Sejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober


Sejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Hari Sumpah Pemuda – Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali ras, suku dan juga budaya.

Dimana walaupun Indonesia memiliki banyak sekali perbedaan dari masing-masing ras, suku dan juga budaya tersebut tentu saja masih bisa bersatu dan juga menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan.

Sebagai pemuda atau generasi penerus bangsa tentu saja kita harus mengetahui salah satu hari penting dalam sejarah bangsa Indonesia yaitu hari Sumpah Pemuda.

Lihat Juga: Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Tepat pada 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda oleh Indonesia. Para pemuda Indonesia mengucapkan ikrarnya terhadap Indonesia.

Sebab ikrar tersebut menjadi jalan bagi pemuda pada waktu itu untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia yang pada saat itu masih dijajah oleh negara asing

Sumpah pemuda menjadi salah satu tonggak untuk membakar para semangat pemuda dalam mewujudkan impian rakyat Indonesia yaitu merdeka.

Lantas bagaimana sejarah dari terciptanya sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober ini. Berikut ini merupakan ulasan mengenai sejarah lahirnya sumpah pemuda.

Hari Sumpah Pemuda
Hari Sumpah Pemuda
Sejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya yang harus kita peringati untuk megenang para pemuda pemudi pendiri bangsa tanah air indonesia
Oleh Endik Eko

Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda tercetus dari hasil rumusan yang berlangsung pada Kongres Pemuda II Indonesia.

Pada 1928 terjadi pertemuan besar yang melibatkan PPPI, dalam kongres pemuda II digelar dalam iga waktu dan tempat yang berbeda juga.

Adapun organisasi kepemudaan yang hadir pada saat itu adalah Jong Java, Jong Ambon, Jong Batak dan Jong Islamieten Bond.

Pada 27 Oktober 1928 menjadi sesi pertama bertempat di gedung katholieke Jongenlingen Bond.

Dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito yang berharap dapat mempererat semangat persatuan diantara para pemuda Indonesia, ini disampaikan sebagai sambutan dalam kongres pemuda II.

Sesi kedua dilakukan pada 28 Oktober 1928 yang bertemu di gedung Post – Java Bioscoop.

Di sesi tersebut membahas tentang masalah pendidikan yang sangat penting bagi anak. Sesi ketiga dilakukan di gedung Indonesische Clubgebouw, sebagai sesi penutup dan lahirlah rumusan sumpah pemuda.

Lihat Juga: Sejarah Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Mohammad Yamin sebagai merumus sumpah pemuda tersebut. Sumpah pemuda dibacakan oleh Soegondo di acara penutupan dan juga dijelaskan secara rinci oleh Yamin pada saat itu juga.

Pada saat itu belum tercetus istilah sumpah pemuda, istilah sumpah pemuda lahir setelah kegiatan berakhir.

Hingga sekarang istilah sumpah pemuda sudah sangat melekat pada sejarah perjuangan bagi bangsa Indonesia.

Setelah sumpah pemuda lahir para pemuda Indonesia lebih menjadi satu tidak melawan penjajah dengan sendiri sendiri, hingga Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.

Berikut ini adalah isi dari sumpah pemuda.

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Lihat juga: Tanggal Berapa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila?

Perayaan Hari Sumpah Pemuda

Nah dalam perayaan hari Sumpah Pemuda ini ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya untuk pemuda dan pemudi Indonesia.

Dimana setiap tanggal 28 Oktober ini selalu diadakan upacara di Sekolah dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Namun ada yang berbeda dari upacara pada Hari Sumpah Pemuda. Dimana jika biasanya ketika upacara mingguan petugas upacara hanya membacakan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 saja.

Baca Juga: Ucapan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Namun di upacara Hari Sumpah Pemuda petugas juga membacakan ikrar Sumpah Pemuda yang diikuti oleh para peserta upacara tersebut.

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Tinggalkan komentar


Hari Sumpah Pemuda