hari Tanpa Tivi ini diselenggarakan oleh sebuah Koalisi Nasional dimana penetapannya yaitu pada tanggal 23 Juli 2010. 


Alasan penetapan hari tersebut sebagai Hari Tanpa Tivi ini tentu saja bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Mengapa disamakan? Hal ini dikarenakan pada hari tersebut setiap tahunnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan di setiap daerah yang pesertanya yaitu anak-anak dengan bimbingan oleh orang tuanya. 

Nah itulah sekilas tentang asal usul Hari Tanpa Tivi yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Tanpa Tivi juga pastinya sangat penting mengingat saat ini banyak sekali dampak buruk yang terjadi jika anak-anak sudah kecanduan televisi. 

Peringatan 23 Juli, Hari Tanpa Tivi tahun ini mungkin akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Namun walaupun demikian, pastinya ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan walau dirumah. 

Salah satunya seperti mengajak anak Anda untuk bermain di halaman depan rumah, masak-masakan, bernyanyi, berkebun ataupun mengajak anak Anda untuk membantu membersihkan rumah. Semua hal bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Selamat Hari Tanpa Tivi!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari tanpa tv matikan tv selama sehari pemaknaan
  • penceritaan kembali hari tanpa tv bikin acara bersama keluarga
  • sejarah hari tanpa tv indonesia
  • tema hari tanpa tv tahun 2021
  • ucapan selamat hari tanpa tv baru
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com