Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April


Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April

Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April Yang Belum Banyak Orang Tahu

Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April – Mungkin hari peringatan tersebut cukup asing di telinga kita. Saat masih duduk dibangku sekolah pun mungkin belum pernah dibahas oleh guru di sekolah. 

Yang seringkali dibahas mungkin hanyalah hari-hari bersejarah cukup umum seperti sejarah Hari Kartini dan sejarah hari kemerdekaan.

Jangan berpikir hemophilia adalah nama orang melainkan Hemophilia adalah sebuah Penyakit yang berhubungan dengan darah manusia. 

Baca Juga: Referensi Daftar Ucapan Hari Hemofilia Sedunia 17 April

Kenapa penyakit kok masih diperingati segala sih?  Hal tersebut bukan tanpa alasan melainkan untuk menyadarkan masyarakat bahwa terdapat sebagian orang yang berbeda.

Maksud dari berbeda kali ini ialah mempunyai kelainan pada darah yang tidak sama seperti orang pada umumnya, oleh karena itulah diperingati dengan nama hari Hemophilia tepatnya pada tanggal 17 April setiap tahunnya. 

Mengenai alasan mengapa diperingati pada tanggal 17 April, Anda akan mengetahuinya setelah membaca artikel ini sampai selesai.

Sebelum membahas Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai Hemophilia itu sendiri?

Hari Hemofilia Sedunia
Hari Hemofilia Sedunia
Hari Hemofilia Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 17 April setiap tahunnya – Hemofilia merupakan penyakit dimana pengidap akan sukar mengalami pembekuan darah. Seseorang yang mengidap hemofilia
Oleh Endik Eko

Apa itu Hemophilia?

Hemophilia adalah suatu penyakit yang menyebabkan gangguan perdarahan karena faktor pembekuan darah dan kelainan genetik, akibatnya pendarahan berlangsung lebih lama saat mengalami luka.

Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April

Hemophilia sering disebut sebagai “penyakit kerajaan”. Itu terjadi karena penyakit hemofilia awalnya ditemukan pada Ratu Victoria, yang saat itu menjadi Ratu Inggris pada tahun 1837, Gen Hemofilia Ratu Victoria disebabkan karena mutasi spontan.

Lihat juga: Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Hari Hemophilia Sedunia dicetuskan oleh Federasi Hemophilia Sedunia tepatnya pada tahun 1989, dan dirayakan pada tanggal 17 April, tanggal tersebut dipilih untuk menghormati ulang tahun pendiri organisasi tersebut, Frank Schnabel. 

Tujuan ditetapkannya Hari Hemophilia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit serta gangguan perdarahan lainnya, selain itu juga sebagai wadah mengumpulkan donasi untuk pengobatan bagi  mereka yang tidak mampu.

Bagaimana Dokter Mendiagnosis Hemophilia?

Hemophilia dapat didiagnosis melalui tes darah. Dokter yang ahli dibidangnya akan mengambil sedikit sampel darah vena lalu mengukur jumlah faktor pembekuan yang terdapat pada darah. Sampel kemudian dinilai untuk menentukan tingkat keparahan.

Gejala Hemophilia yang Sering Dijumpai

Mudah Memar

Memar setelah terbentur atau hanya kecelakaan kecil. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan darah dalam jumlah besar di bawah kulit yang menyebabkan pembengkakan atau disebut hematoma. Untuk alasan ini, kebanyakan anak didiagnosis sekitar usia 12 hingga 18 bulan.

Mudah berdarah

Kecenderungan pendarahan dari hidung, mulut, dan gusi walaupun hanyalah luka ringan. Adalah salah satu gejala hemophilia, tapi jangan terlalu khawatir pasalnya pendarahan dari hidung atau mimisan juga dapat disebabkan oleh hal lain.

Pendarahan persendian

Hemarthrosis atau pendarahan pada sendi dapat menyebabkan nyeri, imobilitas, dan kelainan bentuk jika tidak mendapat penanganan.

Hal tersebut penyebab komplikasi paling umum akibat pendarahan hemofilia. Pendarahan sendi dapat menyebabkan nyeri kronis, artritis, kelainan bentuk, dan bahkan kelumpuhan. 

Oleh sebab itu penderita hemofilia harus segera mendapatkan penanganan dokter untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Berikut Daftar Hari Besar Bulan April 2023 Nasional dan Internasional

Pendarahan otot

 Pendarahan otot dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan. Pembengkakan akibat darah yang berlebihan di area otot dapat meningkatkan tekanan pada jaringan dan saraf di area tersebut. Ini dapat menyebabkan kerusakan dan deformitas permanen.

Pendarahan di bagian otak

Pendarahan di otak, adalah penyebab kematian paling umum pada anak-anak yang memiliki penyakit  hemofilia. 

Pendarahan yang terjadi di otak dapat menyebabkan komplikasi seperti kebutaan dan cacat. Selain itu juga dapat menyebabkan kematian jika tidak terdiagnosis lebih cepat dan segera mendapat pengobatan.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Sejarah Singkat Hari Hemophilia dan juga gejala-gejala yang ditimbulkan dari salah satu penyakit darah ini. 

Dengan mengetahui sejarah Hari Hemophilia di atas diharapkan kita menjadi lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga: Sebagai Referensi Berikut 40 Ucapan Selamat Hari TNI AU 9 April

Semoga informasi Sejarah Hari Hemophilia 17 April di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua yang dapat menambah wawasan terhadap hari-hari penting Indonesia dan Dunia. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari hemophilia indonesia pdf
  • sejarah hari hemophilia adalah
  • hari hemophilia sedunia
  • hemophilia a vs b

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Tinggalkan komentar


Hari Hemofilia Sedunia