Sejarah Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia


Sejarah Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia

Sejarah Hari Dialog Dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia 21 Mei

Tahukah Anda? Tanggal 21 Mei merupakan salah satu tanggal yang cukup bersejarah di Indonesia. Ya, tepat pada tanggal 21 Mei ini kekuasaan Order Baru berhasil ditumbangkan. 

Namun, selain adanya hari yang bersejarah yang penting untuk Indonesia, dunia pun memperingati tanggal 21 Mei sebagai Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia

Hari peringatan ini juga tentu tidak kalah penting, namun sayang banyak yang belum tahu mengenai sejarahnya.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Dialog & Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia

Lalu, Bagaimana Sejarah Hari Dialog Dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia Pada Tanggal 21 Mei? Berikut Ulasannya!

Hari Dialog
Hari Dialog
Hari Dialog adalah sebuah inisiatif global yang bertujuan untuk mempromosikan komunikasi dan pemahaman lintas budaya di seluruh dunia. Hari Dialog diperingati setiap tanggal 21 Mei sebagai perayaan ke
Oleh Endik Eko

Sejarah Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang kita kenal dengan PBB telah menetapkan tanggal 21 Mei sebagai Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia. 

Peringatan tersebut berawal ketika badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pendidikan serta kebudayaan UNESCO mengeluarkan deklarasi Universal. Deklarasi tersebut menyangkut keberagaman budaya. 

Melalui resolusi PBB nomor 57/249, ditetapkanlah 21 Mei sebagai hari untuk merasakan hari peringatan tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mencatat bahwa sebanyak 75% dari konflik besar yang terjadi di seluruh negara di dunia ini berakar pada dimensi kultural. 

Dikarenakan hal tersebut maka PBB mencanangkan dialog untuk menjembatani keberagaman budaya dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian dunia.

Tindakan yang sederhana yang disarankan oleh PBB untuk merayakan keberagaman budaya tersebut cukup beragam. 

Salah satunya seperti mengundang tetangga beda agama ataupun suku untuk makan bersama, mengunjungi pameran kebudayaan, mendengarkan musik dari kebudayaan yang berbeda serta menonton film yang bertema kebudayaan yang berbeda.

Lihat juga: Sejarah Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional 17 Mei

Ada berbagai negara yang memiliki beragam kebudayaan yang berbeda. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kebudayaan paling beragam di dunia.

Badan Pusat Statistik menyebutkan terdapat 1.128 suku di Indonesia yang tersebar di berbagai pulau.

Keberagaman budaya ini tentu saja menjadi suatu aset yang sangat besar bagi Indonesia yang sifatnya dinamis dan selalu berkembang.

Sekecil apapun perubahannya, semua budaya di negeri tersebut akan terus berkembang. 

Nah, dikarenakan berkembang secara berkesinambungan, maka tidak mengherankan jika akan timbullah sebuah konflik antar budaya, suku dan bahkan agama. 

Misalnya konflik antara kelompok kristen dan Islam yang terjadi di Ambon, konflik etnis Dayak serta Madura di sampit hingga kerusuhan yang terjadi di bulan Mei 1998 yang berimbas pada etnis Tionghoa.

Selain Indonesia, negara-negara lain juga seringkali menghadapi konflik antar budaya. Misalnya seperti di Amerika Serikat yang kita kenal dengan konflik antara keturunan kulit putih dan hitam yang masih saja selalu menjadi persoalan yang berarti.

Dikarenakan adanya hal tersebut, maka PBB Menetapkan adanya Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia

Tujuan dari adanya peringatan tersebut tentu saja untuk meningkatkan kesadaran kita akan perbedaan budaya yang bisa menjadi kekayaan untuk bangsa serta mempererat persatuan serta kesatuan.

Terlepas dari itu, adanya keragaman budaya juga bisa menjadi identitas bangsa di mata dunia, mempererat tali persaudaraan, sebagai aset wisata yang akan menambah pendapatan negara serta bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan. Jadi, begitu banyak sekali manfaat dari adanya keberagaman budaya.

Baca Juga: Catat! Tanggal Upacara Kuningan Bali Tahun 2023

Nah itulah sekilas tentang sejarah Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 21 Mei dalam setiap tahunnya. 

Hari peringatan ini biasanya akan mengusung tema yang berbeda-beda sehingga selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu dalam setiap tahunnya.

Semoga informasi Sejarah Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia di atas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita terhadap hari-hari penting di dunia yang belum banyak diketahui. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • Hari Dialog dan Pengembangan Budaya Sedunia
  • Apa itu hari dialog dan budha sedunia
  • pengembanan perbedaan budaya indonesia

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Dialog
Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip