Sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 22 Juni

Sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 22 Juni

Inilah Sejarah Dibalik Penetapan 22 Juni, Hari Ulang Tahun Kota Jakarta Yang Wajib Diketahui!

Setiap kota di Indonesia tentu saja memiliki Hari Jadi dimana di hari tersebut seluruh masyarakat akan merayakannya. Misalnya saja seperti Jakarta, ibu kota negara Indonesia ini selalu memperingati hari jadinya pada tanggal 22 Juni dalam setiap tahunnya. 

Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ini tentu saja selalu dirayakan oleh seluruh masyarakat ibu kota bahkan beberapa masyarakat di luar Jakarta juga selalu ikut merayakannya, sebagai bentuk aspresiasi. 

Nah, dibalik kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta setiap tahunnya, tentu terdapat sejarah mengapa tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari ulang tahun kota tersebut. Bagaimana sejarahnya? Berikut sekilas ulasannya!

Sejarah Penetapan 22 Juni, Hari Ulang Tahun Kota Jakarta 

Penetapan Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun Jakarta merupakan istilah yang merujuk kepada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro yang merupakan Wali Kota Jakarta Periode 1953-1958. Pada masa kolonial Belanda, peringatan Hari Ulang Tahun Kota Batavia yang dilaksanakan pada akhir Mei didasarkan pada tahun 1619 dimana Gubernur Jenderal dan Jan Pieterszoon Coen mampu menaklukan Jayakarta. 


Pada tahun 1869, untuk memperingati 250 tahun Batavia maka dibangunlah monument J. P. Coen yang mana saat ini adalah halaman Departemen Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Diatas pondasi beton yang sangat kokoh, berdiri Coen yang dengan angkuhnya menunjuk ke arah bawah yang mengandung makna bahwa dia telah berhasil menaklukkan Jayakarta. Patung tersebut  juga menjadi simbol dimulainya penjajahan Belanda yang dihancurkan pada masa pendudukan Jepang pada tahun 1942-1945. 

Dikarenakan adanya peristiwa tersebut, Sudiro menyadari bahwa perlunya peringatan Ulang tahun untuk kota Jakarta yang berbeda dengan peringatan berdirinya Batavia. Maka Sudiro memanggil sejumlah ahli sejarah seperti Mr. Dr. Sukanto, Mr. Mohamad Yamin dan wartawan senior yaitu Sudarjo Tjokrosiswoyo untuk meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah.


Pada saat itu juga, Sudiro berkeyakinan juga bahwa tahun berdirinya yaitu pada tahun 1527 namun untuk hari, tanggal dan bulan lahirnya Kota Jakarta, beliau masih belum mengetahuinya. Selanjutnya, Mr. Dr. Sukanto menyerahkan naskah yang berjudul “Dari Jayakarta Ke Jakarta”. Sukanto menduga bahwa 22 Juni 1527 merupakan Hari yang paling dekat dengan kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah. 

Penetapan Resmi Hari Jadi kota Jakarta 

Naskah tersebut lalu diserahkan oleh Sudiro kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk ditindaklanjuti. Tidak perlu menunggu lama, naskah tersebut kemudian langsung disidangkan dan menetapkan bahwa 22 Juni 1527 merupakan Hari Berdirinya Kota Jakarta. 

Tepat pada tanggal 22 Juni 1956, Sudiro kembali mengajukan naskah resmi tersebut pada sidang pleno dan usulannya tersebut langsung diterima dengan suara bulat. Dari sidang penetapan tersebut maka setiap tanggal 22 Juni selalu diadakan sidang istimewa DPRD Kota Jakarta sebagai tradisi memperingati berdirinya Kota Jakarta. 

Penetapan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta tersebut mengundang beberapa pendapat lainnya. Banyak juga yang berpendapat bahwa dipilihnya tanggal 22 Juni 1527 sebagai hari jadi Kota Jayakarta bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ketika Indonesia telah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Palapa, Fatahillah yang merupakan Panglima Kesultanan Demak Mengubah Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah penetapan 22 Juni sebagai Hari Ulang Tahun Kota Jakarta. Di tahun ini perayaan hari ulang tahun Kota Jakarta sepertinya masih sama seperti tahun 2020 kemarin karena kita masih berjuang melawan COVID-19. Namun walaupun demikian pastinya tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk memperingati hari penting ibu kota tercinta ini. 

Itulah sejarah singkat mengenai penetapan Hari Ulang Tahun Jakarta 22 Juni yang selalu dirayakan, dan perayaan hari HUT Jakarta selalu dirayakan di Pekan Raya Jakarta Kemayoran dengan berbagai pertunjukan dan parade.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 22 Juni di atas dapat menambah wawasan kita tentang sejarah hari-hari penting di Indonesia, serta dapat menjadi referensi Anda untuk berbagai keperluan. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • ulang tahun jakarta tanggal 22 juni
  • ulang tahun jakarta yang ke berapa
  • ulang tahun jakarta 494
  • gambar ulang tahun jakarta
  • kue ulang tahun jakarta
  • toko kue ulang tahun jakarta
  • puisi ulang tahun jakarta
  • pantun ulang tahun jakarta
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com