Sejarah Hari Dongeng Sedunia 20 Maret

Sejarah Hari Dongeng Sedunia 20 Maret

Hari Dongeng Sedunia 20 Maret 

Sejarah Hari Dongeng Internasional selalu diperingati setiap tanggal 20 Maret setiap tahunnya, hal tersebut sudah dilakukan sejak tahun 1991/1992. Banyak Negara yang kemudian ikut serta dalam merayakan setiap tanggal 20 Maret ini sebagai hari dongeng atau Storytelling Day.

Berawal dari perayaan di Negara Swedia menggunakan tanggal 20 Maret sebagai perayaan hari Dongeng atau disebut Alla Berattares Dag atau Hari Semua Pendongeng. Semenjak saat itu, Hari Dongeng dirayakan oleh banyak Negara.

Di Australia, para Pendongeng Perth 1997, Negara bagian dari Autralia Barat mengedakan peringatan Hari Dongeng Sedunia juga pada tanggal 20 Maret. Kemudian, diwaktu yang bersamaan pula di Negara Negara Amerika Selatan termasuk Meksiko juga merayakan Hari Dongeng di Negaranya pada Tanggal 20 Maret 1997.

Perayaan Mendongeng juga rutin diadakan atau dirayakan setiap tahunnya yang juga bertepatan dengan peristiwa Ekuinoks musim semi di belahan bumi utara dan hari pertama Ekuinoks musim gugur di belahan bumi selatan.

Cara memperingati Hari Dongeng Sedunia yaitu sebanyak mungkin orang di berbagai tempat di penjuru dunia menceritakan dan mendengarkan kisah dongeng sebanyak mungkin dengan beragam bahasa pada siang dan malam hari.

Para peserta yang terlibat bisa saling bercerita tentang kisahnya sendiri atau berbagi cerita yang menginspirasi untuk saling belajar sekaligus menciptakan hubungan internasional.

Logo Hari Dongeng Sedunia

Seperti yang sudah disampaikan pada awal paragraph, bahwa Hari Dongeng Internasional 20 Maret di ambil dari Hari Perayaan di Swedia sekitar tahun 1991/1992. Di Bawah ini merupakan Logo Hari Dongeng Sedunia dari Pendongeng Profesional asal Swedia sekaligus penulis yakni Mats Rehnman.

Logo Hari Dongeng Sedunia 20 Maret

Mats Rehnman adalah pendongen Profesional asal Stockholm (18 Juli 1954). Sejak 1987 dia telah melakukan banyak Tour seperti keliling Swedia untuk anak-anak, remaja dan penonton dewasa dengan cerita tradisional dan orisinal.

CV Mats rehman


Di kutip dari website globalstorytellingday.org setiap tanggal 20 Maret, dunia Internasional menyepakati bahwa hari tersebut menjadi Hari Dongeng Sedunia, secara Global sebagai seni bercerita secara lisan alias mendongeng. Tujuan dari di tetapkannya Hari Dongeng Sedunia tersebut ialah agar sebanyak mungkin orang bercerita dan mendengarkan cerita di banyak tempat.

Semoga informasi mengenai Sejarah Hari Dongeng Sedunia 20 Maret di atas dapat menambah wawasan kita terhadap seni mendongeng.

Cukup sekian artikel Hari Besar Hari Dongeng Internasional di atas, mudah-mudahan dengan informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan dapat menginspirasi untuk terus semangat mengasah kemampuan mendongeng atau bercerita dengan lebih baik yang dapat menghibur anak-anak di Dunia. Terimakasih

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari dongeng sedunia 2021
  • tema hari dongeng tahun ini
  • hari dongeng nasional di Indonesia
  • dongeng hari pahlawan
  • hari dongeng nasional dan internasional
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com