Contoh Surat Pengunduran Diri: Tips Sopan dan Profesional


Sebagai seorang karyawan kontrak, menghadapi dilema akan kadaluarsa kontrak menjadi hal yang umum. 

Namun, sebelum memutuskan antara perpanjangan atau pengakhiran hubungan kerja, seorang karyawan perlu mempertimbangkan langkah selanjutnya secara bijak.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Pernyataan Diri yang Berkelas dan Efektif

Contoh Surat Pengunduran Diri: Tips Sopan dan Profesional

Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Karyawan Kontrak

Jika Anda berada dalam posisi tersebut, membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan kepada perusahaan tempat bekerja merupakan langkah yang penting. 

Surat ini tidak hanya memberikan kesan positif kepada Anda, tetapi juga menciptakan pandangan baik terhadap Anda di mata perusahaan. 

Selain itu, mendapatkan surat pengalaman kerja juga dapat meningkatkan peluang mencari pekerjaan baru di tempat lain.

Pentingnya Surat Pengunduran Diri dalam Hubungan Kerja

Surat pengunduran diri adalah sarana resmi yang digunakan karyawan untuk memberitahu perusahaan mengenai keputusan mereka untuk berhenti bekerja. 

Surat ini memberikan pemberitahuan formal kepada atasan atau pihak yang berwenang di perusahaan tentang tanggal pengunduran diri dan alasan di balik keputusan tersebut. 

Selain itu, surat pengunduran diri juga membantu menjaga hubungan baik antara karyawan dan perusahaan, serta menghindari kesalahpahaman mengenai alasan dan tanggal pengunduran diri.

Baca Juga: Arti Mimpi Mati Suri, Sebuah Peringatan Penting

Aturan Penting dalam Penulisan Surat Pengunduran Diri

Dalam menulis surat pengunduran diri, terdapat beberapa aturan yang perlu diperhatikan agar surat tersebut terlihat sopan dan profesional. 

Beberapa aturan tersebut meliputi:

1. Waktu Pengunduran Diri: Memberikan pemberitahuan yang cukup waktu kepada perusahaan tentang keputusan Anda untuk mengundurkan diri adalah tindakan sopan dan profesional. Sebaiknya berikan pemberitahuan minimal dua minggu sebelum tanggal pengunduran diri, kecuali jika perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda.

2. Format Surat: Susun surat pengunduran diri dalam format bisnis resmi. Gunakan header dengan alamat Anda dan alamat perusahaan di bagian atas, diikuti oleh tanggal, subjek, dan salam pembuka.

3. Bahasa yang Sopan dan Profesional: Gunakan bahasa yang sopan, jelas, dan singkat dalam surat pengunduran diri Anda. Hindari penggunaan bahasa yang kasar, mengancam, atau merendahkan. Jaga agar kata-kata yang digunakan tidak berlebihan.

4. Sampaikan Alasan dengan Jelas: Jelaskan alasan Anda secara singkat dan jelas mengapa Anda ingin mengundurkan diri. Utamakan alasan yang positif dan netral, hindari mengkritik atau menjelekkan perusahaan atau rekan kerja.

5. Tanda Tangan dan Salinan Surat: Jangan lupa menambahkan tanda tangan di akhir surat pengunduran diri sebagai tanda persetujuan dan keseriusan Anda. Simpan salinan surat pengunduran diri untuk catatan pribadi dan administratif.

Baca Juga: Festival Kaliratu Jogosimo Kebumen: Pesta Rakyat Di Bulan Suro

Hal-hal Penting dalam Surat Pengunduran Diri

Ketika menulis surat pengunduran diri, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan:

1. Tujuan: Jelaskan dengan jelas dan singkat bahwa Anda menulis surat ini untuk memberitahu perusahaan tentang keputusan Anda untuk mengundurkan diri.

2. Alasan: Sampaikan alasan Anda secara jelas dan singkat mengapa Anda ingin mengundurkan diri. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang positif dan netral, hindari menyinggung atau menjelekkan perusahaan atau rekan kerja.

3. Tanggal Pengunduran Diri: Berikan tanggal yang jelas dan pasti kapan Anda akan berhenti bekerja. Berikan waktu yang cukup agar perusahaan dapat mencari pengganti Anda, umumnya minimal dua minggu atau sesuai dengan aturan perusahaan.

4. Ucapan Terima Kasih: Berikan ucapan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan dan pengalaman kerja yang telah diberikan selama bekerja di sana. Ucapkan terima kasih kepada atasan, rekan kerja, dan departemen yang terkait.

5. Kerjasama dan Transisi: Tegaskan kesiapan Anda untuk membantu dalam proses pergantian dan pemindahan tugas. Pastikan untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan baik hingga tanggal pengunduran diri

Contoh surat pengunduran diri

Sebagai panduan anda bisa mencontoh dokumen surat pengunduran diri dibawah ini. 

Berikut adalah contoh pengertian surat pengunduran diri kerja:

Sidoarjo, 2 Maret 2023

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,

Bapak Hasan HRD

PT. Suka Manunggal Makmur

Jl. Kepatihan No. 5

Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Arifin Abdillah, S.Kom

Jabatan: Desain Grafis

Departemen: Drafter

Dengan ini menyampaikan pengunduran diri sebagai Desain Grafis di PT. Suka Manunggal Makmur Saya menyadari bahwa keputusan ini mungkin mengejutkan dan tidak diharapkan. Namun, setelah mempertimbangkan dengan matang dan melalui banyak pertimbangan, saya merasa bahwa saya perlu mengambil langkah ini untuk mencari pengalaman baru dan berkembang di bidang saya yang lebih memenuhi tujuan dan aspirasi saya.

Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Suka Manunggal Makmur untuk bergabung sebagai bagian dari tim mereka. Saya berterima kasih atas dukungan, bimbingan, dan pelatihan yang telah diberikan kepada saya selama saya bekerja di sini.

Saya akan berusaha untuk memberikan bantuan dan dukungan dalam proses pergantian dan pemindahan tugas ini, termasuk memberikan informasi yang dibutuhkan kepada pengganti saya dan melaksanakan tugas-tugas saya dengan baik 20 Maret 2023.

Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Suka Manunggal Makmur dan berharap hubungan baik dapat terus terjalin.

Hormat saya,

Arifin Abdillah, S.Kom

Tentang Informasi Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri dari pekerjaan adalah keputusan yang penting dalam karir seseorang. 

Penting bagi seorang karyawan kontrak untuk menyampaikan pengunduran diri secara formal dan sopan melalui surat pengunduran diri. 

Baca Juga: Download Kalender Planner November 2023 PDF

Dalam surat tersebut, pastikan untuk menjelaskan alasan pengunduran diri dengan jelas, memberikan tanggal pengunduran diri yang jelas, mengucapkan terima kasih kepada perusahaan, dan menawarkan bantuan dalam proses transisi. 

Dengan mengikuti aturan dan contoh yang disebutkan di atas, Anda dapat menulis surat pengunduran diri yang sopan dan profesional.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Endik Eko

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya klik disini.

Ikuti Telegram Chanel kami?
chanel telegram enkosa kalender online

Tinggalkan komentar