Sejarah Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 22 Mei

Sejarah Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 22 Mei

Sejarah 22 Mei , Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia “International Day For Biological Diversity”

Tahukah Anda? Di Indonesia terdapat hari-hari penting yang biasanya diperingati setiap tahunnya. Salah satu hari penting yang selalu diperingati di Indonesia bahkan berbagai Negara di dunia yaitu Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia

Hari peringatan ini selalu diperingati setiap tanggal 22 Mei yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan kecintaan kita terhadap keanekaragaman hayati. Dibalik peringatan ini tentu terdapat sejarahnya.

Bagaimana sejarahnya tersebut? Berikut ulasannya!

Inilah Sejarah Keanekaragaman Hayati Sedunia, 22 Mei

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia (International Day For Biological Diversity) pertama kali diperingati tanggal 29 Desember 1993. Penetapan hari tersebut sebagai Hari Keanekaragaman Hayati bertepatan dengan pelaksanaan Konvensi mengenai Keanekaragaman Hayati.

Namun pada bulan Desember 2000, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi tanggal 22 Mei sebagai Hari memperingati Keanekaragaman Hayati Sedunia. 

Penetapan ini tentu saja berdasarkan kesulitan adanya beberapa Negara yang mengalami kesulitan untuk merayakan hari tersebut karena bertepatan dengan hari libur akhir tahun.

Tepat tanggal 22 Mei 1992 merupakan tanggal dimana pengesahan teks kesepakatan Keanekaragaman. Pertemuan pengesahan tersebut terjadi di Nairobi, Kenya yang berlangsung pada tanggal 11 Mei sampai 22 Mei 1992. 

Pertemuan tersebut juga sekaligus merupakan pertemuan terakhir sebelum pelaksanaan United Nations Conference on Environment and Development pada tanggal 3 hingga 14 Juni 1992 yang menghasilkan konvensi keanekaragaman hayati.

Lihat juga: Sejarh Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia ini juga menjadi hal yang sangat penting. Hal ini  karena terkadang berbagai kegiatan manusia dalam meningkatkan kehidupannya tanpa disadari malah mengganggu kehidupan lain yang ada di bumi. 

Polusi hingga populasi manusia berlebihan membuat terancamnya habitat asli hewan hingga tumbuhan.

Dikarenakan adanya hal tersebut maka salah satu bentuk pengingat serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keanekaragaman hayati, maka diadakanlah Hari peringatan Keanekaragaman Hayati yang diselenggarakan setiap tanggal 22 Mei.

Dengan diadakannya hari peringatan tersebut setiap tahunnya, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keanekaragaman hayati yang ada di muka bumi ini. 

Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal tersebut, peringatan ini juga diadakan sebagai sarana refleksi. Moment tersebut menjadi salah satu saran untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan manusia serta alam.

Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia memang bukanlah hal yang baru dilaksanakan terutama di Indonesia. Tanpa kita sadari peringatan tersebut telah berlangsung selama kurang lebih seperempat abad. Dan pada tanggal 22 Mei 2021 nanti, menjadi peringatan yang ke -28.

Dalam peringatan hari tersebut, ada berbagai tema yang diusung. Nah, penetapan tema tersebut ditentukan oleh pihak sekretariat PBB yang disesuaikan dengan isu-isu spesifik yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati saat ini.

Untuk perayaan tahun sekarang sepertinya akan cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat situasi masih COVID-19 dan ada banyak bencana alam yang melanda di berbagai belahan Negara di dunia. 

Namun walaupun berbeda, tentu tidak boleh menyurutkan Anda untuk tetap merayakannya. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk ikut andil dalam memperingati hari tersebut misalnya dengan mengkampanyekan akan pentingnya keanekaragaman hayati di media sosial.

Nah itulah sekilas tentang sejarah Hari Keanekaragaman Hayati sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Mei. Hari Keanekaragaman Hayati menjadi bagian terpenting dari sejarah di Indonesia apalagi menyangkut tentang alam dan makhluk yang ada didalamnya. Jadi, sudah tidak sabar bukan untuk memperingati hari spesial tersebut?

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari keanekaragaman hayati indonesia
  • selamat hari keanekaragaman hayati nasional
  • tema hari keanekaragaman hayati 2021
  • acara hari keanekaragaman hayati 2021
  • template ucapan selamat hari keanekaragaman hayati

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina