Seberapa penting berbicara di depan publik


Seberapa penting berbicara di depan publik

Seberapa penting berbicara di depan publik

Jika Anda masih bertanya, “Pentingkah berbicara di depan publik itu?” saya jawab dengan tegas, public speaking itu penting. Bahkan, sangat penting. Apa pun profesi Anda, baik mahasiswa, pemimpin perusahaan, politikus, maupun orang biasa, perlu menguasai public speaking dengan baik agar memperoleh kesuksesan. Lihatlah Steve Jobs, berkat penguasaan teknik public speaking yang baik, ia berhasil menjadikan Apple Inc, yang berawal dari garasi rumah menjadi perusahaan besar di dunia.

Nah, agar Anda semakin yakin dengan pentingnya keterampilan berbicara di depan public, berikut saya informasikan beberapa kegunaan atau urgency public speaking, yaitu:

  1. Untuk menyampaikan ide secara sistematis dan runtut;
  2. Untuk mempengaruhi massa dan orang lain;
  3. Untuk menyampaikan dan mempertahankan pendapat;
  4. Untuk mengikuti sebuah diskusi dan rapat dengan baik;
  5. Untuk melakukan pidato di depan umum;
  6. Untuk menambah kepercayaan diri;
  7. Untuk menyampaikan sebuah presentasi;
  8. Untuk memimpin rapat, siding, dan diskusi;
  9. Untuk menambah kewibawaan dan citra diri;
  10. Untuk sarana pengembangan diri;
  11. Untuk sarana pembelajaran kepada orang lain; dan lain-lain.

Berdasarkan kegunaan public speaking tersebut, Anda dapat mulai memikirkan betapa pentingnya keterampilan berbicara di depan public itu. Memang, harus di akui, berbicara di depan publik saat ini telah menjadi kebutuhan semua orang. Sebab, di era kompetisi yang serba cepat seperti sekarang ini, semua profesi menuntut kita untuk dapat berbicara di depan publik dan melakukan presentasi dengan baik. Karena tulisan saja tak cukup kuat untuk berkata-kta, maka kemampuan berbicara menjadi sangat penting. Ia dapat menguatkan arti dari sebuah tulisan.

Karena sifatnya yang dinamis, maka public speaking adalah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata chane atau “perubahan”. Melalui public speaking, Anda dapat mengetahui pemikiran konseptual dari seseorang, Anda dapat mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Anda juga dapat mengetahui “perubahan” yang digagas seseorang. Begitu pula sebaliknya, jika Anda yang menjadi public speakers (presentator), gagasan dan ide-ide cemerlang Anda dapat diketahui dan diapresiasi oleh orang lain. Di sinilah letak pentingnya penguasaan teknik berbicara di depan publik.

Alasan penting lainnya mengapa public speaking penting dikuasai adalah kemampuan ini dapat membantu membangun karier seseorang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa sebagian besar perusahaan menjadikan kemampuan public speaking sebagai kriteria tertinggi dalam menilai calon pelamar kerja. Terlebih lagi, di masa kini, pengetahuan bukanlah segalanya untuk mencapai sebuah kesuksesan. Orang dengan pendidikan tinggi belum tentu mudah diterima di suatu perusahaan apabila tidak mampu berkomunikasi dengan baik di depan umum.

Semoga informasi mengenai publik speaking di atas dapat memberikan tambahan informasi untuk Anda dalam belajar mengenai ilmu komunikasi.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar