Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sejarah Ditetapkannya Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Sejarah Ditetapkannya Hari KOWAL Korps Wanita Angkatan Laut

Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) 5 Januari

Hari KOWAL - Setiap tanggal 5 Januari setiap tahunnya selalu diperingati sebagai hari Korps Wanita Angkatan laut. Dimana Korps Wanita Angkatan laut ini merupakan nama dari prajurit perempuan TNI Angkatan laut. Awalnya TNI atau Tentara Nasional Indonesia ini hanya terdiri dari anggota laki-laki saja. Namun pada akhirnya Indonesia kemudian melibatkan wanita di dalam tim perlindungan negara Indonesia. Tepatnya adalah di tanggal 5 Januari 1963 yang menjadi hari lahirnya KOWAL atau Korps Wanita Angkatan Laut Indonesia.

Di Tahun 1962 di lingkungan Angkatan Laut ini muncul gagasan untuk menambahkan peran dari Wanita Indonesia pada bidang pertahanan dan keamanan, lebih khusus pada bidang Matra laut. Namun apakah anda tahu bagaimana sejarah ditetapkannya tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari Korps Wanita Angkatan laut? Untuk anda yang belum tahu dan penasaran terkait sejarah dibalik ditetapkannya tanggal 5 Januari sebagai hari Korps Wanita Angkatan Laut, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Sejarah Ditetapkannya Hari Korps Wanita Angkatan Laut

KOWAL adalah sebutan untuk Korps Wanita Angkatan laut yang merupakan prajurit wanita TNI di bidang Angkatan Laut. Dimana Kowal ini adalah bagian dari TNI AL yang kemudian di tanggal 5 Januari selalu diperingati sebagai hari jadi dari Korps Wanita Angkatan Laut. Ide dari dibentuknya Koprs Wanita Angkatan laut ini dikeluarkan oleh Laksamana RE Martadinata melalui Surat Keputusan No:5401.23 26 Juni 1962. Melalui Surat Keputusan tersebut adalah cikal bakal dari terlahirnya KOWAL.

Saat pertama kali dibentuk, KOWAL ini merupakan Korps yang berdiri sendiri. Dimana ide dari dibentuknya Korps khusus ini diawasi oleh Komodor Yos Sudarso lewat Surat Keputusan yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan adanya perekrutan.

Sebutan Korps pada lingkungan KOWAL ini berarti sebagai suatu pengelompokan secara administratif, dan bukan menjadi kecabangan sama seperti di awal pembentukannya. Pelantikan dari anggota KOWAL ini pertama kali dilakukan oleh Kasal Laksamana RE Martadinata yang dilakukan di Markas Besar Angkatan Laut 5 Januari 1963. Oleh sebab itu, setiap tanggal 5 Januari selalu diperingati sebagai hari KOWAL atau hari Korps Wanita Angkatan laut.

Lihat juga: Pengertian Dasar Sekretaris

Dalam semangat emansipasi serta kemitrasejajaran wanita terhadap pria, pembinaan dari anggota KOWAL ini dilakukan sama seperti ketentuan dari prajurit TNI AL pada umumnya. Namun untuk pembinaan kodrat wanita masih berada dibawah pembinaan khusus dari KOWAL.

Kedudukan dari Pembinaan KOWAL ini berada di bawah Direktorat Perawatan Personel TNI Angkatan laut. Sementara untuk Apel peringatan Hari KOWAL yang pertama tersebut dipimpin oleh Kepala Staf AL yaitu Laksamana TNI Ade Supandi. Selain itu, ada juga Komandan Upacara yang berasal dari jajaran KOWAL yaitu Kadiskesal atau Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan laut Laksamana Nora Lelyana.

Lihat juga: Sejarah Hari Tritura Untuk Menumbangkan Orde Lama

Tujuan dibentuknya KOWAL ini adalah untuk memberikan kewajiban dan juga hak terhadap wanita di Indonesia agar bisa mengisi jabatan tenaga wanita di Indonesia dalam rangka juga penyempurnaan organisasi.

Nah itulah sejarah singkat ditetapkannya Hari Korps Wanita Angkatan laut yang selalu diperingati juga setiap tanggal 5 Januari setiap tahunnya. Mengingat sebentar lagi adalah tahun baru 2021, tentu saja sebentar lagi KOWAL ini juga akan berulang tahun. Apakah anda juga akan turut merayakan hari jadi KOWAL ini? 

Semoga informasi dari Sejarah Ditetapkannya Hari Korps Wanita Angkatan Laut di atas bisa menambah wawasan kita terhadap asal usul kalender dan hari-hari perayaannya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • kowal adalah
  • sejarah korps wanita angkatan laut
  • korps wanita angkatan laut
  • logo korps wanita angkatan laut
  • cara menjadi korps wanita angkatan laut
  • syarat pendaftaran korps wanita angkatan laut
  • foto korps wanita angkatan laut
  • pendaftaran korps wanita angkatan laut 2021
  • pendaftaran korps wanita angkatan darat 2021
  • pendaftaran korps wanita angkatan udara 2021