5 Mitos di Indonesia Yang Paling Aneh, Masa Kecil Kamu Pernah Mengalami!

5 Mitos di Indonesia Yang Paling Aneh, Masa Kecil Kamu Pernah Mengalami!

Punya Maksud Tersendiri, Ini 5 Mitos di Indonesia yang Paling Aneh

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, kepercayaan, dan adat istiadat. Bahkan, di tengah perkembangan zaman seperti sekarang, beragam mitos di Indonesia yang unik dan aneh pun masih cukup dipercaya hingga saat ini.

Mungkin kamu pernah mendengar berbagai larangan yang jika dilanggar akan memberikan kesialan, bahkan terkena kutukan tertentu. Misalnya "jangan mengurai rambut saat malam hari karena bisa mengundang kuntilanak". Tentu saja larangan tersebut membuat sebagian perempuan menjadi ketakutan dan lebih memilih patuh.

Akan tetapi tidak sedikit pula generasi millenial yang justru menganggap remeh mitos tersebut karena secara logika tidak ada hubungannya antara rambut yang diurai dan kuntilanak. 

Memang begitulah mitos, suatu kepercayaan yang diwariskan secara turun-temurun sehingga masyarakat banyak yang beranggapan bahwa yang demikian merupakan sebuah kebenaran.

Mitos di Indonesia yang Paling Aneh

Mungkin beragam mitos di Indonesia memang tidak ada hubungannya sama sekali antara sebab dan akibatnya. Akan tetapi, jika ditelaah lebih dalam lagi ada beberapa mitos yang memang ada benarnya juga, dan justru memiliki hubungan sebab akibat secara tidak langsung dengan kehidupan. 

Bisa jadi karena orang tua merasa rumit dan terlalu sulit untuk menjelaskannya, akhirnya mereka memilih jalan pintasnya saja. 

Salah satu contohnya, "jangan memotong kuku malam-malam karena akan ditolak jodoh". Apabila ditinjau dari akibat secara tak langsung, memotong kuku saat malam hari dapat menyebabkan luka pada jari jika kurang berhati-hati. Lantas bagaimana lagi mitos di Indonesia yang dianggap paling aneh? Berikut ulasannya:

1. Anak-anak kecil yang bermain saat magrib akan digondol wewe gombel

Hampir setiap orang merasa takut dengan sosok hantu wewe gombel yang diceritakan sebagai sosok yang mengerikan dan suka menculik. Mitos Jawa ini memang dihadirkan untuk menakuti anak-anak yang tidak mau berhenti bermain walaupun hari mulai larut malam.
Anak-anak kecil yang bermain saat magrib akan digondol wewe gombel

Seperti yang sudah diketahui bahwa magrib merupakan waktu yang banyak digunakan untuk beristirahat dan beribadah. Selain itu, saat waktu magrib inilah biasanya para anggota keluarga bercengkerama dan menghabiskan waktu bersama. 

Oleh karenanya tidak akan terasa lengkap jika ada salah satu di antaranya yang masih berada di luar rumah. Sehingga mitos ini pun disebarkan hingga dipercaya oleh khalayak ramai.

2. Menyapu tidak bersih akan mendapat suami brewokan

Bagi anak perempuan pasti tidak asing lagi dengan mitos unik yang satu ini. Kebanyakan orang tua akan mengatakan kalimat tersebut ketika anaknya akan menyapu halaman atau rumah. Padahal sudah tentu tidak ada hubungannya dengan jodoh yang sudah ditetapkan Tuhan. 
Menyapu tidak bersih akan mendapat suami brewokan

Apabila memang pada akhirnya mendapatkan jodoh yang brewokan, mungkin dia memang memilh pria brewokan sebagai tipe ideal. Meskipun begitu, di balik tercetusnya mitos tersebut orang tua menginginkan anaknya benar-benar teliti ketika menyapu. 

Dengan begitu rumah akan bersih dan tidak ada kotoran yang tertinggal sehingga akan lebih nyaman dipandang.

3. Setan akan datang saat bersiul malam hari

Kerap kali orang tua memarahi anaknya dan mengatakan bahwa bersiul saat malam akan mengundang setan. Biasanya anak-anak memang senang bersiul dan bersenandung ketika menjelang tidur saat malam. Tentu saja hal menyeramkan tersebut hanyalah mitos. 

Alasan yang sebenarnya orang tua melarang bersiul yaitu karena memang berisik dan waktu sudah larut malam. 
Setan akan datang saat bersiul malam hari

Lagi pula di waktu tersebut anggota keluarga pasti telah bersiap untuk beristirahat. Oleh karenanya dikhawatirkan jika siulan anak-anak di waktu sunyi tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan dianggap tidak sopan.


4. Jangan duduk di depan pintu karena akan menjauhkan jodoh

angan duduk di depan pintu karena akan menjauhkan jodoh
Mitos populer di Indonesia ini masih saja dipercaya hingga sekarang dan bila dipikirkan dengan baik memang ada benarnya juga. Biasanya orang tua akan langsung menegur anak perempuan yang terlihat duduk di depan atau di samping pintu. 

Mereka pun menakut-nakuti dengan mengatakan bahwa hal tersebut dapat menjauhkannya dengan jodoh. Padahal, sebenarnya pemikiran seperti ini banyak dikembangkan untuk mendidik setiap perempuan agar lebih menjaga kesopanan dan perilakunya. 


Sebab tidak akan enak rasanya bila memandang seorang perempuan duduk di depan pintu dan menghadangi setiap orang yang ingin keluar ataupun masuk rumah. 

5. Makan harus dihabiskan, jika sisa nanti ayamnya mati

Sejak zaman dahulu mitos tentang sisa makanan yang dapat menyebabkan ayam mati memang tidak lekang oleh waktu. Menggunakan ayam sebagai ancaman ini sangat ampuh untuk menakuti anak-anak. 

Sebab pada zaman dahulu harga ayam masih sangat mahal dan kebanyakan dari mereka menyayangi hewan peliharaannya. Sehingga mereka pasti tidak akan rela kehilangan ayamnya. 
Makan harus dihabiskan, jika sisa nanti ayamnya mati
Faktanya hal tersebut bertujuan agar setiap anak tidak memubazirkan rezeki yang sudah Tuhan berikan. Tentu saja orang tua sudah bekerja keras mencari uang untuk membeli makanan. Sehingga mereka tidak ingin bila ada makanan yang disia-siakan dan dibuang. 

Lagi pula dikhawatirkan setelah membuang makanan ternyata perut masih terasa lapar dan tidak ada lagi yang bisa dikonsumsi.

Kesimpulan

Beragam mitos di Indonesia yang aneh ini masih banyak dipercaya oleh sebagian orang, walaupun banyak pula yang tidak memercayainya karena dianggap tidak masuk akal. 

Akan tetapi bila dipahami lebih dalam, beberapa mitos tersebut memang memiliki maksud mendidik sehingga orang yang mengetahuinya bisa lebih menjaga sikapnya dalam setiap kesempatan. 

Nah itulah sedikit ulasan mengenai 5 Mitos Aneh yang terdapat di Indonesia, mudah-mudahan dengan informasi ini dapat menambah wawasan sekaligus dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • mitos di indonesia dan penjelasannya
  • mitos di indonesia dalam bahasa inggris
  • mitos makanan di indonesia
  • mitos menstruasi di indonesia
  • hewan mitos di indonesia
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com