Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Public Speaking


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Public Speaking

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Public Speaking

Berbicara merupakan bagian dari komunikasi. Jika umpan balik dalam proses komunikasi itu lebih bersifat positif, berarti penyampaian pesna komunikator telah efektif. Dalam melakukan bicara di depan umum ( public speaking) tidak selalu ada kata sepakat, namun selalu tercapai pengertian yang sama (komunikan mengerti maksud komunikator dan sebaliknya, walau tidak setuju). Menurut Yuni Hartanta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan public speaking, yakni:

  1. Perhatikan penampilan. Penampilan yang dimaksud di sini adalah pakaian yang cocok dengan suasana dan aksesoris yang digunakan (tidak norak). Kerapian dan keserasian saat mengenakan pakaian , sepatu, celana, jam tangan, cincin, dan lain-lain akan menambah kewibawaan dan bisa menyita perhatian.
  2. Perhatikan volume suara dan intonasi. Volume suara diatur sedemikian rupa, disesuaikan dengan ruangan. Prinsip dasarnya ialah semua peserta dapat mendengar dengan jelas. Intonasi yang dimaksud adalahbagaimana agar cara berbicara kita tidak tampak datar. Bicara datar akan menjemukkan pendengar, membosankan, dan membuat mengantuk.
  3. Luasnya wawasan, perbendaharaan kata, dan pengetahuan akan menambah sempurnanya public speaking. Semakin luas pengetahuan seseorang, menambah kewibawaan dan mantapnya bobot pembicaraan. Ikutilah berita di koran atau televise mengenai hal yang sedang berkembang. Perbanyaklah membaca, seringlah mengikuti diskusi, dan lain-lain.
  4. Mengontrol waktu. Berbicaralah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kita harus mampu mengatur dan mengontrol diri kita sendiri. Bicaralah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  5. Pola berpikir yang sistematis. Pola pikir yang sistematis harus tercermin dalam pembicaraan. Untuk itu, buatlah rencana terlebih dahulu sebelum tampil. Apabila telah terbiasa, kita akan mampu berbicara walaupun mendadak dan tanpa persiapan. Akan tetapi, apa pun yang dipersiapkan terlebih dahulu, biasanya akan lebih baik ketimbang sesuatu yang tidak dipersiapkan.
  6. Pembicaraan yang konkret dan membumi. Pembicaraan konkret dan membumi yang dimaksud di sini adalah gaya Bahasa dan contoh-contoh yang kita gunakan harus relevan dengan pendengarnya. Misalnya, pemilihan kata-kata untuk menjelaskan sesuatu di depan komunitas tukang becak tentu lain dengan saat berbicara di depan mahasiswa.
  7. Sikap mental. Sikap mental juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam public speaking. Tataplah pendengar, jangan grogi, dan sapulah pandangan mata secara bergantian. Penguasaan materi dan pengalaman, biasanya akan menetukan penguasaan mental ini.
Semoga informasi mengenai public speaking dan hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan public speaking di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya: Pentingnya berbicara di depan Publik

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar