Daftar Hari Penting Nasional & Internasional Bulan Oktober


Daftar Hari Penting Nasional & Internasional Bulan Oktober

Daftar Hari Besar Nasional Bulan Oktober

Daftar Hari Besar Bulan Oktober yang kami sampaikan dalam artikel ini sudah dilakukan pengecekan untuk mendapatkan daftar libur nasional bulan Oktober yang valid. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai keakuratannya.

Jika saat ini Anda sedang mencari referensi atau informasi mengenai hari-hari besar di bulan Oktober, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Baca Juga: Referensi Kalender Bulan Oktober 2023 Lengkap

Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar hari-hari besar atau hari penting atau libur nasional bulan Oktober, baik hari besar Nasional Indonesia maupun hari besar Internasional.

Selain itu kami juga memberikan penjelasan singkat mengenai sejarah ditetapkannya hari besar pada bulan Oktober.

Jika Anda ingin melihat lebih lengkap mengenai sejarah hari-hari penting ini Anda dapat mengklik tautan yang diberikan di setiap akhir penjelasan singkatnya.

Hari Penting Nasional & Internasional Oktober

Di bawah ini adalah daftar hari besar atau hari penting di bulan Oktober:

Hari Besar Oktober – Oktober merupakan bulan kesepuluh dalam kalender tahun Masehi. Dimana kata Oktober ini diambil dari Bahasa Belanda yaitu Octo yang berarti delapan.

Hal ini karena dulunya tahun Masehi berawal pada bulan maret. Bulan Oktober ini mempunyai 31 hari. 

Sama seperti bulan-bulan lainnya, bulan Oktober ini juga memiliki beberapa hari-hari besar nasional yang dirayakan oleh pemerintah dan juga masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Link Kalender Hijriyah Bulan Desember 2023 dan Jadwal Puasanya

Detail Singkat Hari Besar Nasional Oktober

Dibawah ini adalah sejarah singkat dari hari-hari besar bulan Oktober, silahkan klik link dari setiap hari penting di bawah untuk melihat sejarahnya yang lebih lengkap.

1 Oktober : Hari Kesaktian Pancasila

Setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati dengan hari Kesaktian Pancasila. Dimana Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan hari besar nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Hal ini sama seperti keputusan Presiden Nomor 153 tahun 1967. Adanya hari kesaktian Pancasila ini sebagai pengingat bahwa Pancasila masih sakti karena sebelumnya ingin digantikan oleh komunis. Selanjutnya

2 Oktober : Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional merupakan hari dari perayaan di Indonesia guna memperingati ditetapkannya batik menjadi salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu. 

Setiap tanggal 2 Oktober banyak lapisan masyarakat yang menggunakan kemeja atau baju batik untuk memperingati Hari Batik Nasional. Selengkapnya

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

5 Oktober : Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Setiap tanggal 5 Oktober, masyarakat Indonesia selalu memperingatinya sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dimana tanggal 5 Oktober selalu menjadi hari yang istimewa dan juga bersejarah untuk TNI atau Tentara Nasional Indonesia.

Semenjak saat itu tanggal 5 Oktober selalu diperingati menjadi Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Selanjutnya

9 Oktober : Hari Pos Dunia

Setiap tanggal 9 Oktober masyarakat dunia selalu memperingatinya dengan Hari Pos Dunia.

Dimana peringatan tanggal 9 Oktober menjadi Hari Pos Dunia ini ditetapkan oleh Universal Postal Union atau UPU pada kongres di Jepang tahun 1969.

Penetapan tanggal 9 Oktober ini juga berdasarkan hari pembentukan UPU di tahun 1874 di Swiss.

15 Oktober : Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia

Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia merupakan salah satu kampanye global yang dilakukan oleh PBB dengan bekerja sama bersama organisasi lain di pihak pemerintah atau swasta.

Adanya Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia ini sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita.

Selain itu juga sebagai upaya pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang bisa berdampak terhadap penurunan kualitas hidup manusia.

Lihat juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan November 2021

16 Oktober : Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 16 Oktober setiap tahunnya. 

Dipilihnya tanggal 16 ini bertepatan dengan didirikannya FAO atau Organisasi Pangan Serta Pertanian oleh PBB pada tahun 1945 lalu.

20 Oktober, HUT Partai Golkar Selengkapnya

28 Oktober : Hari Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak utama dari sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. 

Dimana sumpah pemuda ini dianggap menjadi kristalisasi semangat untuk bisa menegaskan cita-cita dari berdirinya bangsa Indonesia.

Yang dimaksud dari sumpah pemuda merupakan keputusan untuk menegaskan cita-cita yang ada di Indonesia oleh pemuda. Selanjutnya

Tentang Informasi Hari Penting Bulan Oktober

Diatas adalah informasi hari penting bulan Oktober lengkap dengan penjelasan singkatnya.

Baca Juga: Prediksi Tanggal Bulan Purnama Oktober 2023

Mudah-mudahan informasi hari besar atau hari penting di bulan Oktober di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional