Sejarah Hari Departemen Luar Negeri Indonesia 19 Agustus

Sejarah Hari Departemen Luar Negeri Indonesia 19 Agustus

Berikut Sejarah 19 Agustus Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali sejarah. Dalam setiap bulannya akan ada hari penting yang menjadi perlu diperingati, misalnya saja di bulan Agustus. 

Selain adanya Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus, terdapat juga hari yang tak kalah penting yakni pada tanggal 19 Agustus yang selalu diperingati sebagai Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

Sejarah Hari Departemen Luar Negeri Indonesia 19 Agustus

Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia atau Kemlu RI merupakan kementrian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi segala urusan luar negari. Setiap tanggal 19 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Departemen Luar Negeri Indonesia. Peringatan tersebut dilakukan untuk mengenang kembali berdirinya sebuah Departemen Luar Negeri pada tanggal tanggal yang sama yaitu 19 Agustus 1945 atau dua hari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. 

Pada awal kemerdekaan yaitu sekitar tahun 1945 sampai 1950, menjadi masa yang menentukan perjuangan penegakan Kemerdekaan Indonesia. Pada masa-masa itu juga karakter politik luar negeri Indonesia mulai terbentuk. 

Tentu tak hanya itu saja, di masa-masa tersebut juga penuh dengan berbagai upaya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia agar diakui oleh masyarakat dunia. Salah satu upaya tersebut yaitu adanya perjanjian Linggarjati dengan Pemerintah Belanda pada bulan Maret tahun 1947. 


Di kutip dari sumber terpercaya, Kementrian Luar Negeri merupakan salah satu diantara 12 Kementrian pertama di Indonesia setelah kemerdekaan. Kementrian Luar Negeri adalah salah satu unsur pelaksana pemerintahan yang mencakup pemerintahan luar negeri yang dipimpin oleh seorang menteri. 

Kementrian Luar Negeri memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan Pemerintahan di bidang politik. Tak hanya itu saja, Kementrian Luar Negeri juga harus melaksanakan hubungan Luar Negeri dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. 

Berikut ini fungsi Departemen Luar Negeri Indonesia: 

  1. Perumusan, penetepan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan hubungan luar negeri serta politik luar negeri. 
  2. Pengelolaan barang atau kekayaan milik negara yang menjadi tanggung jawab Kementrian Luar Negeri serta Perwakilan Republik Indonesia. 
  3. Pengkoordinasian penyelenggaraan hubungan luar negeri serta politik luar negeri pada kementrian atau lembaga sesuai dengan peraturan undang-udangan. 
  4. Perumusan, penyusunan dan pemberian rekomendasi strategi kebijakan di bidang penyelenggaraan hubungan luar negeri dan politik luar negeri. 
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden. 
  6. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberikan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementrian Luar Negeri dan perwakilan Republik Indonesia. 
  7. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementrian Luar Negeri dan perwakilan Republik Indonesia. 
Kementrian Luar Negeri dipimpin oleh seorang Menteri Luar Negeri dijabat oleh Retno Marsudi dan wakilnya dijabat oleh Abdurahman Mohammad Fachir yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2014 bersama dengan pelantikan menteri pada “Kabinet Kerja”. 


Nah itulah sekilas tentang sejarah, 19 Agustus Hari Departemen Luar Negeri Indonesia serta fungsinya. Departemen Luar Negeri Republik Indonesia terdiri dari satu sekretariat Jenderal, tujuh orang Direktorat Jenderal, satu Inspektorat Jenderal, satu Badan Pengkajian, serta Pengembangan Kebijakan dan lima orang staff Ahli Bidang. 

Departemen Luar Negeri diubah menjadi Kementrian Luar Negeri sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2008. Dengan melihat sejarah 19 Agustus, Hari Departemen Luar Negeri Indonesia tentu sedikit banyaknya Anda sudah tahu alasan mengapa harus memperingati hari tersebut. 

Nah itulah Sejarah Hari Departemen Luar Negeri Indonesia. Mudah-mudahan dengan informasi yang kami berikan di atas dapat menambah wawasan serta dapat menjadi referensi untuk kita semua tentang sejarah di Indonesia. Selamat Hari Departemen Luar Negeri Indonesia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari departemen luar negeri indonesia
  • ucapan selamat hari departemen luar negeri indonesia
  • tanggal berapa hari departemen luar negeri indonesia
  • hari departemen luar negeri indonesia adalah
  • peringatan hari departemen luar negeri indonesia
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com